Cara Screenshot di Laptop

Screenshot di PC/Laptop
Screenshot di PC/Laptop

Screenshot adalah suatu gambar yang diambil oleh laptop, pc, smartphone atau gadget lainnya, untuk merekam tampilan di layar yang digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk bahan presentasi, atau sekedar mengcopy untuk dibagikan ke pada orang lain. Screenshot dikenal juga dengan sebutan Screen Capture, bisa dimanfaatkan untuk menangkap cuplikan video atau layar untuk disimpan dalam bentuk foto.

Fitur screenshot sudah ada dalam sistem operasi bawaan hingga berbagai macam aplikasi screenshot layar laptop yang tersedia di banyak situs website. Cara screenshot di laptop tentunya berbeda dengan smartphone, yang terkesan lebih praktis dan setiap jenis keluaran android memiliki caranya masing-masing. Screenshot di laptop biasanya menggunakan tombol PrintScreen di keyboard. Namun biasanya harus dalam beberapa kali proses dalam setiap satu kali screenshot, agar gambar tersebut dapat tersimpan.

Ada beberapa aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk melakukan screenshot, salah satunya adalah aplikasi Lightshot. Lightshot merupakan aplikasi yang sangat praktis dan mudah digunakan dalam melakukan screenshot. Baca juga Cara Ampuh Mematikan Update Otomatis Windows 10.

Langkah-langkah Screenshot di Laptop/PC dengan Lightshot

  1. Download aplikasi Lightshot di app.prntscr.com.
  2. Instal aplikasi tersebut di Laptop/PC anda.
  3. Setelah selesai di instal, akan muncul icon lightshot di tray icon pojok kanan bawah yang menandakan aplikasi tersebut sudah aktif untuk digunakan.
  4. Ketika akan melakukan screenshot, anda hanya tinggal menekan tombol printsceen pada keyboard.
  5. Kemudian akan muncul tampilan area yang akan di ambil gambar nya.
  6. Atur area yang di inginkan, Setelah itu klik icon save dan pilih tempat penyimpanan.
  7. Selesai.

Lightshot akan sangat berguna bagi anda yang pekerjaanya sering menggunakan screenshot. Demikianlah cara atau langkah-langkah melakukan screenshot di Laptop/PC dengan cepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *