Manfaat Sarapan (Makan Pagi) bagi Kesehatan

By |Updated: November 8, 2016 4 Comments

Manfaat Makan Pagi, Sarapan adalah makan pertama yang diambil setelah bangun dari tidur malam, paling sering dilakukan di pagi hari sebelum melakukan aktivitas sehari-hari agar mendapatkan manfaat yang optimal.

Makanan sarapan pagi bervariasi dari satu tempat ke tempat lain, tetapi sering termasuk karbohidrat seperti nasi, gandum atau sereal, buah atau sayuran, makanan protein seperti telur, daging atau ikan.

Kopi, teh, jus, sereal sarapan, sosis, roti manis, buah segar, sayuran, telur adalah contoh umum dari makanan sarapan pagi yang bermanfaat, meskipun berbagai macam persiapan dan bahan-bahan yang berhubungan dengan sarapan sangat global.

sarapan

Image: sarapan

Manfaat makan atau sarapan pagi

Ahli gizi telah menerangkan bahwa sarapan pagi adalah makan yang paling penting sehari-hari. Mengutip studi yang dilakukan bahwa orang yang melewatkan sarapan pagi cenderung memiliki masalah dengan konsentrasi, metabolisme, dan berat badan.

1. Menurunkan Berat Badan

Jika ingin menurunkan berat badan beberapa kilogram, melewatkan manfaat sarapan pagi adalah salah satu hal terburuk yang dapat dilakukan. Meskipun mungkin tampak kontra-intuitif pada awalnya, yang melewatkan sarapan pagi cenderung mengkonsumsi makanan berlemak dan makan lebih banyak dari sisa hari.

2. Sarapan Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran adalah makanan sehat yang bermanfaat. Dan sarapan pagi adalah waktu yang lebih baik untuk asupan produk segar.

3. Meningkatkan Energi

Merasa lesu dan lelah setelah melewatkan sarapan? Ada alasan untuk itu, ketika bangun, gula darah berada pada titik terendah. Tanpa asupan penting, tubuh tidak berada dalam bentuk terbaik. Makan sarapan pagi benar-benar membuat gula darah dan tingkat insulin meningkat lebih lambat sepanjang hari.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Orang yang makan sarapan memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah, garis pinggang yang lebih kecil, dan sedikit insulin dalam darah. Orang yang melakukan sarapan pagi cenderung membuat pilihan gaya hidup sehat dibandingkan orang yang tidak. Meskipun penelitian belum meyakinkan hubungan manfaat sarapan pagi dengan hati sehat, sangat mungkin komponen dari diet jantung sehat.

5. Pikiran Yang Fokus

Penelitian telah menunjukkan dampak positif yang makan sarapan yang sehat dan seimbang pada kemampuan otak untuk berfungsi meningkatkan konsentrasi dan memori jangka pendek.

6. Hidup lebih sehat

Makan sarapan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan – dari kekuatan otak, kekebalan tubuh, lingkar pinggang lebih ramping, untuk jantung yang lebih sehat. Makan sarapan mungkin bukan obat semuanya, tapi jelas merupakan komponen penting dari gaya hidup sehat.

4 Komentar: Manfaat Sarapan (Makan Pagi) bagi Kesehatan

  1. Kiki Amelia

    ya sarapan pagi jgn pernah disepelekan lg. Krn manfaat dr sarapan pagi itu sangat banyak, untuk kesehatan dan aktifitas kita dlm sehari. tp jg harus diperhatikan asuapa sarapan paginya dnegan menu yg benar dan sehat. Sy sudah 4th ini merubah sarapan pagi dan sy rasakan manfaatnya. Tips2 dr sy untuk bisa merubah sarapan pagi bisa buka blog http://www.healthyslim.weebly.com

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *