driver windowsDriver Windows

Oleh: Gunawan - Update Terbaru: 27 Oktober 2020
Artikel ini berisi tentang Cara Mencari, Download, Install Driver Windows
driver windows
Driver Windows

Driver Windows adalah perangkat lunak atau bisa disebut juga “software” yang sangat penting untuk memaksimalkan kinerja sebuah PC (komputer, laptop, notebook, netbook). Driver wajib di “install” atau dipasang dan biasanya hal ini dilakukan setelah instalasi baru atau install ulang sistem operasi (Windows 7, Windows 8, Windows 10), supaya PC memiliki kemampuan terbaiknya.

Bagi yang memiliki CD/DVD “windows driver” mungkin ini tidaklah merasa sulit, karena instalasi “driver” cukup mudah dan biasanya berjalan otomatis dengan mengikuti petunjuk yang tampil. Namun bagi pengguna yang tidak memiliki sebuah CD/DVD drivernya, maka harus mendapatkannya dengan cara mendownload dari internet, karena driver ini harus di install supaya PC dalam kondisi yang sebagaimana mestinya. Namun sebelumnya kita harus mengidentifikasi driver yang sesuai.

Navigasi cepat:

Cara Mencari, Download, Install Driver Windows

Periksa Driver Windows

Periksa secara keseluruhan “Driver Windows” yang terinstal, dengan menggunakan “Device Manager”, kita bisa melihat selengkapnya yang telah terinstal. Untuk mengetahui “driver windows” yang terpasang:

  1. Klik kanan pada gambar ikon “Computer” atau “My Computer” dan pilih “Manage”.
  2. Pilih dan klik “device manager”, maka akan terlihat seluruh komponen utama komputer.

    device manager
    device manager

Jika melihat satu saja tanda seru seperti pada gambar, maka “driver windows” untuk komponen tersebut belum terinstal. Di sana biasanya terlihat sedikit informasi, misalnya “Display driver” atau “Audio driver”.

Identifikasi Driver Windows

Perlu diketahui bahwa model driver sangatlah komplex sesuai Merk Model atau “Serial Number”, berhubung banyaknya merk komputer atau laptop yang beraneka ragam. Ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasinya dengan menggunakan “directx diagnostic tool”. Kemudian selanjutnya yang harus dilakukan adalah Mengetahui MERK dan MODEL / Type / Serial Number.

Untuk mengidentifikasi driver windows:

Metode Utility Windows

  1. Klik gambar atau ikon Windows (ujung kiri paling bawah) atau klik “start”, “run” pada windows XP, atau ketikan di kotak pencarian yang disediakan di menu bawah “dxdiag” (tanpa tanda kutip) kemudian “ENTER”.
  2. Disini terlihat sedikit informasi yang utama mengenai Type komputer yaitu “System Manufacturer” untuk Merk dan “System Model” untuk model atau tipe, disana juga termasuk beberapa driver ada terlihat. Catatlah Merk dan model tersebut untuk mempermudah “download” atau pencarian “driver” yang sesuai di internet.

    dxdiag
    directx diagnostic tool

Metode Visual

Pengguna dapat mengidentifikasi juga secara visual, pada komputer motherboard biasanya terlihat Model dengan tulisan yang cukup besar dan sangat jelas, sedangkan pada laptop notebook atau netbook bisa dilihat dibagian bawah atau belakangnya, ada keterangan tulisan merk, model dan serial number.

Metode menggunakan Software Gratis

Cari Informasi keseluruhan Sistem Hardware menggunakan program atau software pihak ketiga, seperti HWiNFO.

Download Driver windows dari Internet

Gunakan Merk dan modelnya sebagai referensi untuk “download driver windows” di internet. Pengguna dapat menggunakan mesin pencari seperti Google dengan mengetikan merk dan model sebagai kata kuncinya. Cobalah ketikan dengan kata kunci sederhana seperti “download MERK MODEL driver”, maka munculah hasil pencarian yang terkait. kalau tidak muncul… mungkin google sedang istirahat… 😀

Dibawah ini ada beberapa referensi untuk mendownload “driver” sesuai dengan Merknya serta wilayah Asia pada khususnya, dengan catatan beberapa merk mungkin terdapat type / versi driver yang berbeda-beda, disini kita harus jeli untuk memilih yang benar-benar sesuai.

Catatan: Link tersebut diatas mungkin bisa berubah karena merk produk tersendiri. Dan pilihlah VERSI driver yang sesuai, karena terkadang ada beberapa versi walaupun modelnya sama, jangan takut salah, karena kalau salah windows akan menampilkan peringatan kalo driver tidak sesuai atau driver tidak terinstall karena tidak support.

Software untuk Update, Download, Install Driver Windows

Jika merasa kesulitan bisa dapatkan dengan menggunakan beberapa Program Software pihak ketiga untuk Update, Download, Instal Driver Windows secara Otomatis, seperti link dibawah ini:

Install Driver Windows

Menginstal driver tidaklah sulit dan sangatlah mudah, setelah memiliki “software driver windows” yang dimaksud dari hasil download, pengguna hanya perlu mengklik ikon drivernya untuk memasangnya, (jika berbentuk File Winrar, mungkin perlu di klik kanan extract dulu – mungkin juga tidak), kemudian instalah sesuai dengan petunjuk yang ada, semudah seperti klik Next dan Next dan Finish kemudian terkadang setelah itu disarankan untuk merestart komputer / laptop.

Jika driver tidak sesuai biasanya tidak akan dilanjutkan prosesnya oleh windows, dan pada umumnya ada suatu keterangan muncul, tetapi terkadang juga tidak ada keterangannya, hanya prosesnya tidak terjadi. Untuk itu carilah kembali driver tipe / versi lain yang kira-kira sesuai.

Periksa Device Manager

device manager windows
device manager windows

Setelah menginstall “driver windows”, lakukan pemerikasaan ulang di “device manager” seperti langkah yang tersebut diatas. Sebagai informasi, janganlah terlalu khawatir jika ada yang belum terinstall. Yang paling utama dan wajib dinstal adalah Display Driver / Graphic driver untuk Kinerja Gambar dan Audio driver untuk Suara.

Setelah instalasi Driver Windows selesai, disarankan lengkapilah segera dengan Software Paling Penting untuk Windows.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *