Binatang Tercepat Di Dunia

Binatang Tercepat. Cheetah adalah binatang tercepat yang paling populer di antara hewan paling cepat, namun bisa dibilang memiliki kecepatan yang relatif. Cheetah adalah binatang tercepat di darat, Cheetah mampu berlari dengan kecepatan sampai 104 km/jam. Namun jika jenis burung dimasukkan, maka daftar binatang tercepat adalah Elang Peregrine yang secara umum diterima sebagai binatang tercepat di dunia.

Binatang-binatang yang cepat memiliki keuntungan tambahan terhadap mangsa mereka karena bisa bergerak lebih cepat. Di bawah ini adalah uraian singkat dari hewan tercepat di di dunia, namun dengan kecepatan yang relatif.

Binatang Tercepat Di Dunia:

  1. Darat
    1. Cheetah
    2. Pronghorn
    3. Springbok
    4. Wildebeest
    5. Singa
  2. Air
    1. Sailfish
    2. Striped Marlin
  3. Udara
    1. Peregrine Falcon
    2. White-throated Needletail
    3. Eurasian Hobby
  4. Referensi

Binatang Tercepat Di Darat

Cheetah, 104.4 km/jam (64.9 mph)

cheetah
Gambar: Cheetah by Jason Hui, CC BY-SA / Wikimedia.

Cheetah bisa melakukan akselerasi dari 0 hingga 96,6 km/jam (60,0 mph) dalam waktu kurang dari tiga detik meskipun daya tahan terbatas. Pada umumnya Cheetah berlari dengan kecepatan tinggi sekitar 60 detik pada suatu waktu. Ketika berlari, cheetah menghabiskan lebih banyak waktu di udara dari pada di tanah.

Pronghorn, 88.5 km/jam (55.0 mph)

pronghorn
Pronghorn (antelop Amerika), sejenis kijang adalah hewan tercepat untuk jarak jauh, dapat berlari hingga 88,5 km/jam untuk 1,6 km (55 mph untuk 1 mil), 67 km/jam untuk 6 km (42 mph untuk 5 mil), dan 56 km/jam untuk 8 km (35 mph untuk 4 mil).

Springbok, 88 km/jam (55 mph)

springbol
Gambar: Antidorcas by Yathin S Krishnappa, CC BY-SA / Wikimedia.

Springbok, seekor kijang dari jenis gazelle di Afrika Selatan, dapat membuat lompatan panjang dan tikungan tajam sambil berjalan. Tidak seperti Pronghorn, Springboks bukan pelari jarak jauh.

Wildebeest, 80.5 km/jam (50.0 mph)

wildebeest
Gambar: Wildebeest by Bjørn Christian Tørrissen, CC BY-SA / Wikimedia.

Wildebeest, terdapat dua spesies: wildebeest biru dan wildebeest hitam. Keduanya adalah pelari yang sangat cepat, yang memungkinkan mereka untuk melarikan diri dari predator. Wildebeest lebih baik dalam ketahanan berjalan dari pada berlari.

Singa, 80 km/jam (50 mph)

lion
Gambar: Lion by Falense, CC BY-SA / Wikimedia.

Singa adalah binatang yang kuat yang biasanya berburu dalam kelompok terkoordinasi untuk memilih mangsanya. Namun, singa tidak terlalu dikenal karena stamina. Meskipun singa betina dapat mencapai kecepatan 80 km/jam (50 mph), singa hanya bisa melakukannya untuk jarak pendek sehingga singa harus dekat dengan mangsanya sebelum memulai serangan.

Binatang Tercepat Di Air

Sailfish, 110 km/jam (70 mph)

sailfish
Gambar: Sailfish.

Secara individu tercatat pada kecepatan hingga 110 km/jam (70 mph), yang merupakan kecepatan tertinggi yang dilaporkan dalam jenis ikan. Umumnya, sailfish tidak tumbuh panjang lebih dari 3 m (10 kaki) dan jarang memiliki berat lebih dari 90 kg (200 lb), meskipun spesimen yang lebih besar telah terlihat di lepas pantai Kosta Rika.

Striped Marlin, 80 Km/jam (50 mph)

stripe-marlin
Gambar: Striped Marlin by Jackiemora01, CC BY-SA / Wikimedia.

Striped Marlin biasanya ditemukan di daerah tropis lautan Indo-Pasifik. Mereka lebih besar dari Sailfish dan biasanya bergerak muncul ke permukaan air. Ini adalah ikan besar yang biasa dijadikan kebutuhan komersial dan tangkapan pada bobot rekor hampir 190 kg dan panjang hingga 4,2 meter. Sama seperti hiu, Striped Marlin adalah predator yang berburu pada siang hari dari dekat permukaan hingga sekitar kedalaman 100 meter atau lebih. Mereka biasanya memakan sarden.

Binatang Tercepat Di Udara

Peregrine Falcon, 389 km/jam (242 mph)

falco-peregrinus
Gambar: Falco peregrine by Dennis Jarvis, CC BY-SA / Wikimedia.

Peregrine Falcon, sejenis Elang adalah binatang tercepat di udara dan bahkan menjadi binatang tercepat dari dunia hewan. Ketika berburu dengan menukik dengan kakinya, bergerak dengan kecepatan lebih dari 200 mph. Jika jenis burung dimasukkan dalam daftar hewan tercepat, maka yang tercepat adalah Elang Peregrine yang secara umum diterima sebagai hewan tercepat di dunia.

White-throated Needletail, 169 km/jam (105 mph)

white-throated-needletail
Gambar: White throted by Aviceda, CC BY-SA / Wikimedia.

Ini adalah burung tercepat dalam penerbangan mengepak.

Eurasian Hobby, 160 km/jam (100 mph)

eurasian-hobby
Gambar: Falco by Lilly M – CC BY-SA/ Wikimedia.

Mirip Peregrine Falcon, Kadang-kadang dapat melewati burung yang lain seperti Swift saat berburu.

Referensi
Lisensi: CC-BY-SA Creative Commons License
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars
  1-5, average: 5,  1  votes
loadingstarsLoading...
☝️