Apa Khasiat dan Manfaat Wortel?

By |Updated: November 10, 2016 1 Comment

Wortel adalah makanan yang sangat bermanfaat penting untuk kesehatan, dikenal sebagai sayuran yang mudah tumbuh, lezat dan bergizi tinggi. Baik anak-anak dan orang dewasa menyukai wortel karena mempunyai rasa manis dan teksturnya yang renyah.

Wortel (Daucus carota) merupakan sayuran yang ditanam sepanjang tahun, terutama di daerah pegunungan yang memiliki suhu udara dingin dan lembab, kira-kira di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut.

Tanaman wortel dapat tumbuh di hampir semua musim. Ada lebih dari 100 jenis wortel, mulai dari tidak hanya dalam warna, tetapi juga ukurannya dari yang kecil sepanjang dua inci sampai tiga kaki. Wortel adalah jenis yang paling populer kedua setelah sayuran kentang. Ini memberikan banyak nutrisi bagi tubuh.

Selain itu, wortel juga merupakan sumber yang baik dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin K, biotin, serat, kalium dan tiamin.

Wortel

Image: Wortel

Khasiat Manfaat wortel

1. Wortel Mencegah Kanker

Banyak penelitian menunjukkan bahwa makan wortel dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker usus. Baru-baru ini, peneliti telah mengisolasi senyawa yang disebut falcarinol dalam wortel yang mungkin sebagian besar bertanggung jawab untuk manfaat anti-kanker.

Falcarinol adalah pestisida alami yang ditemukan dalam wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur.Dalam makanan sehari-hari, wortel hampir satu-satunya sumber dari senyawa ini.

2. Wortel dapat Meningkatkan Penglihatan Mata

Retina mata membutuhkan vitamin A untuk berfungsi, kekurangan vitamin A menyebabkan kebutaan malam. Wortel kaya akan beta-karoten, zat yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Pada retina, vitamin A berubah menjadi rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan malam.

Selain itu, beta-karoten membantu melindungi terhadap degenerasi macular dan mencegah katarak. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak mengandung Beta-karoten memiliki risiko 40 persen lebih rendah dari degenerasi macular dibandingkan mereka yang mengonsumsi sedikit.

3. Wortel dapat Mencegah Penyakit Jantung

Studi menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid berhubungan dengan rendahnya resiko penyakit jantung. Juga, diyakini bahwa konsumsi secara teratur wortel mengurangi kadar kolesterol.

Serat larut dalam wortel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dengan mengikat dan menghilangkan asam empedu, kolesterol pemicu akan ditarik keluar dari aliran darah.

4. Wortel dapat Mengurangi Resiko Stroke

Menurut penelitian dari Harvard University, orang yang makan lebih dari enam wortel seminggu sangat kecil kemungkinannya untuk menderita stroke dibanding mereka yang makan hanya satu wortel sebulan atau lebih.

5. Wortel untuk Memelihara Kulit/ Nourish Skin

Wortel memiliki sifat pembersihan yang kuat yang efektif dalam mendetoksifikasi hati, sehingga sangat efektif untuk jerawat yang disebabkan oleh racun dari darah. Wortel juga berguna untuk mengobati warna kulit tidak merata akibat pigmentasi.

Vitamin A dan zat gizi lainnya yang terkandung dalam wortel efisien memelihara kulit, mencegah kulit kering dan noda kulit lainnya.

6. Wortel sebagai Anti Penuaan/Anti-aging

Wortel mengandung banyak beta-karoten, yang berfungsi sebagai anti oksidan yang membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Hal ini juga membantu memperlambat penuaan sel dan berbagai efek negatif terkait dengan penuaan.

7. Wortel untuk Kesehatan Gigi

Wortel bahkan dapat membantu membersihkan gigi, dan merupakan cara terbaik untuk menjaga mulut bersih setelah makan. Wortel bertindak sebagai pembersih alami yang membantu dalam menghilangkan kotoran dan wabah dari gigi dan gusi.

Wortel juga memicu banyak air liur, yang membantu untuk menghilangkan noda pada gigi. Mineral dalam wortel membantu untuk membunuh kuman di mulut dan mencegah kerusakan gigi.

Wortel merupakan sayuran yang benar-benar menakjubkan. Ada banyak manfaat dari wortel dan mudah untuk menambah diet tanpa persiapan ekstra. Wortel, baik sebagai jus buah mentah atau dimasak dalam bentuk yang baik untuk kesehatan.

Komentar pada: Apa Khasiat dan Manfaat Wortel?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *