makanan untuk mempertajam pikiran fungsi otak

8 Makanan untuk Mempertajam Pikiran

Update Terkahir: 16 Mei 2017
Aura Ilmu » Kesehatan » 8 Makanan untuk Mempertajam Pikiran
(No Ratings Yet)
Loading...

Ada kaitan erat antara fungsi otak dan pikiran, Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri dari sekitar 100 juta sel saraf atau neuron. Otak berfungsi mengatur, mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Pada dasarnya Otak merupakan struktur yang kompleks dan kuat yang membutuhkan banyak nutrisi untuk berfungsi dengan baik. Otak mengatur ribuan atau jutaan fungsi kompleks, itulah sebabnya mengapa begitu penting untuk merawatnya setiap hari.

Jika ingin meningkatkan fungsi otak dan mempertajam memori atau daya ingat, ada beberapa sumber makanan yang dapat dikonsumsi untuk mendapatkan fungsi yang maksimal.

makanan untuk mempertajam pikiran

Image: makanan untuk mempertajam pikiran

Daftar Isi:

Makanan untuk meningkatkan fungsi otak dan mempertajam Pikiran

Berikut adalah daftar makanan untuk meningkatkan fungsi otak, pikiran dan kinerja yang maksimal:

1. Brokoli

Brokoli tinggi kolin (choline), membantu memacu pertumbuhan sel-sel otak baru serta hubungan saraf yang penting untuk otak dan daya ingat. Sangat penting untuk makan makanan yang kaya kolin terutama saat sedang hamil, untuk memperbagus sel-sel otak pada bayi.

Brokoli juga kaya akan vitamin K yang membantu meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Mengkonsumsi seporsi brokoli 2-3 kali seminggu adalah salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan kekuatan otak.

2. Kunyit

Menambahkan kunyit pada makanan dapat menjaga otak tetap tajam. Kunyit mengandung kurkumin (curcumin) yang dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer.

Mengkonsumsi kunyit juga bisa membantu melindungi otak dari peradangan. Menambahkan kunyit ke makanan favorit atau taburkan sedikit di atas susu hangat dan minum setiap hari untuk dapat meningkatkan kekuatan otak.

3. Salmon

Otak manusia memerlukan asam lemak (fatty acids) yang penting untuk berfungsi dengan baik. Salmon kaya akan lemak omega-3 yang membantu meningkatkan kekuatan otak.

Terutama Salmon yang hidup di alam bebas, mengandung asam Docosahexaenoic Acid (DHA) yang dapat mencegah penyakit Alzheimer. Selain itu, omega-3 membantu mencegah peradangan dan meningkatkan aliran darah di otak. Salmon liar adalah pilihan terbaik daripada yang dibudidayakan.

4. Tomat

Tomat adalah makanan super lain yang dapat meningkatkan kekuatan otak. Tomat merupakan sumber antioksidan kuat. Mengandung lycopene, yang berjuang melawan radikal bebas pada sel-sel otak yang biasanya memberikan kontribusi untuk demensia (penurunan fungsional otak).

Telah terbukti bahwa orang yang mengkonsumsi lycopene setiap hari memiliki memori lebih tajam daripada mereka yang tidak. Tomat juga dapat mengurangi resiko stroke. Tomat sebaiknya dimakan mentah tanpa pemanasan dan dapat ditambahkan pada salad, sup dan lainnya.

5. Teh Hijau

Teh hijau dapat meningkatkan konektivitas listrik dari otak, membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah demensia.

Teh hijau juga dapat meningkatkan memori, konsentrasi dan mengurangi resiko terhadap penyakit Parkinson (degenerative syaraf). Minum secangkir teh hijau yang masih segar mudah-mudahan dapat meningkatkan kekuatan otak.

6. Coklat

Coklat hitam (Dark chocolate) merupakan salah satu makanan yang terbaik, kaya antioksidan yang baik untuk seluruh tubuh, terutama otak. Kandungan kafein berperan penting dalam menjaga kewaspadaan. Coklat hitam juga mengandung flavonoid yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Coklat hitam juga dapat meningkatkan konsentrasi dan respon.

7. Blueberry

Blueberry dapat membantu menjaga otak tetap tajam, bahkan di usia tua. Blueberry mengandung flavonoid yang meningkatkan memori, pembelajaran dan fungsi kognitif lainnya.

Blueberry melindungi otak dari radikal bebas berbahaya yang dapat merusak jaringan sehat dan sering dikaitkan dengan hilangnya memori. Blueberry juga dapat membantu mengurangi resiko Parkinson dan penyakit Alzheimer.

8. Bayam

Bayam kaya akan kalium (potassium), yang membantu menjaga konduktivitas listrik pada otak, meningkatkan pemikiran dan kemampuan mengingat. Bayam juga kaya akan antioksidan yang melindungi sel-sel otak dari jenis kerusakan.

Selain itu, bayam mengandung nutrisi penting seperti magnesium, folat, vitamin E, dan vitamin K yang membantu menurunkan resiko pengembangan demensia.

Dengan menambahkan beberapa daftar makanan tersebut mudah-mudahan dapat meningkatkan fungsi otak, namun dianjurkan minum cukup air setiap hari karena otak terdiri dari sekitar 85% air dan kekurangan air dapat mempengaruhi konsentrasi atau memori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *