tipe processor, cpuTipe Prosesor (CPU)

Oleh: Gunawan - Update Terbaru: 10 Oktober 2020
Artikel ini berisi tentang Cara Mengetahui Tipe Prosesor CPU (32-bit atau 64-bit)
tipe prosesor, processor, cpu
Tipe Prosesor CPU

CPU adalah singkatan dari “Central Processing Unit”, biasa juga disebut “Central Processor”, “Main Processor” atau singkatnya “Processor”. Ini adalah suatu sirkuit perangkat keras (hardware) elektronik di dalam PC (Personal Computer) yang menjalankan instruksi yang membentuk program komputer agar berjalan sebagaimana mestinya. CPU melakukan proses aritmatika, logika, pengendalian, dan input / output dasar yang ditentukan oleh instruksi dalam program.

Secara umum, istilah CPU mengacu pada prosesor, lebih khusus lagi untuk unit pemrosesan dan unit kontrol. Bentuk, desain, dan implementasi CPU telah berubah sepanjang sejarahnya, tetapi proses fundamentalnya hampir tidak berubah. Komponen utama CPU termasuk unit logika aritmatika yang melakukan kinerja aritmatika dan logika.

Kebanyakan CPU modern adalah mikroprosesor, di mana CPU terdapat pada komponen “integrated circuit” (IC) logam-oksida-semikonduktor tunggal. IC yang berisi CPU juga dapat berisi memori, antarmuka periferal, dan komponen lain dari komputer. Perangkat terintegrasi semacam itu disebut mikrokontroler atau sistem pada “chip”. Beberapa komputer menggunakan prosesor multi-inti, yaitu sebuah “chip” atau “socket” yang berisi dua atau lebih CPU yang disebut “inti”.

Tipe Prosesor CPU 32-bit dan 64-bit

Ada 2 Tipe Prosesor (CPU) yang dikenal di dunia komputer yaitu CPU 32-bit (x86) dan 64-bit (x64). Tipe CPU 64-bit dapat digunakan untuk instalasi kedua versi sistem operasi 32-bit dan 64-bit (Windows 7, Windows 8, Windows 10), berikut juga dengan program dan aplikasinya. Sedangkan tipe Prosesor (CPU) 32-bit hanya dapat digunakan untuk versi windows 32-bit saja, dan tidak bisa di install windows versi 64-bit.

Dibawah ini terdapat cara untuk mengidentifikasi tipe “Hardware” perangkat CPU 32-bit / 64-bit pada PC (Komputer, laptop, notebook, netbook).

Cara Mengetahui Tipe Prosesor CPU 32-bit dan 64-bit

tipe cpu, tipe prosesor, 32 bit, 64 bit
Cara Mengetahui Tipe CPU

Untuk mengetahui tipe Prosesor CPU 32-bit atau 64-bit:

  1. Gunakan “software” atau perangkat lunak pihak ketiga seperti “SecurAble” (Freeware).
  2. “Download software” SecurAble.
  3. Jalankan “SecureAble” dengan mengklik 2x untuk memproses
  4. Info instan tipe Prosesor terlihat selengkapnya.

Cara Mengetahui Versi Sistem Windows

Pada dasarnya sistem operasi windows termasuk XP, Vista, 7, 8, 10, semuanya menggunakan sistem versi 32-bit dan 64-bit. Untuk mengetahui versi sistem Windows yang digunakan:

  1. Klik “start” atau “Ikon Windows”.
  2. Klik kanan Ikon Komputer atau “My Computer”, kemudian Pilih “Properties” (Windows 7). Atau klik ikon “setting”, kemudian pilih “Display” (Windows 10)
  3. Pada Windows 7 terlihat “System”, termasuk “System type”, dan terdapat informasi sistem operasi yang sedang digunakan baik itu versi windows 32-bit atau 64-bit.
  4. Pada Windows 10, Pilih “About”, maka terlihat “Device Spesifications”, termasuk “System type”, dan terdapat informasi sistem operasi yang sedang digunakan baik itu versi windows 32-bit atau 64-bit.

Cara Alternative:

  1. Klik “Start “atau “Ikon Windows” » “All Programs” » “Accessories” » “System Tools” » “System Information”.
  2. Pada “System Information”, Info sebelah kanan lihat “System Type”. Nilai tersebut adalah tipe system windows yang sedang digunakan. Jika nilai tersebut x86, berarti 32-bit, sedangkan jika nilai tersebut x64, berarti 64-bit.

Proses kinerja fundamental dari sebagian besar CPU, terlepas dari bentuk fisiknya, adalah menjalankan urutan instruksi tersimpan yang disebut program. Instruksi yang akan dijalankan disimpan dalam beberapa jenis memori komputer. Hampir semua CPU mengikuti langkah-langkah pengambilan, dekode, dan eksekusi dalam operasinya, yang secara kolektif dikenal sebagai siklus instruksi.

Setelah eksekusi instruksi, seluruh proses diulangi, dengan siklus instruksi berikutnya biasanya mengambil instruksi urutan berikutnya karena nilai yang bertambah di penghitung program. Jika instruksi dijalankan, penghitung program akan dimodifikasi untuk memuat alamat instruksi yang dilompati dan eksekusi program berlanjut secara normal. Dalam CPU yang lebih kompleks, beberapa instruksi dapat diambil, didekodekan, dan dijalankan secara bersamaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *