rahasia, sholat, wasiatWasiat Rosululloh Muhammad SAW

Oleh: Gunawan - Update Terbaru: 5 August 2020
Artikel ini berisi tentang Wasiat Rosululloh Muhammad SAW: Amalan Sunnah Sebelum Tidur
rahasia, sholat, wasiat
Wasiat Rosululloh Muhammad SAW

Rosululloh Muhammad SAW adalah Seorang Suri Tauladan yang baik dan memberikan petunjuk bagi umatnya untuk menjalankan kehidupan sesuai yang الله ridhoi. Sehingga Umat Islam diperintahkan juga oleh الله untuk mengikuti apa yang Rosul contohkan termasuk yang sesuai dengan Rukun Iman dan Syariat Islam. Banyak sekali diantaranya Wasiat Nabi SAW yang disampaikan kepada Keluarganya, Sahabatnya, dan Umatnya.

Adanya Sunnah Rosul tentunya mempermudah kita untuk melaksanakan ajaran Islam. Ada banyak amalan wajib dan sunnah yang Rasulullah contohkan dan salah satunya adalah amalan sebelum tidur. Ini merupakan bagian dari ajaran islam dengan ajaran yang sangat lengkap, memberikan petunjuk mulai dari bagun tidur hingga manusia tertidur kembali. Adanya aturan ini tentunya untuk mempermudah dan memberikan jalan kebenaran kepada manusia.

Amalan Sunnah Sebelum Tidur

Suatu ketika Rosululloh Muhammad SAW berwasiat kepada Siti A’isyah r.a. tentang 4 Perkara.

“Wahai A’isyah, Aku wasiatkan kepadamu empat perkara:”

  1. Janganlah kau tidur sebelum mengkhatamkan Al Qur’an.
  2. Janganlah kau tidur sebelum kau yakin telah mendapatkan syafa’at dari para Nabi atau Rosul di hari Kiamat.
  3. Janganlah kau tidur sebelum semua kaum mukminin dan mukminat telah ikhlas kepadamu.
  4. Janganlah kau tidur sebelum kau menjadi Haji.

Kemudian Siti A’isyah bertanya: “Yaa Rosululloh, bagaimanakah melakukan itu semua?”

Rosululloh SAW tersenyum, kemudian bersabda:

  1. Janganlah kau tidur sebelum mengkhatamkan Al Qur’an, yaitu bacalah Surat Al Ikhlas 3 kali, karena membaca surat Al Ikhlas 3 kali, pahalanya sama dengan mengkhatamkan Al Qur’an.
  2. Janganlah kau tidur sebelum kau yakin telah mendapat syafa’at dari para Nabi atau Rosul, yaitu bacalah sholawat serta salam kepada para Nabi dan Rosul, sehingga dengan begitu mereka bisa memberi syafa’at kepadamu di hari kiamat.
  3. Janganlah kau tidur sebelum kaum mukminin dan mukminat ikhlas kepadamu, yaitu bacalah do’a untuk semua kaum mukminin dan mukminat, sehingga mereka kemudian ikhlas kepadamu kelak.
  4. Janganlah kau tidur sebelum kau jadi haji, yaitu bacalah tasbih, tahmid, takbir dan tahlil, karena dengan begitu pahalanya sama dengan orang yang telah menjadi haji. (Subhanalloh, Alhamdulillah, Allohu Akbar, Laa ilaaHa illallooH)

WalloHu A’lam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *