Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk Instalasi Windows 10 dengan Flashdisk

Oleh: Gunawan - Update Terakhir:

Instalasi Windows 10 dengan Flashdisk adalah Pemasangan sistem operasi windows 10 32/64 bit pada PC (Komputer, Laptop) menggunakan media USB Flashdisk atau “Flash Drive”. PC tersebut akan memiliki kinerja dan membuatnya layak untuk digunakan dalam menjalankan berbagai macam aplikasi atau program sebagaimana mestinya.

Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk
Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk

Kita memerlukan Sumber Utama “Windows 10 installer” yang berasal dari DVD atau File berbentuk “ISO” yang nantinya kita transfer lewat “USB” ke dalam flashdisk. Kemudian kita gunakan Flashdisk tersebut agar dapat melakukan instalasi Windows 10 pada berbagai jenis Komputer dan Laptop seperti biasa hampir sama seperti menggunakan DVD, perbedaannya hanya terletak pada pengaturan “booting”.

Panduan Cepat:

Windows 10

Windows 10 adalah nama dari versi terbaru dari sistem operasi “Microsoft Windows”. Antarmuka penggunanya dirancang terutama untuk mengoptimalkan pengalaman berdasarkan jenis perangkat, memberikan pengalaman yang tepat pada perangkat yang tepat dan pada waktu yang tepat.

Windows 10 membuat pengalaman pengguna dan fungsionalitasnya lebih konsisten di antara berbagai kelas perangkat, dan mengatasi sebagian besar kekurangan di antarmuka pengguna. Berisi banyak fitur yang tersedia di Versi Windows 10 Home dan Windows 10 Pro. Edisi Pro memiliki kemampuan tambahan yang diorientasikan pada profesional dan lingkungan bisnis, seperti Active Directory, Remote Desktop, BitLocker, Hyper-V, dan Windows Defender Device Guard. Namun instalasinya hampir sama saja di setiap edisi termasuk versi 32-bit dan 64-bit.

Persyaratan Spesifikasi Minimal Sistem Windows 10

Spesifikasi Minimal Sistem Windows 10
HardwareSpesifikasi
32-bit64-bit
CPU1 GHz (Gigahertz)
Hard Disk16 GB (Gigabyte)20 GB (Gigabyte)
RAM (Memori)1 GB (Gigabyte)2 GB (Gigabyte)
Graphics cardMicrosoft DirectX 9 graphics device dengan WDDM driver
Memori Graphics Card256 MB

Bagaimana Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk?

Instalasi Windows 10 dari flashdisk sangat mudah dengan bantuan beberapa “software” pilihan seperti “rufus” atau “wintoflash”. Kita terlebih dahulu harus atau wajib mentransfer “Windows 10 Installer” berbentuk DVD atau berbentuk file “ISO” ke dalam flashdisk menggunakan program tersebut. Sedangkan panduan ini menggunakan “software wintoflash”, karena mendukung berbagai macam file ekstensi. Instalasi ini berlaku pada berbagai merk PC seperti Asus, Acer, Lenovo, Samsung, HP, Dell, LG, Toshiba, dan lain-lain.

Seperti versi Windows lainnya, metode instalasi bersih (“clean install”, atau “custom install”, atau “fresh install”) adalah cara yang paling bagus agar dapat menghapus sistem operasi yang ada sebelumnya secara keseluruhan pada hanya 1 partisi sistem tanpa tersisa, sedangkan partisi yang lainnya aman tidak akan terganggu kemudian menggantinya dengan sistem yang baru dan benar-benar bersih dari virus.

Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk

Untuk menginstal windows 10 dengan flashdisk ikutilah langkah-langkah dibawah ini:

  1. Siapkan Flashdisk MINIMAL 8 GB atau yang memiliki kapasitas lebih besar.
  2. Siapkan sumber “Windows 10 installer”, bisa dari kepingan “DVD Windows 10” atau File “Windows 10 ISO”.
  3. Download Wintoflash Versi Terbaru.
  4. Install atau pasang program wintoflash sebagaimana biasanya menginstal program yang lain.
  5. Jalankan WintoFlash dan transfer file “DVD Windows 10” atau “Windows 10 ISO” kedalam Flashdisk.

    Keterangan:
    Pada tampilan “Welcome” Klik Next.
    Persetujaun Klik “I Accept”, kemudian Klik Next.
    Pada “Key File”, Pilih “Free License” dan Klik Next.
    Klik Next kembali sampai “Finished” dan tampilan ke Menu Awal.

  6. Klik Menu Tab “More singleboot”.

    WintoFlash Setup
    WintoFlash Setup
  7. Pilih dan Klik “Windows Vista/7/8/8.1/10 (any edition) or Server 2008-2016”, Kemudian klik “Create”.

    WintoFlash single setup
    WintoFlash single setup
  8. Pada “Windows setup file path”, Pilih “Drive” Sumber Instalasi dari DVD Windows ATAU lokasi file “ISO”.
    WintoFlash parameter
    WintoFlash parameter

    Posisinya ini bisa dimana saja. Jika sumber berasal dari DVD, maka posisi DVD Windows 10 bisa di “drive” mana saja, biasanya “drive E”. Dan jika berasal dari file “ISO”, maka klik juga “Use my ISO, RAR, ARJ, ZIP, 7z, CAB, DMG image or archive”.

  9. Pada bagian “USB drive”, Pilih “Target Drive” Flashdisk. Ini bisanya otomatis kalo sudah terpasang. Sedangkan Posisi Flashdisk bisa di “drive” mana saja.
  10. Klik “Run”, maka proses transfer akan segera dimulai.
  11. Jika muncul “Warning” ditandai segitiga MERAH, maka lanjutkan saja dengan Klik “Continue”.

    Peringatan Proses Transfer
    Peringatan Proses Transfer
  12. Mulai Proses “Transfer Windows 10 installer” ke Flashdisk. Tunggulah beberapa menit sampai selesai, biasanya sekitar 10-15 menit, tergantung kecepatan CPU PC.

    Transfer Windows 10 installer
    Transfer Windows 10 installer
  13. “Exit” atau keluar dari program Wintoflash jika sudah selesai.
  14. Flashdisk sudah siap digunakan di komputer atau laptop seperti biasa. Perbedaannya terdapat pengaturan pada Menu Booting di PC. Di bawah ini adalah Video Proses Transfer tersebut.
  15. Jika sudah melakukan transfer ke Flashdisk, maka ikuti petunjuk selanjutnya pada artikel instalasi Windows 10 secara keseluruhan. HARAP diperhatikan setiap langkahnya karena ada sedikit beberapa perbedaan, terutama pada pengaturan “booting”.
  16. Selesai.

Yang Perlu Diketahui

Tipe Processor (CPU) 64-bit dapat digunakan untuk instalasi versi windows 10 32-bit dan 64-bit, sedangkan tipe Processor 32-bit hanya dapat digunakan untuk versi windows 10 32-bit saja, dan tidak bisa di install windows versi 64-bit.

Harap diperhatikan setiap selesai instalasi, bagusnya cek juga “driver windows” seperti “Graphics driver”, “Audio driver”, “Network driver”, atau yang berhubungan sesuai merknya. “Driver Windows” sangat PENTING untuk menjaga performa PC agar maksimal, berpengaruh sama kerjanya semua program. Biasanya Driver ada di CD/DVD terpisah dikasih waktu membeli Laptop atau Komputer, kalo ga punya harus “download” dari internet. Tapi Pada sebagian besar Merk Modern, biasanya ini ga perlu juga, soalnya sudah terintegrasi sama sistem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *