ukuran-a0 Ukuran Kertas A0 (Dalam satuan mm, cm, inci)

Oleh: - Update Terakhir:

Ukuran Kertas A0 adalah dimensi suatu bidang kertas yang termasuk dalam Ukuran Kertas Seri A. Kertas A0 digunakan untuk berbagai tujuan termasuk periklanan, perkantoran, sekolah, kuliah, bisnis, serta keperluan pribadi. Beberapa penggunaan yang paling umum untuk ukuran tersebut meliputi posisi iklan, gambar arsitektur dan teknis, poster, dan jenis citra pribadi lainnya. Jenis kertas ini banyak digunakan di berbagai belahan dunia termasuk di Asia, Australia, Eropa, dan Amerika.

Ukuran kertas yang termasuk dalam Seri A dimulai dari A0 yang merupakan ukuran terbesar, sedangkan setiap ukuran berikutnya sama persis setengah dari ukuran sebelumnya. Sehingga Ukuran Kertas dalam seri A ini memiliki karakteristik panjang dan lebar area yang dibagi 2. Dengan kata lain proporsi tinggi dan lebar dari semua lembaran adalah persegi dua. Kertas A0 telah ditetapkan sesuai dengan standar ISO 216 (International Organization for Standardization) dengan luas suatu bidang dalam satuan mm (milimeter), cm (centimeter), dan inci (inchi), seperti diterangkan dibawah ini:

ukuran kertas a0, mm, cm, inci, standar

Ukuran Kertas A0 dalam satuan mm, cm, inci

  • Ukuran Kertas A0 dalam satuan mm adalah 841 x 1189 milimeter.
  • Ukuran Kertas A0 dalam satuan cm adalah 84,1 x 118,9 centimeter.
  • Ukuran Kertas A0 dalam satuan inci adalah 33,11 x 46,81 inci.

Teknis Ukuran Kertas A0:

  • Kertas A0 adalah dua kali lipat lebar Kertas A1, dan empat kali rentang Kertas A2, dan begitu seterusnya sampai A10.
  • ISO 216 adalah nama teknis yang digunakan untuk menjelaskan ukuran kertas A0.
  • ISO 217 atau ISO 269 adalah dua standar yang terkait dengan ukuran A0. Keduanya merupakan standar tambahan dan dapat digunakan sewaktu-waktu, jika membutuhkan ukuran yang sedikit disesuaikan.
Ukuran Kertas A0 dalam satuan mm, cm, dan inci
Ukuran Kertasmmcminci
A0841 x 118984,1 x 118,933,11 x 46,81

ISO 216 menentukan toleransi terhadap dimensi ukuran kertas seri A sebagai berikut:

  • ± 1,5 mm (0,06 in) untuk dimensi hingga 150 mm (5,9 inci).
  • ± 2 mm (0,08 in) untuk panjang dalam kisaran 150-600 mm (5,9-23,6 inci).
  • ± 3 mm (0,12 in) untuk setiap dimensi di atas 600 mm (23,6 inci).

Ukuran kertas seri A juga telah didefinisikan sesuai Keterangan Persyaratan ISO 216 sebagai berikut:

  • Panjang dibagi dengan lebar adalah 1,4142.
  • Ukuran A0 memiliki luas 1 meter persegi.
  • Setiap ukuran kertas berikutnya, A(n) didefinisikan sebagai A(n-1) dipotong setengah sejajar dengan sisi yang lebih pendek.
  • Panjang standar dan lebar masing-masing ukuran dibulatkan ke milimeter terdekat.

Dalam Kertas Seri A, lebar dan tinggi sebuah halaman identik satu sama lain seperti sisi dan sudut ke sudut persegi. Proporsi sudut ini sangat menguntungkan untuk ukuran kertas. Jika meletakkan dua lembar kertas yang sama dimensinya di samping satu sama lain, maka halaman berikutnya akan kembali memiliki ukuran lebar dan tinggi yang sama.

Comments on “Ukuran Kertas A0 (satuan mm, cm, inci)

  1. Azarine

    Standar internasional adalah standar teknis yang dikembangkan oleh organisasi internasional (organisasi antar pemerintah), atau Rekomendasi dan didanai publik, tersedia secara bebas untuk dipertimbangkan dan digunakan di seluruh dunia.

    Reply
  2. Huwaida

    Sebagian besar kertas awal yang terbuat dari serbuk kayu mengandung sejumlah besar tawas, suatu variasi garam aluminium sulfat yang sangat asam. Tawas ditambahkan ke kertas untuk membantu mengukur. Kertas ukuran standar terbesar adalah A0, berukuran satu meter persegi

    Reply
  3. Ayduha

    Sistem ISO 216 yang digunakan di sebagian besar negara lain didasarkan pada luas permukaan selembar kertas, bukan pada lebar dan panjang selembar kertas. Ini pertama kali diadopsi di Jerman dan umumnya menyebar karena negara-negara mengadopsi sistem metrik. Kertas ukuran standar terbesar adalah A0

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *