Mata Raksasa Di Gurun Sahara

Mata Raksasa di Gurun Sahara. Struktur ini juga dikenal sebagai mata dari mata Sahara atau mata biru Afrika, adalah fitur geologi melingkar dan menonjol di gurun Sahara daerah Mauritania.

Struktur ini memiliki diameter sekitar 40-50 km membentuk lingkaran konsentris yang mudah terlihat dari luar angkasa. Struktur melingkar di gurun Sahara ini telah menarik perhatian sejak awal misi ruang angkasa karena terlihat seperti mata banteng raksasa.

Awalnya ditafsirkan sebagai struktur akibat dampak asteroid, kemudian ada juga perkiraan lain bahwa struktur terbentuk oleh letusan gunung berapi. Namun perkiraan akibat letusan gunung berapi tampaknya tidak mungkin karena kurangnya unsur batuan beku vulkanik atau sekarang dikatakan menjadi sangat simetris. Sekarang lebih banyak dianggap oleh banyak orang disebabkan oleh batuan yang terukir oleh erosi. Tapi fakta bahwa “cincin”, berjarak sama ke pusat sehingga struktur melingkar ini masih merupakan misteri.

richat-structure

Ini adalah sudut pandang menarik dan layak dilakukan penelitian lebih lanjut. Hal yang dapat dilakukan adalah menyelidiki jalur koridor melingkar yang terus mengakses ke “mata”. Para ahli mengetahui bahwa sekitar 40.000 tahun yang lalu itu ada danau besar di Sahara.

Unsur Batuan carbonatite di sekitar Cincin telah terkikis sebagai sebab perjalanan waktu antara 94-104 juta tahun yang lalu. Sebuah batu “kimberlitic” telah ditemukan di bagian utara struktur. Kimberlite diperkirakan berumur sekitar 99 juta tahun. kimberlitic adalah batuan beku intrusif ditafsirkan sebagai indikasi adanya batuan beku alkali yang mendasari struktur.

Gurun Sahara mencakup sepuluh negara Afrika dengan 9.400.000 kilometer persegi, ketika sekitar 100 Jutaan tahun yang lalu semua tertutup oleh laut. Jadi dalam hal apapun diasumsikan bahwa ini adalah sebuah penelitian yang layak banyak perhatian.

richat structure sahara
Lisensi: CC-BY-SA Creative Commons License
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars
  1-5, average: 5,  1  votes
loadingstarsLoading...
☝️