Canon Resetter Service ToolCanon Resetter Service Tool

Oleh: Gunawan - Update Terbaru: 11 Oktober 2020
Artikel ini berisi tentang Cara Reset Printer Canon, Download Resetter Service Tool
Canon Resetter Service Tool
Canon Resetter Service Tool

Canon Resetter Service Tool adalah sebuah “software” atau program perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mereset kembali ke posisi awal printer canon. Dengan kata lain printer tersebut akan kembali memulai ulang dari posisi semula, sehingga printer dapat digunakan lagi sebagaimana mestinya.

“Resetter Service Tool” ini berlaku pada beberapa tipe seri printer canon seperti Canon MP237, MP287, iP2772, MG2260. “Error” yang ditampilkan dari printer canon biasanya P07 dengan keterangan “A printer error has occurred” atau E08 yang berisi “The ink absorber is almost full”. Sedangkan admin sudah pernah mencobanya pada tipe MP237.

Navigasi cepat:

Pesan Error Printer Canon

Ink Absorber Almost Full
Ink Absorber is Almost Full
Ink Absorber Full
Ink Absorber Full

Penyebab “Error Ink Absorber Full” pada Printer Canon karena didalamnya terdapat bantalan kecil berupa spons untuk menyerap tinta pembuangan yang terakumulasi saat mencetak dan membersihkan “head cartridge”. Ketika bantalan spons ini penuh, printer akan memberitahu dengan pesan “error” seperti P07 atau E08 “A Printer error has occurred” atau “Ink Absorber full”.

Dibawah ini terdapat cara mengatasi error aneka ragam printer Canon series yang sebelumnya terlebih dahulu harus memiliki program “Resetter Service Tool” yang tersedia dan bisa didapatkan dengan mendownloadnya. Kita dapat dengan mudah mengatasi pesan error tersebut dengan menggunakan “resetter tool” sebagai solusinya.

Download Canon Resetter Service Tool

  1. “Download resetter service tool” atau di link mediafire ini.
  2. Reset “Error” Printer Canon dengan “resetter service tool” yang sudah di dapatkan.

Perlu diketahui Printer Canon harus dalam keadaan “Service Mode” yang dijelaskan pada langkah ke 2 dibawah, supaya bisa direset diuraikan dilangkah selanjutnya.

Cara Reset Printer Canon

cara reset printer canon
Reset Printer Canon
  1. “Extract” dengan klik kanan File “resetter service tool” yang sudah di download tadi. Gunakan “WinRar” jika tidak bisa di extract, supaya bisa dikeluarkan filenya.
  2. Jalankan Printer Canon dalam keadaan “Service Mode” dan SIAPKAN beberapa Kertas pada Printer.

    Service Mode:

    • Dalam keadaan kabel power listrik terpasang (Printer blm dihidupkan) ~ Tekan tombol STOP/RESET dan Tahan (jangan dilepas), kemudian Tekan Tombol POWER, jadi kedua tombol dalam posisi tertekan.
    • Lepas tombol STOP/RESET tapi jangan lepas tombol POWER.
    • Dalam keadaan tombol POWER masih tertekan, tekan tombol STOP/RESET sebanyak 6 kali.
    • Kemudian lepaskan kedua tombol tersebut bersamaan. Abaikan saja jika ada pesan error. Maka Printer Canon sudah dalam kondisi Service Mode dan bisa di reset.
  3. Kemudian jalankan “Resetter Service Tool” V3400.
  4. Di bagian “Clear Ink Counter” pilih “Absorber” ke “Main” kemudian klik SET di sebelah kanannya, mungkin printer akan mencetak 1 halaman.
  5. Di bagian “Ink Absorber Counter” pilih “Absorber” ke “Main” kemudian klik SET di sebelah kanannya.
  6. Di bagian “Print” kemudian klik “EEPROM”. maka printer akan cetak 1 halaman.
  7. Reset Printer telah selesai, jangan Lupa kemudian matikan Printer dan nyalakan kembali seperti biasa supaya dalam keadaan “Normal Mode” dan mudah-mudahan siap digunakan.

Selesai sudah Mereset Printer Canon Series, dan dapat segera digunakan kembali. Mudah-mudahan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *