The Great Barrier Reef: Sistem Terumbu Karang Terbesar di Dunia

By |Updated: November 9, 2016 1 Comment

The Great Barrier Reef adalah sistem (coral) terumbu karang terbesar di dunia terdiri dari lebih dari 2.900 terumbu individual dan 900 pulau terhampar sepanjang lebih dari 2.600 kilometer (1.600 mil) di atas lahan seluas sekitar 344.400 kilometer persegi (133.000 mil persegi). Terumbu Karang ini terletak di Laut Coral, di lepas pantai Queensland, Australia.

The Great Barrier Reef dapat dilihat dari luar angkasa dan ini adalah struktur tunggal terbesar di Bumi dibuat oleh organisme hidup. Struktur ini terdiri dari karang dan dibangun oleh milyaran organisme kecil, dikenal sebagai polyps karang. Karang ini mendukung keanekaragaman kehidupan dan terpilih sebagai Situs Warisan Dunia, The Queensland National Trust menjadikannya sebagai ikon negara bagian Queensland.

Great Barrier Reef adalah situs bervariasi luar biasa dengan keindahan di pantai utara-timur Australia. Tempat ini berisi koleksi terumbu karang terbesar di dunia, dengan 400 jenis karang, 1.500 spesies ikan dan 4.000 jenis moluska. Hal ini memiliki peranan penting ilmiah yang besar dari habitat spesies seperti dugong (‘sapi laut’) dan penyu hijau besar.

White Shark

Image: White Shark by Pterantula (Terry Goss) CC BY-SA

Sebagian besar terumbu dilindungi oleh Great Barrier Reef Marine Park, yang membantu untuk membatasi dampak penggunaan manusia, seperti perikanan dan pariwisata. Tekanan lingkungan lain di karang dan ekosistemnya termasuk limpasan, perubahan iklim disertai dengan pemutihan karang secara massal, dan wabah populasi cyclic.

The Great Barrier Reef telah lama dikenal dan digunakan oleh Australia Aborigin dan masyarakat “Torres Strait Islander”, dan merupakan bagian penting dari budaya dan spiritualitas kelompok lokal. Karang adalah tujuan yang sangat populer bagi wisatawan, terutama di Kepulauan Whitsunday dan daerah Cairns. Pariwisata adalah kegiatan ekonomi yang penting bagi wilayah tersebut, menghasilkan lebih dari $ 3 miliar per tahun.

The Great Barrier Reef mendukung kehidupan bervariasi, termasuk banyak spesies yang rentan atau terancam punah. Lebih dari 1500 spesies ikan yang berbeda hidup di Great Barrier Reef, termasuk clownfish, bintang film animasi Finding Nemo. Perubahan iklim mungkin merupakan ancaman terbesar ke Great Barrier Reef. Suhu laut hangat menempatkan tekanan pada karang dan menyebabkan pemutihan karang. Great Barrier Reef adalah tujuan wisata populer dengan sekitar 2 juta pengunjung setiap tahun.

ikan barrier reef

Image: ikan barrier reef

Komentar pada: The Great Barrier Reef: Sistem Terumbu Karang Terbesar di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *