buah apel,apel

Buah Apel atau Apel adalah salah satu jenis buah-buahan asli Asia dan Eropa, memiliki manfaat diantaranya mengurangi resiko kanker, mengurangi resiko diabetes, membantu proses pencernaan, memperkuat tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tumbuh di seluruh dunia di daerah beriklim.

Apel merupakan buah yang terjangkau dan bermanfaat yang dapat dikonsumsi dan disiapkan dalam berbagai cara, dari salad ke makanan penutup sampai makanan utama serta dapat di jus. Buah ini sangat kaya pythochemicals, senyawa bioaktif yang bertindak sebagai anti oksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Jenis atau Varietas
  2. Khasiat dan Manfaat Buah Apel
    1. Mengurangi resiko kanker
    2. Mengurangi kolesterol LDL
    3. Mengurangi kardiovaskular
    4. Mengurangi resiko diabetes
    5. Membantu Proses Pencernaan
    6. Menjaga Kesehatan Gigi
    7. Memperkuat Tulang
    8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    9. Menurunkan Berat Badan
    10. Mengurangi Resiko Alzheimer
    11. Mengurangi Resiko Parkinson
    12. Memelihara Rambut
    13. Mengurangi Asma
    14. Melindungi dari Katarak
    15. Menyembuhkan anemia

Jenis atau Varietas

Ada berbagai jenis apel di seluruh dunia mulai dari hijau terang ke merah tua. Beberapa apel manis dan sangat aromatik, sementara yang lain tart dan sangat juicy. Apel, merupakan buah dari pohon apel termasuk rose family (Rosaceae), yang termasuk aprikot, black berries, stroberi, ceri, pir, persik, plum, quince, dan rasp berries.

Buah apel memiliki kelebihan dengan banyak manfaat yang positif. Bahkan, banyak penelitian telah menunjukkan efek apel dalam mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, asma, diabetes dan membantu menurunkan berat badan.

Khasiat dan Manfaat Buah Apel

Mengurangi resiko kanker

Flavonoid seperti quercetin hadir dalam apel yang bermanfaat mempertahankan molekul oksigen dari merusak sel-sel individual. Hal ini dapat mencegah perubahan sel yang dapat menyebabkan perkembangan sel-sel kanker. Menurut sebuah studi yang melibatkan 10.000 orang, mereka yang mengkonsumsi apel memiliki resiko 50% lebih rendah terkena kanker paru-paru.

Pada penelitian lain, apel juga bisa mengurangi resiko kanker payudara sebesar 17 persen dan kanker usus sebesar 43 persen. Pengurangan resiko kanker dikaitkan dengan pectin dalam apel (bertindak sebagai serat) yang membantu mengatur buang air besar dan mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.

Mengurangi kolesterol LDL

Apel merupakan sumber yang baik dari pectin yang membantu dalam mengurangi kadar kolesterol LDL. Pectin mengikat kolesterol dan lemak sebelum tubuh menyerap mereka. Polyphenols ditemukan dalam apel juga terbukti bisa menurunkan kolesterol. Dengan makan 2 buah apel per hari, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol sampai 10 persen.

Mengurangi resiko penyakit kardiovaskular

Quercetin ditemukan dalam apel telah terbukti dapat melindungi terhadap penyakit jantung. Sebuah studi dari 40.000 wanita, menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi apel memiliki 13-22 % penurunan resiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke daripada mereka yang tidak.

Mengurangi resiko diabetes

Pectin dalam apel menyalurkan asam galacturonic untuk tubuh yang memiliki manfaat menurunkan kebutuhan tubuh akan insulin dan membantu dalam pengelolaan diabetes. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang makan setidaknya satu apel sehari adalah 28 % lebih kecil kemungkinannya terhadap diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak makan apel.

Membantu Proses Pencernaan

Apel kaya akan serat yang diketahui membantu proses pencernaan. Kulit Apel dianggap serat dan obat terbaik untuk sembelit.

Menjaga Kesehatan Gigi

Serat dalam apel membersihkan gigi, sedangkan sifat anti virus apel menjaga dari bakteri dan virus. Mengunyah buah apel juga merangsang produksi air liur dalam mulut, yang membantu dalam mengurangi kerusakan gigi dengan mengurangi jumlah bakteri.

Memperkuat Tulang

Apel mengandung flavanoid yang disebut phloridzin, diketahui dapat melindungi wanita pasca-menopause dari osteoporosis dan juga meningkatkan kepadatan tulang. Apel juga mengandung boron yang membantu menguatkan tulang.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Serat larut seperti pectin dalam apel bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut studi, serat larut dapat mengubah sel-sel kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi protein anti-inflamasi, interleukin 4.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Apel rendah kalori. Ukuran rata-rata apel hanya memiliki sekitar 80 kalori, yang berarti memiliki kandungan air yang tinggi relatif dari konten kalori. Hal ini memungkinkan untuk memiliki rasa yang kepenuhan/kenyang saat mengambil sedikit kalori.

Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer

Sebuah studi yang menemukan, bahwa makan apel dan minum jus apel bisa meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Menurut sebuah penelitian, quercetin dalam apel dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

Mengurangi Resiko Penyakit Parkinson

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa makan satu apel sehari memasok phytochemical, yang memainkan peranan penting dalam mengurangi resiko penyakit Parkinson, gangguan kronis progresif dari sistem saraf pusat yang ditandai dengan fungsi neuron di otak.

Memelihara Pertumbuhan Rambut

Sebuah penelitian di Jepang pada menunjukkan bahwa B2 procyanidin dalam apel dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Mengurangi Asma

Sebuah studi dari Inggris melaporkan, bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi apel selama kehamilan, cenderung terhindar dari gejala asma dari pada anak-anak yang ibunya makan sedikit apel. Studi lain dari Australia melaporkan bahwa peserta yang makan apel dan pir memiliki risiko terendah terkena asma.

Melindungi dari katarak dan degenerasi macular

Apel mengandung sejumlah besar dari kedua vitamin A dan vitamin C, yang memiliki manfaat membantu mencegah degenerasi terkait usia makula dan melindungi terhadap katarak.

Menyembuhkan anemia

Apel juga kaya akan zat besi yang efektif untuk pengobatan anemia. Setelah dua atau tiga buah apel sehari dapat membantu tubuh mempertahankan kadar zat besi nya.

Untuk mendapatkan manfaat sepenuhnya dari buah apel, mengkonsumsi apel dengan kulitnya, dimana kulitnya mengandung nutrisi paling bergizi.

Lisensi: CC-BY-SA Creative Commons License
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars
  1-5, average: 5,  1  votes
loadingstarsLoading...
☝️