Galaksi Bima Sakti Galaksi Bima Sakti

Galaksi Bima Sakti (dikenal juga dengan nama Milky Way Galaxy) adalah jenis galaksi spiral berbatang (barred spiral galaxy). Ini adalah nama galaksi yang berisi Tata Surya kita. Disebut Milky Way karena menggambarkan penampakannya dari Bumi seperti jalur kabut yang terlihat putih seperti susu, atau karena strukturnya terlihat jalur putih di langit malam terbentuk dari bintang-bintang.

Struktur Bumi Struktur, Lapisan, Kerak, Mantel, Pusat Inti Planet Bumi

Inti bumi adalah pusat yang sangat panas dan bagian yang paling panas dari Planet Bumi. Secara umum Planet Bumi diperkirakan memiliki beberapa lapisan utama. Semua kehidupan yang dikenal ada di Bumi berada di lapisan luar yang tipis namun padat dan kuat disebut kerak bumi. Kerak Bumi memiliki ketebalan berkisar antara 5-70 km dan merupakan lapisan terluar yang mencakup dari kerak di lautan dan daratan.

Planet Bumi Planet Bumi

Planet Bumi adalah planet terpadat yang berada di zona planet bagian dalam di Tata Surya. Bentuknya hampir bulat, tetapi agak sedikit pipih di bagian kutub dan menggembung di sekitar ekuator karena pergerakan rotasi. Bumi memiliki satelit alami yaitu Bulan sebagai satu-satunya satelit besar dari planet di Tata Surya.

Tata Surya Tata Surya

Secara umum Tata Surya adalah sistem terikat gravitasi bintang (Matahari) dan objek yang mengorbitnya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Objek yang mengorbit matahari secara langsung, terdiri dari planet-planet, kemudian sisanya terdiri dari materi ruang angkasa yang lebih kecil ukurannya. Sedangkan objek yang mengorbit Matahari secara tidak langsung seperti bulan yang mengorbit planet.

Galaksi Terbesar Galaksi Terbesar

Galaksi Terbesar adalah galaksi super raksasa yang teramati berada di alam semesta dan telah dicoba diidentifikasi oleh para astronom dari apa yang mereka temukan. Paling besar yang pernah diamati, lebih dari puluhan kali lipat ukuran Galaksi Bima Sakti atau Milkyway Galaxy. Mereka percaya bahwa massanya yang luar biasa dapat ditemukan petunjuk atas pengelompokan materi di ruang angkasa.

nama galaksi, kumpulan galaksi Nama-nama Galaksi

Nama-nama Galaksi dengan bentuk yang indah, unik, menakjubkan, spektakuler di ruang angkasa. Bagaimana pastinya galaksi terbentuk merupakan pertanyaan yang masih menjadi teka-teki di kalangan astronomi. Satu hipotesis bahwa satu bintang terbentuk secara bertahap, tarik menarik satu sama lain oleh gaya gravitasi yang membentuk cluster dan kemudian menjadi galaksi. Namun materi gelap diketahui memainkan peranan penting dalam pembentukan galaksi.

Astronomi Astronomi – Fakta Menarik Galaksi, Supernova, Bintang, Planet, Matahari

Astronomi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang benda langit (meliputi galaksi, kosmik, bintang, planet, komet, dan lain-lain), termasuk fenomena yang terjadi di ruang angkasa. Ilmu ini terkadang disebut juga ilmu perbintangan dan ilmu falak. Secara keseluruhan meneliti berbagai sudut pandang dari materi ruang angkasa seperti asal usul, karakteristik, perkembangan, dan pengetahuan akan benda-benda langit tersebut di alam semesta.

Galaksi Pengertian Galaksi

Galaksi (dalam astronomi, bahasa inggris Galaxy) adalah suatu sistem masif yang terikat secara gravitasi yang terdiri dari kumpulan besar berbagai jenis bintang, sisa-sisa bintang, gas antar bintang, tata surya (termasuk planet didalamnya), debu, materi gelap, dan materi lainnya. Banyak galaksi diperkirakan memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya.