Menonaktifkan Update Aplikasi AndroidCara Mematikan Update Otomatis Aplikasi Android

Oleh: Okky - Update Terbaru: 7 September 2020
Artikel ini berisi tentang Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi Android
Menonaktifkan Update Aplikasi Android
Menonaktifkan Update Aplikasi Android

Para pengguna ponsel Android pasti sering memperhatikan dan melihat bahwa Google Play Store sering melakukan pembaruan secara otomatis terhadap banyak aplikasi pada ponsel. Pantas saja, kinerja ponsel Anda mendadak menjadi lambat. Selain itu, Anda tentunya juga merasa cemas karena paketan data atau kuota internet anda habis untuk semua pembaruan tersebut. Untungnya, hal tersebut ternyata mudah untuk diatasi atau dihentikan.

Semua aplikasi yang diinstal dari Google Play Store akan mengunduh pembaruan secara otomatis untuk meningkatkan kinerjanya di tablet atau ponsel pada umumnya. Sebenarnya, jika dilihat secara umum, itu merupakan suatu hal yang baik, namun juga dapat memperlambat kinerja ponsel Anda.

Berikut ini adalah cara agar aplikasi di ponsel anda tidak diperbarui secara otomatis sehingga Google Play Store hanya akan memperbarui setiap aplikasi yang Anda miliki itu sesuai dengan keinginan Anda dan kapan Anda menginginkannya. Baca juga Cara Ampuh Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android.

Langkah-langkah Menonaktifkan Auto Update di Google Play Store

  • Buka aplikasi Google Play Store,
  • Kemudian tap tiga garis horizontal di sebelah kiri atas.
  • Setelah itu pilih menu Setelan.
  • Pada Menu setelan, pilih Update aplikasi secara otomatis.
  • Anda akan melihat tiga opsi, yaitu: Melalu jaringan apapunMelalui Wi-fi saja,  dan Jangan update aplikasi secara otomatis.
  • Pilih “Jangan update aplikasi secara otomatis”.
  • Selesai.

Dengan melakukan setelan seperti diatas, maka untuk ke depannya Anda harus memperbaharui aplikasi-aplikasi pada ponsel Android Anda secara manual. Anda juga bisa memilih untuk mengaktifkan auto-update hanya ketika ponsel Anda terhubung ke koneksi WiFi saja dengan opsi “Melalui Wi-fi saja”. Dengan begitu, Anda bisa menghemat kuota internet anda.

Demikianlah cara atau langkah-langkah dalam mematikan fitur update otomatis pada aplikasi android. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *