software windowsSoftware Penting untuk Windows

Oleh: Gunawan - Update Terbaru: 14 Oktober 2020
Artikel ini berisi tentang 7 Rekomendasi Software Penting untuk Windows (Komputer, Laptop)
software windows
Software Windows

Software Windows atau Program Komputer adalah perangkat lunak atau aplikasi yang memiliki kemampuan untuk menjalankan suatu program yang telah didesain sebagaimana mestinya. Ini merupakan bagian yang di install pada suatu sistem operasi termasuk windows 7, 8, dan 10. Program ini terdiri dari informasi atau instruksi yang dikodekan, berbeda dengan perangkat keras fisik yang merupakan rakitan.

Suatu perangkat PC (Komputer, Laptop) tidaklah sempurna jika tanpa ditemani oleh beberapa software. PC akan terlihat kosong hampir tanpa penghuni. Oleh karena itu pengguna harus memasang program tambahan dari pengembang software pihak ketiga secara terpisah, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Terutama setelah melakukan instalasi sistem Windows. Dan sangat disarankan telah dilengkapi dengan driver windows terlebih dahulu agar PC memiliki kemampuan terbaiknya.

Isi Artikel:

7 Rekomendasi Software Penting untuk Windows:

  1. Internet Browser

    internet browsers
    Internet Browsers

    Internet Browser atau peramban internet adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan untuk menelusuri dunia internet yang luas, menemukan dan mengakses halaman. Pengguna web membutuhkan browser tercepat atau yang bersifat cepat, terbaik dan aman untuk internetan.

    Terlepas dari kenyataan bahwa Google Chrome adalah peramban paling populer dengan penggunaan dan kompatibilitas yang paling banyak, tetapi peramban lain juga mengarah ke puncak yang terbaik di dunia. Semua pilihan kembali pada masing-masing pengguna, mungkin setiap orang menyukai suatu fitur dari browser tertentu yang dibutuhkan untuk menggunakannya.

  2. Office Suite

    office suite
    Office Suite

    Office Suite adalah sebuah program software atau aplikasi office termasuk yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, perkantoran, dan bisnis. Program Office yang paling populer adalah Microsoft Office. Siapa pengguna PC yang tidak kenal dengan Microsoft Office. Beberapa program yang paling penting dan banyak digunakan termasuk Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.

    Secara keseluruhan, Microsoft Office adalah program yang berbayar dan terdiri dari berbagai macam edisi. Program ini tidak terpasang atau terpisah dengan sistem operasi Windows. Oleh karena itu harus di install secara mandiri oleh masing-masing pengguna. Namun ada pula pengembang Program Office gratis yang mirip dan dapat digunakan siapa saja seperti LibreOffice dan OpenOffice.

  3. File Manager (Kompresi dan Pengarsipan)

    File Kompresi dan Pengarsipan
    File Kompresi dan Pengarsipan

    WinRAR adalah salah satu contoh program software manajer arsip yang sangat bagus, disebut juga sejenis “utility” pengarsipan file-file windows. WinRar banyak digunakan dalam sistem PC (komputer atau laptop), baik sistem operasi windows 7, 8, dan 10. Program ini tersedia untuk lebih dari 50 bahasa, dan menyediakan versi gratis terbatas untuk sebagian fiturnya.

    WinRAR adalah Program manajer arsip yang menyediakan dukungan lengkap untuk arsip RAR dan ZIP, mampu mengekstrak, mengkompress, mengubah arsip CAB, ARJ, LZH, TAR, GZ, ACE, UUE, BZ2, JAR, ISO, Z, 7-Zip. Program ini juga dapat membuat backup-data dan mengurangi ukuran lampiran, dekompresi file dari Internet serta membuat arsip baru dalam format file RAR atau ZIP. Sangat disarankan untuk memiliki File Kompresi dan Pengarsipan, meskipun kelihatannya tidak terlihat penggunaanya.

  4. Software PDF

    software pdf
    Software PDF

    PDF adalah singkatan dari Portable Document Format. Program ini banyak tersedia gratis, open-source dan juga ada yang berbayar. Versi gratis mempunyai fitur yang tidak kalah dengan versi yang berbayar. Memilih software PDF yang bagus dan sesuai keperluan yang diinginkan bukanlah sesuatu yang sulit, pengguna bisa mendapatkannya dengan gampang dari beberapa pilihan yang tersedia.

    Software PDF yang cukup populer adalah Adobe Acrobat Reader atau sering disebut Adobe Reader. Ini diyakini sebagai program standar untuk membuka, mencetak, dan menganotasi file PDF. Program lain sejenis yang cukup bagus pun tersedia secara gratis seperti Sumatra PDF, Nitro PDF, dan yang paling banyak fiturnya adalah Foxit PDF. Secara keseluruhan software PDF kompatibel digunakan untuk komputer dan laptop dengan sistem operasi windows 7, 8, dan 10.

  5. Video Player

    video player, pemutar video
    Video Player

    Video Player atau Pemutar Video atau Media Player adalah Program perangkat lunak untuk menjalankan file format dalam bentuk gambar bergerak yang dilengkapi dengan suara. Windows sebenarnya sudah dilengkapi oleh Video Player yaitu “Windows Media Player” standar. Namun bagi pengguna PC, sebaiknya juga memiliki Software Video Player yang lain untuk membuka dan mendukung berbagai Format Video seperti DVD Player, GOM Player, MPC-HC, MPC-BE, VLC Media Player dan lainnya.

    Untuk mendukung format suara atau “codec” agar berfungsi sebagaimana mestinya, pengguna mungkin memerlukan software tambahan seperti K-Lite Codec Pack. Codec audio dan video ini dapat dipasang untuk mendukung beberapa program Media Player yang memungkinkan untuk memainkan berbagai format audio dan video yang umumnya tidak didukung oleh sistem itu sendiri. Yang umum terjadi ketika Video Player tidak bisa dijalankan, itu karena file ekstensi video tidak di dukung oleh codec atau software.

  6. Software AntiVirus

    software antiVirus
    Software AntiVirus

    Software AntiVirus adalah Program perangkat lunak untuk melindungi komputer dari efek segala macam virus yang merugikan. Fungsi utama dari antivirus yaitu dapat mendeteksi, mencegah dan menghapus program virus atau malware yang berbahaya. Ada banyak tersedia program Antivirus gratis terbaik yang telah dirancang oleh beberapa pengembang keamanan IT.

    Program AntiVirus dapat digunakan bebas tanpa batasan waktu. Keputusan yang bijak dan paling penting untuk mengamankan komputer dan laptop dari segala macam ancaman termasuk “spyware”, “worms”, “trojan” dan “malware” dengan menggunakan software antivirus sebelum komputer terinfeksi. Idealnya ini dilakukan setelah instalasi sistem operasi Windows. Terlepas dari kesempurnaannya, setidaknya dapat menawarkan solusi paling efektif untuk keamanan.

  7. CD-DVD Burning Software

    cd dvd burning software
    CD-DVD Burning Software

    CD-DVD Burning Software adalah program perangkat lunak yang berfungsi untuk memasukan atau menyimpan berbagai macam bentuk file ke dalam CD atau DVD. Ada Banyak tersedia program “CD/DVD burning” yang gratis dan mempunyai fitur yang banyak dan saling bersaing. Program tersebut kompatibel digunakan untuk komputer dan laptop untuk berbagai edisi sistem operasi windows.

    Memilih CD-DVD Burning software untuk memasukan data, gambar, musik, video atau film pada kepingan CD / DVD yang bagus dan sesuai keperluan yang diinginkan bukanlah sesuatu yang sulit, pengguna bisa mendapatkannya dengan gampang dari beberapa pilihan yang tersedia.

Instalasi Software Windows

Menginstal software untuk sistem windows tidaklah sulit dan sangatlah mudah, ikuti sesuai petunjuk yang tampil, semudah seperti klik Next dan Next dan Finish kemudian terkadang setelah itu disarankan untuk merestart komputer atau laptop.

Banyak sekali software windows pendukung lainnya yang gratis, bagus, penting dan dapat didapatkan dengan menelusuri menggunakan browser di internet. Namun program software paling wajib yang tersebut diatas, mudah-mudahan cukup untuk melengkapi sistem operasi windows di PC (Komputer, Laptop). Berlaku untuk semua operating system, baik itu windows 7, 8, dan Windows 10.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *