skyscrapers

Gedung Tertinggi atau pencakar langit tertinggi di dunia adalah Burj Khalifa yang terletak di Dubai, menurut CTBUH. Badan terkemuka “Sky scraper center” ini bergerak dalam bidang gedung tinggi, diakui sebagai sumber informasi tentang bangunan paling tinggi secara internasional di dunia, menetapkan standar bangunan yang diukur dan hanya mengakui bangunan yang telah selesai dibangun.

Burj Khalifa telah mendefinisikan ulang apa yang mungkin dalam desain dan rekayasa bangunan super tinggi. Dengan menggabungkan teknologi mutakhir dan pengaruh budaya, bangunan ini berfungsi sebagai ikon global yang merupakan model pusat kota masa depan dan berbicara tentang gerakan global menuju kawasan perkotaan yang padat dan layak huni.

  1. 7 Gedung Tertinggi di Dunia
    1. Burj Khalifa
    2. Shanghai Tower
    3. Abraj Al-Bait Towers
    4. Ping An Finance Centre
    5. Lotte World Tower
    6. One World Trade Center
    7. CTF Finance Centre
  2. Rangkuman
  3. Referensi

7 Gedung Tertinggi di Dunia

Burj Khalifa, 828 m, Dubai

burj-khalifa
Gambar: Burj Khalifa oleh Olgaozik, Pixabay.

Burj Khalifa (bahasa Arab, “Burj Khalifah”; Inggris “Khalifa Tower”, dikenal sebagai Burj Dubai sebelumnya) adalah gedung tertinggi di dunia, bangunan pencakar langit yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab, dan struktur buatan manusia tertinggi di dunia, pada 829,8 meter. Dalam sebuah langkah mengejutkan pada acara pembukaannya, menara ini dinamai Burj Khalifa, dikatakan untuk menghormati Presiden UEA, Khalifa bin Zayed Al Nahyan atas dukungan pentingnya.

Burj Khalifa diperkirakan dapat menampung hingga 35.000 orang pada satu waktu. Dengan total 57 lift dan 8 eskalator yang dipasang. Lift memiliki kapasitas 12 sampai 14 orang per kabin, tercepat naik dan turun sampai dengan 10 m/detik (33 kaki/detik). Double-deck lift dilengkapi dengan fitur hiburan seperti layar LCD untuk melayani pengunjung selama perjalanan mereka ke dek observasi. Bangunan itu memiliki 2.909 anak tangga dari lantai dasar ke lantai-160, dari total lantai 163.

Shanghai Tower, 632 m, Shanghai

shanghai-tower
Gambar: Shanghai Tower oleh INRAINZER, Pixabay.

Shanghai Tower (secara harfiah Menara Shanghai) adalah gedung yang memiliki ketinggian sekitar 632 meter, termasuk pencakar langit yang terletak di Lujiazui, Pudong, Shanghai. Pada 2016, ini adalah bangunan kedua tertinggi di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai.

Dirancang oleh Gensler dan dimiliki oleh pemerintah kota Shanghai, ini merupakan pencakar langit tertinggi dari kelompok tiga bangunan super-tinggi yang berdekatan di Pudong, dua lainnya adalah Jin Mao Tower dan Shanghai World Financial Center. konstruksi berjenjang, yang dirancang untuk efisiensi energi yang tinggi, memberikan sembilan zona terpisah dibagi antara kantor, ritel dan penggunaan rekreasi.

Abraj Al-Bait Towers, 601 m, Mekkah

abraj-al-bait-tower
Gambar: Abraj Al-Bait Towers.

The Abraj Al-Bait Towers juga dikenal sebagai Mecca Royal Hotel Clock, adalah sebuah kompleks bangunan di Mekkah, Arab Saudi. Menara ini merupakan bagian dari Proyek Raja Abdul Aziz yang berusaha untuk memodernisasi Kota Suci dalam melayani para peziarah. Kompleks ini memegang beberapa rekor dunia, yaitu menara jam tertinggi di dunia, wajah jam terbesar di dunia dan bangunan dengan luas lantai terbesar di dunia.

Menara hotel Kompleks ini menjadi gedung tertinggi kedua di dunia pada tahun 2012, melebihi Taipei 101 di Taiwan dan hanya dilampaui oleh Dubai Burj Khalifa. Kompleks bangunan terletak dekat dari masjid terbesar di dunia dan tempat paling suci Islam, Masjid al-Haram. Struktur telah melampaui Dubai International Airport dengan memiliki luas lantai terbesar dari setiap struktur di dunia dengan 1.500.000 m persegi (16.150.000 kaki persegi ) dari floorspace, dengan memiliki total 120 Lantai.

Ping An Finance Centre, 599 m, Shenzhen

ping-an
Gambar: Ping An Finance Centre, by Chris Yunker, CC BY / Flickr.

Ping An International Finance Centre disebut juga dengan nama Ping An IFC adalah gedung pencakar langit setinggi 115 lantai; 599 m (1965 kaki) yang berlokasi di Shenzhen, Guangdong. Ping An Finance Center terletak di Distrik Futian dan mewakili generasi baru dari prototipikal pencakar langit Asia: sangat tinggi, sangat padat, dan sangat terhubung. Ping An selesai pada tahun 2017, menjadi bangunan tertinggi di Shenzhen, Gedung ini juga memecahkan rekor memiliki dek observasi tertinggi di dunia dengan ketinggian 562,2 m (1844 ft).

Ping An Finance Center berdiri dari lokasi yang menonjol di pusat kota, menghubungkan dengan mulus ke properti komersial dan residensial tetangga. Bentuk gedungnya seperti kabel baja yang diasah, direntangkan oleh langit dan tanah sekaligus. Di bagian atas, fasad meruncing membentuk piramida, memberikan menara estetika prismatik. Bentuknya ditekankan oleh delapan kolom super komposit yang menonjol di luar selubung bangunan. Desain ini tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga praktis. Bentuk menara yang ramping meningkatkan kinerja struktural dan angin, mengurangi beban angin dasar.

Lotte World Tower, 554.5 m, Seoul

lotte-world-tower
Gambar: Lotte World Tower by cmmellow, Pixabay.

Lotte World Tower adalah sebuah gedung pencakar langit 123 lantai dengan ketinggian 554.5 m (1.819 kaki) yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Dibuka untuk umum pada 11 April 2017, dan saat ini merupakan gedung tertinggi di Korea Selatan dan tertinggi kelima di dunia. Gedung ini telah dirancang dan dibangun pada saat yang sama sebagai dasar 10 lantai yang mengakomodasi area seluas mitra vertikalnya.

Desain menara memadukan estetika modern dengan bentuk yang terinspirasi oleh keramik, porselen, dan kaligrafi Korea. Jahitan yang membentang dari atas ke bawah struktur mengarah ke pusat kota tua. Keanggunan bentuk adalah salah satu tujuan utama, mengikuti keinginan para pemangku kepentingan untuk memberikan monumen yang indah ke cakrawala ibu kota. Bahan eksterior akan menggunakan kaca perak berwarna terang dengan aksen filigree logam berpernis putih.

One World Trade Center, 541 m, New York

one-world-trade-center
Gambar: One World Trade Center by John D. Morris CC BY-SA / Wikimedia.

One World Trade Center juga dikenal sebagai 1 World Trade Center, One WTC atau 1 WTC, bangunan juga dikenal dengan nama Freedom Tower. Gedung ini mengacu pada bangunan utama kompleks dari World Trade Center yang baru terletak di Manhattan, kota New York City dan merupakan salah satu gedung pencakar langit tertinggi di bumi bagian barat.

Tinggi bangunan terdiri dari sekitar 104 lantai standar, namun menara memiliki 94 lantai. Gedung tinggi ini dibuka pada November 2014. Jika dilihat dari permukaan jalan di dekat ke gedung, One World Trade Center (Freedom Tower) tampak terlihat seperti piramida sebagaimana yang terlihat dalam gambar bangunan.

CTF Finance Centre, 530 m, Guangzhou

ctf-finance-centre
Gambar: ctf-finance-centre, oleh Kevin Ho CC-BY-SA/Wikimedia.

CTF Finance Centre sebelumnya bernama CTF Guangzhou juga bernama Guangzhou East Tower adalah sebuah pencakar langit super-tinggi di Guangzhou, China. Gedung ini adalah bangunan kedua dari dua gedung pencakar langit Guangzhou Twin Towers dibangun yang menghadap ke Sungai Pearl di Guangzhou.

Bangunan ini selesai pada tahun 2016 dengan ketinggian sekitar 530 meter dengan jumlah 111 lantai. Gedung tinggi ini digunakan sebagai pusat konferensi, hotel, observatorium, mal dan gedung perkantoran. Rosewood Hotels & Resorts menjalankan menara komponen hotel, yang terdiri dari 251 kamar dan 355 residences menduduki top 16 lantai dan podium menara.

Rangkuman

Gedung pencakar langit di ukur berdasarkan peringkat struktural ketinggian, titik tertinggi pada bangunan, mencakup bangunan yang selesai, memiliki lantai terus menerus yang dapat digunakan (occupiable). Bangunan Tertinggi Di Dunia (skyscraper) yang masih dalam tahap perencanaan masih banyak yang terletak juga di Asia.

Referensi

Lisensi: CC-BY-SA Creative Commons License
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars
  1-5, average: 5,  1  votes
loadingstarsLoading...
☝️