3 Gunung Tertinggi di Dunia

By |Updated: November 10, 2016 4 Comments

Gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest, terkenal paling tinggi jika diukur dari atas permukaan laut, alias puncak paling tinggi namun bersifat variatif berdasar keadaan geografis. Simak penjelasan lebih lanjut berikut ini.

Gunung paling tinggi menurut keadaan geografisnya seperti rentang Pegunungan Himalaya adalah wilayah bagi beberapa puncak yang termasuk deretan gunung tertinggi di dunia. Himalayas juga disebut Himalaya, secara harfiah berarti (tempat tinggal salju) adalah pegunungan di Asia yang memisahkan dataran India dari dataran Tinggi Tibet. Himalaya berbatasan atau menyeberangi lima Negara termasuk Bhutan, India, Nepal, Cina, dan Pakistan.

pegunungan himalaya, everest

Image: pegunungan himalaya, puncak gunung Everest by Papa Lima Whiskey 2 CC-BY-SA 2.0/Wikimedia

Gunung Tertinggi Di Dunia

Pegunungan Himalaya memiliki lebih dari seratus gunung yang tingginya melebihi 7.200 meter (23.600 kaki). Perbandingan dengan puncak tertinggi di luar Asia yaitu Gunung Aconcagua, di pegunungan Andes dengan kisaran sekitar 6.961 meter (22.838 kaki) di atas permukaan laut.

1. Gunung Everest, 8.848 meter

Everest adalah gunung tertinggi di dunia dengan puncak pada 8.848 meter (29.029 kaki) jika diukur di atas permukaan laut dan gunung paling tinggi ke-5 jika diukur dari pusat bumi. Gunung Everest terletak di bagian Mahalangur dari Himalaya. Perbatasan internasional antara Cina dan Nepal berjalan di titik puncak yang tepat. Ketinggian tersebut termasuk tetangga puncak gunung Lhotse, 8.516 m (27.940 kaki), Nuptse, 7.855 m (25.771 kaki) dan Changtse, 7.580 m (24.870 kaki).

everest

Image: everest

Gunung Everest menarik minat pendaki gunung yang sangat berpengalaman serta pendaki yang mampu dan bersedia menyewa pemandu profesional. Sementara hal yang penting dari mendaki adalah tantangan teknis pada rute standar, Everest menyajikan banyak tantangan seperti ketinggian, cuaca dan angin.

Puncak Everest adalah titik di mana permukaan bumi mencapai jarak tertinggi di atas permukaan laut. Beberapa gunung-gunung lainnya kadang-kadang diklaim sebagai alternatif “gunung tertinggi di bumi”.

2. Gunung Mauna Kea, 10.200 meter

Mauna Kea di Hawaii adalah gunung tertinggi di dunia jika diukur dari alasnya atau dasarnya, bahkan lebih dari 10.200 meter (6,3 mil) bila diukur dari alasnya di dasar laut, tetapi hanya mencapai 4.205 m (13.796 kaki) di atas permukaan laut.

Gunung Mauna Kea

Image: Gunung Mauna Kea

Mauna Kea adalah sebuah gunung berapi di pulau Hawaii. puncaknya adalah titik tertinggi di negara bagian AS, Hawaii. Namun, banyak dari tingginya Mauna Kea di bawah permukaan laut, ketika diukur dari dasar samudranya, puncaknya adalah 10.200 m (33.500 kaki), dua kali lebih tinggi dari Gunung Everest (jika menurut ketinggian gunung).

Mauna Kea berumur sekitar satu juta tahun, dan telah melewati tahap perisai paling aktif ratusan ribu tahun yang lalu. Mauna Kea terakhir meletus 4.600 tahun yang lalu. Menurut USGS, pada Januari 2012, Tingkat Vulkanik-Alert adalah “normal”.

3. Gunung Chimborazo

Dengan puncak ketinggian 6.268 meter dari atas permukaan laut, Chimborazo adalah gunung tertinggi di Ekuador. Ini adalah puncak tertinggi di dekat khatulistiwa.

Puncak Chimborazo di Ekuador adalah 2.168 meter lebih jauh dari pusat bumi, yaitu sekitar 6.384,4 km atau 3.967,1 mil. Puncak gunung ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan Puncak Gunung Everest yaitu 6.382,3 km atau 3.965,8 mil jika diukur dari pusat bumi. Bumi seperti tonjolan di Khatulistiwa. Walaupun Chimborazo memiliki puncak ketinggian 6.268 meter di atas permukaan laut dibandingkan Gunung Everest 8.848 meter.

Gunung Chimborazo

Image: Gunung Chimborazo

Chimborazo adalah stratovolcano aktif saat ini terletak di kisaran Occidental the Cordillera dari Wilayah Pegunungan Andes. Terakhir letusan diketahui diyakini telah terjadi sekitar di masa ribuan tahun yang lalu.

Sementara Chimborazo bukanlah gunung tertinggi jika diukur di atas permukaan laut, lokasi di sepanjang tonjolan khatulistiwa membuat titik puncaknya tertinggi di permukaan bumi jika diukur dari pusat bumi.

4 Komentar: 3 Gunung Tertinggi di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *