Tips Mengurangi Pengaruh Efek Radiasi Ponsel Yang Berlebih

By |Updated: November 10, 2016 4 Comments

Pengaruh efek radiasi ponsel atau handphone terhadap kesehatan manusia adalah topik yang menarik. Telah banyak studi sebagai hasil dari peningkatan besar dalam penggunaan telepon seluler di seluruh dunia. Ponsel menggunakan radiasi elektromagnetik dalam rentang microwave. Sistem nirkabel digital lainnya, seperti jaringan komunikasi data, menghasilkan radiasi yang sama.

Sebuah divisi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah mengumumkan bahwa ada kemungkinan resiko kanker otak terhadap penggunaan ponsel terkait dengan radiasinya. Hal ini terungkap setelah mereka memeriksa lusinan studi pada ponsel yang telah diterbitkan.

Tips Mengurangi Pengaruh Efek Radiasi Ponsel

Ini adalah waktu untuk mulai memperhatikan radiasi ponsel lebih serius. Tentu saja, teknologi tidak akan pergi, kita hanya perlu untuk mendidik dan mengembangkan strategi untuk mengurangi pemaparan radiasi yang telah terbukti memiliki efek biologis.

radiasi ponsel

Image: radiasi ponsel

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mengurangi efek negatif dari radiasi ponsel atau handphone.

1. Gunakan speakerphone atau sms pada HP

Untuk menjaga ponsel jauh dari kepala Anda, gunakan speakerphone atau mengirim pesan teks melalui sms. Setiap inci dari ponsel yang jauh dari tubuh akan mengurangi jumlah penyerapan radiasi.

2. Gunakan headset kabel handphone

Jika ponsel dilengkapi dengan headset berkabel, Anda dapat menggunakannya untuk menjaga ponsel jauh dari tubuh Anda. Meskipun headset masih dapat mengirimkan radiasi melalui kawat, tapi itu adalah tingkat yang sangat rendah.

3. Jangan memakai perangkat Bluetooth sepanjang waktu

Bluetooth nirkabel earphone akan memancarkan tingkat tertentu radiasi. Meskipun jauh lebih sedikit dari radiasi ponsel, tetapi kebanyakan orang memakai perangkat bluetooth sepanjang waktu.

Jika Anda menggunakan perangkat Bluetooth, beralih dari telinga ke telinga yang lain sehingga hal ini dapat mengurangi pemaparan radiasi di satu sisi. Lepaskan dari telinga Anda ketika tidak di telepon.

4. Beralih telinga

Jika Anda benar-benar ingin menempatkan ponsel di dekat kepala Anda, beralih telinga dengan teratur, telinga kanan dan kiri. Hal ini dapat membatasi kontak yang terlalu lama di satu sisi, yang telah dikaitkan dengan peningkatan resiko kanker otak pada sisi kepala dimana ponsel biasanya digunakan.

5. Hindari menggunakan telepon di lokasi yang sempit

Jangan membuat atau menerima panggilan dalam lift, kereta api atau mobil. Selain itu, menggunakan ponsel saat mengemudi juga dapat membahayakan keselamatan.

6. Perhatikan sinyal telepon/handphone

Jangan gunakan ponsel ketika sinyal lemah, atau ketika Anda sedang bepergian dengan kecepatan yang lebih tinggi di dalam mobil atau kereta yang berjalan. Karena ini secara otomatis akan meningkatkan kekuatan sinyal maksimum, ketika sinyal telepon mencoba untuk terhubung ke antena relay baru.

7. Jangan meletakkan telepon di dekat tempat tidur Anda

Anda mungkin perlu alarm telepon untuk membantu bangun pagi-pagi. Tapi sebaiknya jangan meletakkan ponsel di dekat tempat tidur, khususnya di dekat posisi kepala Anda. Medan elektromagnetik dapat mengurangi produksi melatonin dalam tubuh yang dapat menyebabkan resiko peningkatan kanker dan penyakit lainnya.

8. Jangan meletakkan ponsel Anda dalam saku

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa pria yang membawa ponsel mereka di saku mereka memiliki jumlah sperma 25 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak membawa telepon. Bagian tubuh yang berbeda menyerap intensitas radiasi yang berbeda, dan jaringan testis mungkin lebih rentan.

9. Jaga jarak saat menyambung

Jangan terburu-buru meletakan telepon seluler ke dekat telinga saat panggilan terhubung. Pada saat itu, telepon mengirimkan sinyal yang kuat.

10. Baca manual ponsel/handphone

Sebagian besar ponsel datang dengan manual keselamatan yang memberitahu konsumen mereka untuk tidak menyimpan ponsel di samping kepala mereka, atau bahkan di saku mereka.

11. Buatlah percakapan ponsel secukupnya

Jika percakapan akan menjadi panjang, sebaiknya menggunakan telepon kabel. Satu studi menemukan bahwa setelah dua menit, aktivitas listrik otak dapat diubah untuk setidaknya satu jam. Oleh karena itu strategi mengalihkan dari telinga satu ke yang lain disarankan.

4 Komentar: Tips Mengurangi Pengaruh Efek Radiasi Ponsel Yang Berlebih

  1. amin

    bagaimana yang memakai hp lebih dari satu, harus lebih berhati-hati, termasuk saya.. barangkali banyak orang juga di Indonesia, karena jumlah ponsel yang digunakan melebihi jumlah penduduk Indonesia

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *