Skip to content

Keseimbangan Batu Alami di Dunia

brimham-rocks
Oleh: Gunawan | Update Terakhir: 15 November 2019 | 5 Comments
Keseimbangan Batu Alami di Dunia

Keseimbangan Batu (Balancing Rock) adalah salah satu keajaiban tertua di planet ini. Batu berdiri antara stabilitas dan gravitasi. Batu tersebut seperti beristirahat di bebatuan lain untuk mencapai keseimbangan. Pada kenyataannya, kedudukan batuan tersebut terlihat seperti tidak mungkin mencapai keseimbangan. Mungkin, waktu, iklim dan erosi dapat memberikan jawaban.

Sebuah balancing rock, juga disebut batu seimbang atau batu genting, adalah formasi geologi dunia yang alami menampilkan sebuah batu, kadang-kadang ukuran besar, bertumpu pada batu lainnya, dari batuan dasar sampai glasial. Beberapa formasi yang dikenal dengan nama ini tampak pada keseimbangannya, tetapi sebenarnya batuan tersebut terhubung ke batuan dasar sebagai alasnya. Tidak ada definisi ilmiah terhadap fenomena ini.

Daftar Isi:

Berikut adalah 8 Fenomena Keseimbangan Batu Alami di Dunia:

1. Devils Marbles (Australia)

devils-marbles

Image: Devils Marbles by Iain Whyte CC BY-SA / Wikimedia.

Devils Marbles terletak dekat Wauchope, sekitar 114 km sebelah selatan dari Tennant Creek, di Northern Territory. Situs ini dikenal sebagai Karlu Karlu oleh penduduk tanah Aborigin yang tradisional. ‘Devils Marbles’ atau ‘Karlu Karlu’ dengan ukurannya yang besar, batu-batu granit bulat, beberapa sangat spektakuler, adalah pemandangan yang luar biasa. Kelompok batuan ini tersebar, termasuk banyak batu keseimbangan terdapat di lembah.

2. Balancing Rock near Digby (Kanada)

balancing rock

Image: Balancing Rock near Digby Kanada, by Iain Treeman / Public / Wikimedia.

Balancing Rock near Digby adalah bagian dari Gunung kolumnar batu basalt sebelah utara yang membentuk tebing di sepanjang St. Mary Bay dan Teluk Fundy. Gunung Utara terbuat dari Triassic basalt yang merupakan batu keras, batu vulkanik yang berat, kadang-kadang ditemukan dalam bentuk kolom. Kolom ini akhirnya terkikis dan jatuh ke laut. Untuk beberapa alas an, batu yang satu ini telah berdiri tegak selama lebih dari 200 tahun.

3. Idol Rock at Brimham Rocks (Inggris)

brimham-rocks

Image: Idol Rock by Penny Mayes CC BY-SA / Wikimedia.

The Rocks Brimham adalah formasi batu keseimbangan yang terletak di Brimham Moor di North Yorkshire, Inggris. Batu-batu berdiri pada ketinggian hampir 30 meter di daerah yang dimiliki oleh National Trust yang merupakan bagian dari Daerah Nidderdale dan merupakan keindahan keseimbangan batu yang luar biasa.

Ada banyak variasi formasi batuan, yang sebagian besar telah mencapai bentuk yang menakjubkan. Banyak formasi telah diberi nama, meskipun beberapa imajinasi diperlukan dengan sudut pandang yang benar. Contohnya adalah The Sphinx, The Watchdog, The Camel, Turtle dan The Dancing Bear.

4. Kjeragbolten (Norwegia)

kjeragbolten

Image: Kjeragbolten by Roger Nelson CC BY-SA / Wikimedia.

Kjeragbolten adalah batu besar yang berukuran sekitar 5 meter kubik, terjepit ke dalam jurang di tepi gunung Kjerag di Lysefjorden, Norwegia. Blok batu ini tertahan di ketinggian sekitar 984 meter di atas jurang yang dalam. Meskipun penampilannya yang sangat mengesankan, namun dapat mudah diakses dengan berjalan kaki tanpa peralatan khusus.

5. Balancing Rocks (Zimbabwe)

balancing-rocks-matopos-national-park

Image: Balancing Rock by Susan Adams CC BY-SA / Wikimedia.

Meskipun batu keseimbangan aneh banyak ditemukan di Zimbabwe, yang satu ini yaitu Balancing Rocks menjadi terkenal. Satu pengelompokan batuan yang mengesankan, sampai ke posisi sekarang terlihat secara lahiriah.

6. Peyro Clabado, Sidobre (Prancis)

sidobre-peyro-cabado

Image: Peyro Clabado by Asabengurtza CC BY-SA / Wikimedia.

Peyro Clabado (Nailed Rock) mungkin yang paling terkenal dari batu-batu besar granit terkikis dan formasi batuan yang membentuk Sidobre, dalam istilah Perancis. Batuan diperkirakan berumur 300 juta tahun dari gunung tua yang menjulang di wilayah Eropa Barat. Batuan keras dan padat seperti granit, batu yang mempunyai berat sekitar 780-ton melakukan tindakan menyeimbangkan dengan indah.

7. Omak Lake Balancing Rock (Amerika)

omak-lake-balancing-rock

Image: Omar rock by Lexaxis7 CC BY-SA / Wikimedia.

Omak Rock juga dikenal sebagai Balance Rock, adalah batu keseimbangan yang terletak di Indian Reservation Colville, yang merupakan bagian dari Omak, Washington, sebuah kota di wilayah Okanogan dari Amerika Serikat.

Terletak dekat Danau Omak pada jarak 1.340 kaki (410 m), Batu memiliki bobot sekitar 40 ton, dan komposisinya adalah granit. Menurut Suku konfederasi dari Reservation Colville, batu berfungsi sebagai simbol kesempurnaan alam.

8. Steamboat Rock (Amerika)

balanced-rock

Image: Steamboat by EvanS CC BY-SA / Wikimedia.

Steamboat Balanced Rock adalah salah satu formasi batuan yang popular. Berumur sekitar lebih dari 60 juta tahun yang lalu, bentuknya saat ini terbentuk ketika lapisan, lembut bagian bawah terkikis jauh lebih cepat daripada batu pasir keras di atas. Batu ini memiliki berat sekitar 700 ton.

(1 votes, average: 4.00 out of 5)
loadingstarsLoading...

5 Komentar: Keseimbangan Batu Alami di Dunia

  1. PUsaha

    Ngeri deket2 batu itu..

    Reply
  2. Anonim

    :-bd

    Reply
  3. wisata

    nice blog. luar biasa gan 🙂

    Reply
  4. agus tri

    pasti ada penyebab yang luar biasa

    Reply
  5. agus tri

    luar biasa, rasanya tidak mungkin kalau semua ini hanya kebetulan saja …

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *