antivirus terbaik 10 Antivirus Terbaik, Download Gratis untuk PC atau Laptop

Oleh: - Update Terakhir:

Antivirus Terbaik. “Antivirus” atau “Anti-malware” adalah program perangkat lunak yang dirancang agar dapat melindungi PC (komputer, laptop). Semua program antivirus menyediakan fitur keamanan, sekaligus pendeteksian, dan menghapus “virus ganas” atau “malware”. Pada umumnya, program ini berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian sesuai pengaturan penggunanya terhadap semua berkas. Ada beberapa pengembang perangkat lunak anti-virus yang bagus, ringan, ampuh, kuat, efektif, dan menawarkan antivirus gratis.

Program Antivirus secara keseluruhan dapat digunakan untuk berbagai macam sistem operasi di PC termasuk Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Meskipun demikian tidak ada Antivirus yang sempurna, tetapi setidaknya dapat menawarkan solusi terbaik untuk masalah virus dan “malware”.

“Real time Protection”, pemindaian saat mengakses, pelindung di latar belakang, keamanan solid, perlindungan otomatis, dan yang serupa lainnya mengacu pada perlindungan otomatis yang disediakan oleh sebagian besar antivirus, “anti-spyware”, dan program “anti-malware”. Ini memantau sistem PC dari aktivitas mencurigakan seperti virus, “spyware”, “adware”, dan objek berbahaya lainnya secara langsung,

Catatan: Jangan menggunakan 2 program antivirus utama pada saat bersamaan, karena bisa menyebabkan konflik, bahkan sampai “hang”. Jika ingin mencoba antivirus yang lain, maka yang sebelumnya harus di lepas atau “uninstall” terlebih dahulu. Disarankan komputer atau laptop memiliki memori minimal 2 GB atau lebih supaya tidak memberatkan.

10 Antivirus Gratis Terbaik untuk PC atau Laptop:

Microsoft Defender AntivirusMicrosoft Defender Antivirus

Microsoft Defender (sebelumnya dikenal dengan nama “Windows Defender”) adalah program perangkat lunak dari “Microsoft” yang khusus untuk melindungi sistem operasi Windows dari virus dan perangkat pengintai (spyware). Program ini tersedia langsung dan bisa diaktifkan sebagai bawaan dari sistem operasi Windows 10. Program ini memberikan perlindungan komprehensif, berkelanjutan, dan “real-time” yang dapat diandalkan dari ancaman perangkat lunak seperti “virus”, “malware”, dan “spyware”.

Sedangkan antivirus versi sebelumnya bernama “Microsoft Security Essentials” yang tersedia pada Windows 7, namun seiring perkembangan edisi sistem operasi Windows, Microsoft Defender Antivirus hanya efektif dapat digunakan pada Windows 10.

Avast Free AntivirusAvast Free Antivirus

Avast Free Antivirus adalah program anti-virus yang layak berada di daftar perangkat lunak perlindungan gratis yang bagus. Program ini memiliki keamanan tercanggih yang merupakan benteng pertahanan yang paling ringan sekaligus paling ampuh melawan virus, “ransomware”, “malware”, ancaman seketika, kerentanan jaringan Wi-Fi dan sebagainya. Di desain lengkap memiliki fungsi penuh dan “antispyware” melindungi PC, mempunyai “engine” heuristik yang dapat melakukan pendeteksian dari jenis virus baru yang sebelumnya tidak diketahui.

Bitdefender Antivirus Free EditionBitdefender Antivirus Free Edition

Bitdefender Antivirus Free Edition adalah program anti-virus yang bisa dibilang lebih terkenal paling ringan dan gratis. Bitdefender sangat mudah dalam setup dan konfigurasi, menggunakan system resources yang sedikit alias tidak akan memperlambat komputer atau laptop. Baik untuk gamer, pengeditan gambar dan video, dan aplikasi intensif. Perlindungan antivirus yang kuat dikemas dalam solusi ringan, mendapatkan teknologi paling inovatif yang memprediksi, mencegah, mendeteksi, dan memulihkan bahkan ancaman dunia maya terbaru.

AVG AntiVirus FREEAVG AntiVirus FREE

AVG AntiVirus FREE adalah program anti-virus gratis yang dikembangkan oleh “AVG Technologies”. Antivirus ini terus menerus diperbaharui sehingga jauh lebih baik. Fiturnya mencakup pembaruan keamanan “real-time”, memindai “malware” dan masalah kinerja, dan bahkan menghalau unduhan berbahaya sebelum mencapai PC. Selain itu, desainnya sekarang memiliki tampilan baru yang segar dan sederhana, sehingga dapat melihat dengan jelas peningkatan perlindungan serba baru dan tetap tidak akan memperlambat PC.

Avira Free SecurityAvira Free Security

Avira Free Security adalah program perangkat lunak anti-virus yang dikembangkan oleh “Avira Operations GmbH & Co. KG.”. Program ini memiliki beberapa bagian perlindungan khusus dari ancaman dan didesain agar lebih sesuai dengan gaya hidup digital masa kini. Produk ini tersedia dengan perlindungan keamanan gratis dengan beragam spektrum fitur. Dan seperti kebanyakan program antivirus, Avira berguna untuk memindai virus dan juga dapat dijalankan dari proses latar belakang, memeriksa setiap file yang dibuka dan ditutup. Hal ini dapat mendeteksi dan menghapus kemungkinan “rootkits”.

Panda Free AntivirusPanda Free Antivirus

Panda Free Antivirus adalah program perangkat lunak anti-virus gratis yang menawarkan perlindungan pada PC dan proteksi USB Flashdisk. Program ini dilengkapi keamanan “Real-time” terhadap semua jenis malware dan spyware. Penjadwalan pemindaian berkala dan pendeteksian PC sesuai permintaan. Perlindungan PC dengan mencegah eksekusi otomatis malware dari drive USB. Pindai semua drive USB saat dimasukkan, dan fitur tambahan lainnya.

Sophos Home Free AntivirusSophos Home Free Antivirus

Sophos Home Free Antivirus adalah program anti-virus gratis yang dirancang untuk melindungi PC dari ancaman seperti malware, virus, ransomware, perangkat lunak berbahaya, dan situs web yang disusupi atau tidak kompatibel. Fitur program ini meliputi Pendeteksian Ancaman dengan Kecerdasan Buatan atau “Artificial Intelligence” (AI), berguna mengidentifikasi dan memblokir malware yang belum pernah terlihat sebelumnya, termasuk kemampuan pembelajaran mendalam. Selain dari itu juga dilengkapi Perlindungan “Real time”, “Web Protection”, dan “Advanced Real-Time Threat Prevention”.

Comodo Free AntivirusComodo Free Antivirus

Comodo Free Antivirus adalah Program anti-virus gratis yang dibuat dan dikembangkan oleh “Comodo Security Solutions, Inc.”. Program ini dilengkapi dengan fitur keamanan yang mengesankan sehingga menjadikannya salah satu perangkat lunak antivirus gratis terbaik di industri keamanan IT. Antivirus Comodo membantu melindungi PC dari virus, “trojan horse”, “worm”, “spyware”, “back door”, “rootkit”, “adware”, dan infeksi “malware” lainnya dengan sukses, termasuk ancaman zero-day yang paling berbahaya.

Program antivirus berbasis cloud ini mengidentifikasi file yang mencurigakan, memastikan penghapusan malware secara instan, melakukan pemindaian berbasis Cloud secara cepat dan instan, memperbarui secara instan definisi virus yang baru dan terkini, memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan menyediakan pemindaian file secara otomatis saat diunduh dari internet.

Kaspersky Security CloudKaspersky Security Cloud

Kaspersky Security Cloud adalah program antivirus luar biasa lainnya yang tidak masalah dikomendasikan untuk digunakan di rumah, dengan catatan memiliki koneksi internet yang bagus dan lancar, karena antivirus ini menggunakan teknologi berbasis “Cloud”. Berjalan baik dan tidak membuat perlambatan apa pun saat menginstal atau digunakan. Layanan “Cloud” ini memberi perangkat lunak antivirus dan perlindungan peringkat kelas atas untuk melawan virus, “worm”, “Trojans”, “malware”, “ransomware”, dan bahaya tersembunyi lainnya.

SmadAVAntivirus Smadav

SmadAV adalah program anti-virus gratis buatan Indonesia yang cukup tangguh untuk memberikan perlindungan secara total dan mencegah penyebaran virus. Antivirus ini berguna untuk proteksi tambahan dan mampu mendeteksi virus, “trojan”, “worm”, dan mencegah penyebaran yang biasanya menyebar lewat flashdisk.Antivirus ini didesain sebagai proteksi tambahan atau lapisan pertahanan kedua untuk komputer dan laptop, kompatibel dengan antivirus yang lain. Program ini mempunyai kemampuan khusus untuk mendeteksi virus baru di flashdisk walaupun belum ada di database.

Di seluruh dunia, para peneliti di laboratorium pengujian antivirus independen menguji program antivirus. Beberapa dari laboratorium ini secara teratur merilis laporan publik tentang temuan mereka. Beberapa lab semacam itu menguji dengan cermat seperti AV-Comparatives, MRG-Effitas, SE Labs, dan AV-Test Institute. Mereka juga memperhatikan apakah vendor telah dikontrak untuk sertifikasi oleh ICSA Labs dan West Coast Labs.

Deteksi berbasis perilaku, fitur dari beberapa produk anti-virus adalah pedang bermata dua. Di satu sisi, ia dapat mendeteksi malware yang belum pernah terlihat sebelumnya. Di sisi lain, jika tidak dilakukan dengan benar, ini dapat membingungkan pengguna dengan pesan tentang program yang benar-benar sah.

Satu cara mudah untuk menjaga agar PC tetap terlindungi adalah dengan menginstal semua pembaruan keamanan, baik untuk Windows maupun untuk browser dan aplikasi populer lainnya. Windows 10 membuatnya lebih mudah untuk tetap up-to-date, tetapi ada banyak celah keamanan di versi Windows yang lebih lama, di aplikasi populer, dan di add-on. Memindai kerentanan dalam bentuk pembaruan yang hilang adalah fitur yang paling sering ditemukan di produk antivirus komersial, tetapi muncul di beberapa yang gratis.

Pilihan antivirus gratis atau berbayar adalah keputusan pribadi yang harus didasarkan kebutuhan komputer atau Laptop. Bagaimanapun menggunakan berbagai macam jenis antivirus bisa menjadi pengalaman tersendiri, pilihlah satu yang paling pas.

Comments on “10 Antivirus Terbaik, Download Gratis untuk PC atau Laptop

  1. Bariah

    Firewall mencegah program dan proses yang tidak dikenal atau asing mengakses sistem. Sistem ini dapat melindungi dari infeksi yang berasal dari luar PC atau jaringan yang dilindungi, dan membatasi aktivitas software berbahaya yang ada dengan memblokir permintaan masuk atau keluar

    Reply
  2. Ufairah

    antivirus yang berjalan di komputer atau laptop pribadi adalah metode paling umum yang digunakan untuk melindungi dari virus atau malware, tapi ini bukan satu-satunya solusi. Solusi lain juga dapat digunakan oleh pengguna, termasuk Antivirus berbasis cloud dan pemindai online.

    Reply
  3. Fazilah

    Antivirus memonitor sistem komputer untuk aktivitas mencurigakan seperti virus komputer, spyware, adware, dan objek berbahaya lainnya secara real-time, dengan kata lain saat data dimuat ke dalam memori aktif komputer: saat memasukkan CD, membuka email, atau browsing web, atau saat file yang sudah ada di komputer dibuka atau dijalankan.

    Reply
  4. Athifah

    Perlindungan waktu nyata, pemindaian saat mengakses, pelindung latar belakang, pelindung tetap, perlindungan otomatis, dan sinonim lainnya mengacu pada perlindungan otomatis yang disediakan oleh sebagian besar antivirus, anti-spyware, dan program anti-malware lainnya.

    Reply
  5. Zahirah

    Software antivirus dapat mencoba memindai rootkit. Rootkit adalah jenis malware yang dirancang untuk mendapatkan kontrol tingkat administratif atas sistem komputer tanpa terdeteksi. Rootkit dapat mengubah cara fungsi sistem operasi dan dalam beberapa kasus dapat merusak program anti-virus dan membuatnya tidak efektif. Rootkit juga sulit untuk dihapus, dalam beberapa kasus memerlukan penginstalan ulang lengkap dari sistem operasi.

    Reply
  6. Atikah

    Banyak virus dimulai sebagai infeksi tunggal dan melalui mutasi atau perbaikan oleh penyerang lain, dapat tumbuh menjadi lusinan jenis yang sedikit berbeda, yang disebut varian. Deteksi umum mengacu pada deteksi dan penghapusan beberapa ancaman menggunakan definisi virus tunggal.

    Reply
  7. Haifa

    Teknik penggalian data: salah satu pendekatan terbaru yang diterapkan dalam deteksi malware. Algoritme penambangan data dan pembelajaran mesin digunakan untuk mencoba mengklasifikasikan perilaku file (sebagai berbahaya atau jinak) dengan serangkaian fitur file, yang diekstrak dari file itu sendiri

    Reply
  8. Assyfatu

    Deteksi Sandbox: teknik deteksi berbasis perilaku tertentu yang alih-alih mendeteksi sidik jari perilaku pada waktu proses, ia mengeksekusi program di lingkungan virtual, mencatat tindakan apa yang dilakukan program. Bergantung pada tindakan yang dicatat, mesin antivirus dapat menentukan apakah program tersebut berbahaya atau tidak.

    Reply
  9. Faiha

    Beberapa produk juga mencakup perlindungan dari ancaman komputer lain, seperti URL yang terinfeksi dan berbahaya, spam, serangan scam dan phishing, identitas online (privasi), serangan perbankan online, teknik rekayasa sosial, ancaman persisten lanjutan, dan serangan botnet DDoS.

    Reply
  10. Anisah

    Secara khusus, perangkat lunak antivirus modern dapat melindungi pengguna dari: objek pembantu browser berbahaya, pembajak browser, ransomware, keylogger, pintu belakang, rootkit, trojan horse, worm, LSP berbahaya, dialer, alat penipuan, adware, dan spyware

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *