cara mempercepat internetCara Mempercepat Internet

Oleh: Gunawan - Update Terbaru: 26 September 2020
Artikel ini berisi tentang Cara Mempercepat Internet pada Windows (Komputer, Laptop)
cara mempercepat internet
Cara Mempercepat Internet

Internet adalah singkatan dari interconnected network. Ini merupakan sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia.

Perlu diketahui bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan internet, namun ada banyak juga cara yang dapat dilakukan untuk mencoba meningkatkan, memaksimalkan, atau mengoptimalkan koneksi jaringan internet dan hasilnya bisa dirasakan dalam waktu yang singkat.

Pada dasarnya kecepatan koneksi internet sangat bergantung pada bandwidth yang disediakan oleh masing-masing ISP (Internet Service Provider), namun kita bisa menggunakan bandwidth seoptimal mungkin. Pengaturan bandwidth internet ini biasa berjalan dilatar belakang ketika terkoneksi ke jaringan internet dan biasanya berjalan secara otomatis tanpa disadari oleh pengguna.

Cara Mempercepat Internet pada Windows

Untuk mempercepat koneksi internet pada komputer dan laptop:

1. Atur “QOS Packet Scheduler”

QOS Packet Scheduler
QOS Packet Scheduler

Pengaturan QOS packet scheduler adalah sebagai berikut:

  • Klik Start atau Klik ikon Windows.
  • Ketik pada kotak pencarian “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip) dan “Enter”.
  • Pada “Computer Configuration”, klik panah kecil pilih “Administrative Templates” » “Network”.
  • Klik “QoS Packet Scheduler”.
  • Klik “Limit reserveable bandwidth” dan pilih “enabled”, kemudian pada “options”, “bandwidth limit” (%) masukan angka 0, kemudian “Apply” dan OK.

2. Atur Sistem “Windows Services”

Windows Services
Windows Services

Sistem “Windows services” memiliki properti yang secara otomatis berjalan sebagai layanan tambahan. Layanan ini biasanya mengkonsumsi tingkat memori dan mempengaruhi kecepatan internet. Dengan tujuan untuk mengurangi waktu jeda (delay) dalam mengakses internet, sistem tersebut dapat diatur secara manual sebagai berikut:

  • Klik Start atau Klik ikon Windows.
  • Ketik pada kotak pencarian “services.msc” (tanpa tanda kutip), kemudian “Enter”.
  • Klik 2 kali untuk pengaturan otomatis atau manual terhadap properti; “Diagnostic Policy Service”, “Distributed Link Tracking Client”, “Offline Files”, “Performance Logs & Alerts”, “Program Compatibility Assistant Service”, “Secondary Logon”, “Windows Error Reporting Service”, “Windows Image Acquisition” (WIA).

    Layanan tersebut tidak termasuk yang utama dan jarang digunakan, maka dapat diatur menjadi manual.

3. “Disk Clean Up” dan “Disk Defragment”.

disk cleanup
Disk cleanup

Kinerja komputer dan laptop sangat mempengaruhi terhadap aktivitas di dalamnya, terutama saat menggunakan internet. Ini berpengaruh terhadap kecepatan suatu sistem yang memproses data-data secara signifikan. Setidaknya lakukanlah pembersihan hard disk secara berkala, termasuk “Disk Clean Up”, “Disk Defragment”.

Ketik pada kotak pencarian Windows untuk mengatur “Disk Clean Up” dan “Disk Defragment”. Khusus untuk Disk Defragment aturlah supaya berjalan secara manual agar tidak menambah beban pemprosesan program pada saat melakukan aktivitas pada komputer atau laptop.

4. Bersihkan PC dari Virus dengan Antivirus.

antivirus
Antivirus

Jalankan “virus scan” menggunakan antivirus terbaik pilihan tersendiri, setidaknya sekali seminggu atau pada periode tertentu. Virus, “Adware”, “Spyware”, “Malware”, semuanya dapat mengurangi kecepatan koneksi internet, serta berpengaruh terhadap informasi dan identitas pengguna.

Dengan memiliki satu program antivirus, setidaknya dapat menjaga komputer atau laptop bebas virus terutama ketika menggunakan internet.

5. Perbaharui atau Update Browser Internet Secara Berkala

Seiring berjalannya waktu, teknologi banyak mengalami perubahan, begitu pula banyak sekali penerapan yang baru terhadap suatu halaman internet dan ini sangat berpengaruh terhadap kecepatan suatu peramban (browser) untuk menyajikan halaman internet.

Agar seiring dengan perkembangan teknologi, maka perbaharuilah secara berkala menggunakan browser terbaik dan tercepat favorit tersendiri atau bisa juga memakai browser alternatif untuk menambah pengalaman.

6. Periksa Program yang Menggunakan Internet

Seringkali kecepatan koneksi internet dipengaruhi oleh banyak program lain yang berjalan di latar belakang tanpa disadari oleh pengguna. Hal ini dapat menyebabkan pembagian bandwidth internet yang umumnya diterapkan otomatis pada kebanyakan program, bahkan sistem windows itu sendiri, misalnya saja pembaharuan (update) otomatis.

Pertimbangkanlah untuk memperbaharui secara manual, agar pemakaian bandwidth dapat digunakan secara maksimal ketika mengakses internet.

7. Upgrade Hardware Komputer dan Laptop

Salah satu cara termudah untuk mempercepat koneksi internet adalah dengan meningkatkan level atau “upgrade” perangkat keras (hardware). Ini berpengaruh terhadap peningkatan kecepatan memproses data dan salah satunya yaitu dengan menambah Memori (RAM) pada komputer atau laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *