8 Binatang Transparan Yang Paling Unik

By |Updated: November 10, 2016 0 Comment

Beberapa yang paling menarik kuhususnya adalah binatang transparan yang memiliki teknik dan mekanisme khusus. Alam merupakan sesuatu yang menarik, unik dan terkadang sangat mengherankan. Dunia penuh dengan binatang unik menakjubkan, beberapa makhluk menggunakan teknik kamuflase sebagai teknik berburu atau mekanisme pertahanan.

Binatang Transparan Paling Unik

Transparansi adalah sifat fisik unik yang dapat ditemukan di dunia hewan. Ada banyak hal menarik tentang transparansi, termasuk tujuan dan mekanisme yang mendasarinya. Ada yang sebagian atau seluruhnya tembus pandang, diperkirakan untuk membantu banyak makhluk menghindari predator/pemangsa. Ada banyak jenis spesies yang tembus pandang dan  beberapa makhluk transparan tersebut dapat ditemukan di darat, air dan bahkan di udara. Berikut ini adalah beberapa jenis binatang transparan yang unik.

1. Kupu-kupu Sayap Transparan (Glasswing butterfly)

Glasswing butterfly

Image: Kupu-kupu sayap transparan Oleh David Tiller, Wikimedia

Greta oto adalah sejenis kupu-kupu sayap transparan termasuk dari subfamili Danainae. Sayap transparan ini memiliki ukuran sekitar 5-6 cm. Nama paling umum dalam bahasa Inggris adalah “Glasswing butterfly” sedangkan dalam bahasa Spanyol adalah “espejitos” yang berarti “cermin kecil”. Jaringan antara urat sayapnya terlihat seperti kaca, karena tidak memiliki sisik berwarna seperti ditemukan di kupu-kupu lainnya. Bagian dari sayapnya terkadang diwarnai dengan merah atau oranye sedangkan tubuhnya berwarna gelap.

Kupu-kupu dewasa dianggap beracun, tetapi toksisitas mereka terutama dari jantan karena makan pada bunga yang mengandung alkaloid pyrrolizidine, unsur ini diubah menjadi feromon oleh jantan dan digunakan untuk menarik betina.

2. Barreleye

Barreleye

Image: Barreleye Oleh MBARI, Wikimedia

Barreleye juga dikenal sebagai spook fish, merupakan ikan laut termasuk dari keluarga Opisthoproctidae dan dapat ditemukan di perairan tropis beriklim di Atlantik, Pasifik, dan Samudra India.

Ikan ini diberi nama dari bentuk matanya, yang terletak di dalam kepala, dapat melihat lurus ke atas sambil berenang untuk mendeteksi mangsa yang ada, namun ikan ini mampu mengarahkan mata mereka ke depan ataupun memutar sehingga ikan dapat melihat dalam berbagai arah, yang tidak mungkin dilakukan jika bukan karena tengkorak transparan.

Ikan yang luar biasa ini mungkin makhluk paling aneh yang pernah ditemukan bersembunyi di laut dalam. Kadang-kadang disebut “ikan hantu,” tidak diragukan lagi karena penampilannya yang aneh, barreleye memiliki kepala yang benar-benar transparan.

3. Ikan berdarah Putih (Channichthyidae, Crocodile icefish)

Crocodile icefish

Image: Channichthyidae Oleh uwe kils, Wikimedia

Ikan berdarah putih (Channichthyidae) adalah termasuk famili ikan perciform dapat ditemukan di perairan dingin sekitar Antartika dan selatan Amerika Selatan. Suhu air disana dapat turun menjadi -1,9 derajat Celcius (titik beku air laut), tapi relatif tetap konstan. Beberapa jenis spesies ini diakui dan mencapai panjang total 25-75 cm.

Ini sejenis predator Antartika yang tidak biasa karena penampilan transparan mereka, sebagian besar darah hampir tak terlihat. Mereka adalah vertebrata yang dikenal di dunia hewan tanpa hemoglobin, protein dalam darah yang mengangkut oksigen.

Mereka bertahan hidup tanpa hemoglobin berkat suhu di bawah nol dari laut di mana mereka tinggal, karena air dingin memiliki kandungan oksigen terlarut jauh lebih tinggi daripada air hangat.

4. Katak transparan (Glass frogs)

Glass frogs

Image: Katak transparan Oleh Geoff Gallice – Flickr

Katak transparan

Image: Katak transparan Oleh Geoff Gallice, Wikimedia

Katak transparan (glassfrogs) adalah sejenis katak dari keluarga amfibi Centrolenidae (order Anura). Sementara latar belakang warna umum kebanyakan berwarna hijau terang, kulit perut dari beberapa jenis spesies sangat transparan, dan organ mereka dapat terlihat dari bawah.

Organ internal, termasuk jantung, hati, dan saluran pencernaan, dapat terlihat melalui kulit tembus ini. Ditemukan di hutan Amerika Tengah dan Selatan, hewan-hewan ini sebagian besar arboreal, yang berarti hidup terutama di pepohonan.

5. Udang Transparan (Ghost shrimp)

Ghost shrimp

Image: Udang Transparan, Wikimedia

Udang jenis ini dapat ditemukan di dekat dasar laut, kebanyakan pantai dan muara, serta di sungai dan danau. Untuk menghindari predator, beberapa spesies bersembunyi dari dasar laut dan menyelam ke sedimen. Mereka biasanya hidup dari satu sampai tujuh tahun. Ada ribuan spesies, dan biasanya ada spesies disesuaikan dengan habitat tertentu.

Binatang transparan ini begitu jelas dalam penampilan dan beberapa jenis memiliki warna setelah makan makanan yang berwarna-warni, yang biasanya nabati.

6. Kumbang transparan (beetle)

beetle

Image: Kumbang emas Oleh Stevanopuasa, Wikimedia

Kumbang kura-kura emas (Charidotella sexpunctata) adalah spesies kumbang dalam keluarga kumbang daun, Chrysomelidae. Ini adalah asli Amerika.

Kumbang yang luar biasa ini tidak benar-benar seluruhnya transparan, tetapi memiliki pelindung yang hampir tak terlihat. Tujuan dari kulit luar transparan untuk menipu predator potensial, karena mengungkapkan tanda-tanda pada punggungnya yang bertindak sebagai peringatan.

Kumbang ini bisa 5 sampai 7 milimeter panjangnya, variabel dalam warna dari oranye ke emas dan sering metalik, sehingga mendapat julukan “Goldbug”. Warna perubahan musiman, dan kumbang dapat berubah warna ketika terancam dengan mengubah aliran cairan antara lapisan cuticle.

Kumbang kura-kura datang dalam banyak varietas yang berbeda, dan desain di kulit mereka bisa berbeda-beda dan indah.

7. Salpa

Salpa

Image: Salpa Oleh Lars Plougmann, Wikimedia

Salp (salps) atau SALPA (salpae jamak atau salpas) adalah sejenis hewan gentong, berkulit plankton. Bergerak oleh kontraksi sehingga memompa air melalui tubuh agar-agar nya, makan pada fitoplankton.

Salpas transparan mengambang bebas, yang umum ada di khatulistiwa perairan sedang dan dingin laut, di mana mereka dapat dilihat di permukaan, secara tunggal atau panjang berkoloni seperti benang. Yang paling banyak populasi salps berada di dekat Antartika. Di sini mereka kadang-kadang membentuk kawanan besar, seringkali di perairan laut dalam.

8. Ubur-ubur (Jellyfish)

Ubur-ubur

Image: jellyfish, pixabay.com

Mungkin jenis yang paling terkenal dari binatang transparan adalah ubur-ubur. Ubur-ubur dapat ditemukan di setiap laut di Bumi, dari permukaan sampai ke laut dalam. Beberapa ubur-ubur menghuni air tawar. Ada yang besar dan sering berwarna-warni, ubur-ubur yang umum ada di wilayah pesisir di seluruh dunia. Ubur-ubur telah menjelajahi lautan selama setidaknya 500 juta tahun, dan mungkin 700 juta tahun atau lebih, membuat mereka menjadi hewan multi-organ tertua.

Banyak jenis ubur-ubur transparan berenang bebas seperti phylum Cnidaria, suatu sifat yang membuat mereka kadang-kadang berbahaya karena sengatan kadang-kadang mematikan, yang bisa mengejutkan perenang. Tubuh tembus pandang mereka juga membuat mereka di antara binatang yang paling elegan dan indah di laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *