Kota-kota dengan Gedung Tertinggi Paling Banyak di Dunia

By |Updated: November 10, 2016 7 Comments

Tahukah bahwa saat ini Hongkong memiliki gedung tinggi terbanyak di Dunia. Sekarang ini Gedung Tinggi atau pencakar langit adalah pemandangan yang semakin umum di mana tanah mahal dan semakin bertambahnya populasi, seperti di pusat-pusat kota besar. Banyak dari gedung tinggi menyediakan ruang lantai disewakan ataupun dijual seperti apartemen dan perkantoran.

Gedung tinggi paling banyak di Dunia ini dibangun tidak hanya untuk ekonomi ruang, gedung pencakar langit dianggap simbol kekuatan ekonomi suatu kota. Dari sisi lain, pencakar langit yang sangat tinggi telah dibangun bukan karena kebutuhan, tetapi menentukan identitas kota dan kehadiran sebagai kota.

Kota-kota dengan Gedung Tinggi Terbanyak di Dunia

Beberapa definisi pencakar langit ditentukan dengan batas ketinggian sekitar 150 meter (492 kaki) keatas. Daftar berikut mencakup kota dengan sedikitnya 100 gedung tertinggi berdiri dengan ketinggian lebih dari 150 meter:

1. Hong Kong

hongkong panorama victoria-peak

Image: Hongkong Panorama by Chensiyuan CC BY-SA

Hong Kong adalah salah satu dari dua Daerah Administratif Khusus Republik Rakyat Cina, lainnya adalah Macau. Kota ini ini terletak di pantai selatan China, dan tertutup oleh Pearl River Delta dan Laut Cina Selatan, diketahui dengan cakrawala yang luas dan pelabuhan alam yang mendalam. Dengan luas tanah 1.104 km2 (426 mil persegi) dan penduduk sekitar tujuh juta orang, Hong Kong adalah salah satu daerah yang paling padat penduduknya di dunia. Hong Kong memiliki sekitar 384 gedung tinggi yang lebih dari 150 meter.

2. New York

New York adalah kota terpadat di Amerika Serikat dan pusat dari New York Metropolitan Area, salah satu urban terpadat di dunia. Sebuah kota kekuatan global, New York memberi dampak yang signifikan terhadap perdagangan, keuangan, media, seni, fashion, penelitian, teknologi, pendidikan dan hiburan. New York memiliki sekitar 310 gedung tinggi yang lebih dari 150 meter.

3. Dubai

Dubai

Image: Tampilan dari atas Gedung Burj Dubai by Citizen59 CC BY / Wikimedia

Dubai adalah sebuah kota di Uni Emirat Arab, yang terletak di dalam emirat. Dubai terletak di pantai tenggara Teluk Persia dan merupakan salah satu dari tujuh emirat yang membentuk negara. Kota ini memiliki populasi terbesar di Uni Emirat Arab (sekitar 2.106.177) dan wilayah daratan kedua terbesar berdasarkan wilayah (4.114 km2) setelah Abu Dhabi, ibu kota negara. Dubai memiliki sekitar 299 gedung tinggi yang lebih dari 150 meter.

4. Shanghai

Shanghai

Image: Shanghai China, Wikimedia

Shanghai adalah kota terbesar menurut jumlah penduduk di Republik Rakyat Cina (RRC) dan tepatnya kota dengan penduduk terbesar di dunia. Shanghai adalah salah satu kota dengan jumlah penduduk lebih dari 23 juta pada tahun 2010. Shanghai adalah kota global, dengan pengaruh dalam perdagangan, budaya, keuangan, media, fashion, teknologi, dan transportasi. Shanghai adalah pusat keuangan utama dan pelabuhan kontainer tersibuk di dunia. Shanghai memiliki sekitar 208 gedung tinggi yang lebih dari 150 meter.

5. Chicago

Chicago, sebuah kota di negara bagian Illinois, Amerika Serikat, adalah kota terpadat ketiga di Amerika Serikat dan kota terpadat di Midwest Amerika, dengan sekitar 2,7 juta penduduk. Wilayah metropolitan (juga disebut “Chicagoland”), yang meluas ke Indiana and Wisconsin, adalah terbesar ketiga di Amerika Serikat, setelah New York City dan Los Angeles, dengan perkiraan 9,8 juta orang. Chicago memiliki sekitar 162 gedung tinggi yang lebih dari 150 meter.

6. Tokyo

Tokyo adalah salah satu dari prefektur Jepang. Tokyo adalah ibu kota Jepang, pusat Greater Tokyo Area, dan daerah metropolitan terbesar di dunia. Tokyo adalah kursi dari pemerintah Jepang dan Istana Kekaisaran, dan rumah dari Keluarga Kekaisaran Jepang. Tokyo memiliki sekitar 153 gedung tinggi yang lebih dari 150 meter.

7 Komentar: Kota-kota dengan Gedung Tertinggi Paling Banyak di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *