Jaringan 1G 2G 3G 4G 5GPengertian Jaringan Seluler 1G 2G 3G 4G 5G

Oleh: Okky - Update Terbaru: 15 October 2020
Artikel ini berisi tentang Pengertian Jaringan Seluler 1G 2G 3G 4G 5G
Jaringan 1G 2G 3G 4G 5G
Teknologi Jaringan 1G 2G 3G 4G 5G

1G 2G 3G 4G 5G adalah suatu perkembangan teknologi jaringan dari generasi ke generasi yang dimulai dari tingkatan atau urutan 1 sampai 5 dan mungkin akan terus berkembang. G sendiri adalah sebuah singkatan dari Generation atau generasi. Setiap Generasi akan memiliki standar tertentu yang harus di sesuaikan dengan standar jaringan telepon dan sistem telepon seluler pada saat itu. Setiap generasi pastinya akan selalu membawa frekuensi baru, kecepatan data yang semakin tinggi, dan teknologi transmisi terbaru.

Seperti yang sudah banyak diketahui, saat ini jaringan 5G sedang dalam proses pengembangan. Bahkan di beberapa negara maju jaringan 5G sudah bisa digunakan. Dengan bekerja sama dengan teknologi pendahulunya yaitu 3G dan 4G untuk menyediakan koneksi yang lebih cepat dan tetap terhubung di mana pun Anda berada. Berikut adalah pengertian, perbedaan dan perkembangan teknologi jaringan 1G, 2G, 3G, 4G, 5G :

Definisi Jaringan 1G 2G 3G 4G 5G

Jaringan 1G

1G adalah generasi pertama dari teknologi seluler nirkabel (telekomunikasi seluler). Ini adalah standar telekomunikasi analog yang diperkenalkan pada 1980-an. 1G pada umumnya adalah teknologi analog dan ponsel yang memiliki daya tahan baterai yang terbatas dan kualitas suara tanpa keamanan yang besar, dan kadang-kadang akan mengalami panggilan yang terputus (dropped calls). Kecepatan maksimal dari 1G yaitu 2.4 Kbps.

Jaringan 2G

2G adalah generasi ke dua, muncul pada tahun 1990-an yang menggabungkan sinyal digital ke dalam jaringan seluler. 2G adalah peralihan dari teknologi analog ke teknologi digital. 2G juga memperkenalkan layanan data seluler yang aman dan mampu mengirimkan pesan teks (SMS) dan pesan multimedia (MMS) dengan kecepatan 50 kbps. 2G juga menerapkan konsep CDMA dan GSM. Perbedaan utama antara 1G dan 2G yaitu sinyal radio yang digunakan oleh jaringan 1G adalah analog, sedangkan jaringan 2G adalah digital.

2.5G GPRS

Pada generasi kedua juga dikembangkan menjadi 2,5G, yang biasa dikenal dengan sebutan GPRS. GPRS adalah singkatan dari General Packet Radio Service. Dengan kecepatan 56 kbps hingga 115 kbps. Kemampuannya telah dapat mengakses internet, mengirim email dan mengirim gambar(MMS), meski dengan kemampuan sangat terbatas.

2.75G EDGE

Selanjutnya dikenal dengan 2,75G atau sebutannya EDGE. EDGE adalah singkatan dari Enhanced Data Rates for GSM Evolution.Teknologi ini merupakan evolusi dari GSM, yang memiliki kecepatan sebesar 3 kali lipat dari kecepatan GPRS. Sama dengan pendahulunya, pada 2,75G ini telah mampu digunakan untuk mengakses internet seperti keperluan email , MMS dan sebagainya.

Jaringan 3G

3G adalah generasi ke tiga yang menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat dari 2G. 3G memiliki kecepatan transmisi yang berkisar antara 384 Kbps – 2 Mbps. Akses yang cepat ini merupakan andalan dari 3G yang tentunya mampu memberikan fasilitas yang beragam pada pengguna seperti menonton video secara langsung dari internet atau berbicara dengan orang lain menggunakan video.

Setelah 3G, perkembangan koneksi data juga mengenal apa yang disebut dengan 3,5G atau 3G+ atau disebut dengan HSDPA. Peningkatan yang diberikan pada evolusi ini adalah kualitas gambar atau tampilan yang lebih jernih dibandingkan 3G.

Berturut-turut, perkembangan generasi ketiga ini terus terjadi. Perkembangan selanjutnya disebut dengan  HSUPA dengan kecepatan hingga 5,76 MB/s, kemudian HSPA dan EVDO yang memiliki kecepatan rata-rata 42 MB/s untuk pengunduhan dan 11 MB/s untuk pengunggahan.

Jaringan 4G

4G adalah generasi ke empat yang telah mulai meningkatkan data bandwidth sekitar sepuluh kali lipat dari jaringan 3G. 4G atau yang lebih dikenal dengan sebutan 4G LTE (Long Term Evolution) adalah teknologi yang sangat berbeda dibandingkan dengan 3G. 4G dihadirkan untuk menyediakan jaringan internet dengan kecepatan tinggi, kualitas tinggi dan kapasitas tinggi kepada pengguna namun tetap menjaga tingkat keamanan, menurunkan biaya layanan suara dan data, multimedia dan internet melalui IP. Standar yang di tawarkan dari jaringan 4G adalah kecepatan akses searching, pelayanan games, video dengan kualitas tinggi, dan masih banyak lagi. Kecepatan maksimal jaringan 4G adalah 100 Mbps atau 1 Gbps.

Jaringan 5G

5G adalah generasi terkini dari perkembangan koneksi data yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Pada generasi kelima ini, kecepatan yang disediakan diklaim bisa mencapai 1 GB/s bahkan lebih. Nantinya penggunaan koneksi ini dapat dilakukan jika perangkat smartphone telah mendukung koneksi jaringan 5G dan segala persiapan teknis telah dilakukan.  5G sendiri telah dicoba pada beberapa negara dan memberikan hasil yang memuaskan. Namun demikian perkembangan koneksi data sendiri tidak dapat berjalan optimal tanpa perkembangan perangkat yang digunakan. Jika smartphone yang digunakan tidak mendukung jaringan 5G, maka adanya jaringan ini tentu tidak akan terlalu berpengaruh.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Jaringan 1G 2G 3G 4G 5G, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *