Skip to content

Gua Terbesar Bawah Air di Dunia

gua terbesar, orda cave
Oleh: Gunawan | Update Terakhir: 16 November 2019 | 0 Comment
Gua Terbesar Bawah Air di Dunia

Image: Gua Orda, Viktor Lyagushkin, ordacave.ru.

Gua Terbesar Bawah Air, Gua Orda atau lokal menyebutnya Gua Ordinskaya adalah sebuah gua bawah air yang terdapat di Pegunungan Ural sebelah Barat, Rusia. Jalan masuk Gua adalah dekat tepi Sungai Kungur, wilayah Perm Krai.

Gua Orda adalah jenis Gua Gipsum, merupakan Gua bawah air terpanjang di Rusia, yang kedua di Wilayah Eurasia, salah satu yang terpanjang di Dunia dan Gua Gipsum Bawah Air Terbesar di Dunia.

Sistem Gua Orda membentang diperkirakan lebih dari 5,1 kilometer dengan sekitar perluasan 4,8 kilometer disekelilingnya yang secara keseluruhan berada di bawah air.

Ini merupakan salah satu situs alam menakjubkan di Rusia dan telah dipertimbangkan sebagai World Natural Heritage di UNESCO.

Keindahan yang unik dari Gua Orda telah dijelajahi oleh beberapa Penyelam Professional kelas dunia.

Daerah dalam Gua kaya akan mineral sehingga membuat air tampak sangat jelas. Warna cerah biru tampak dari formasi batuan dalam Gua. Penyelam memiliki penglihatan sampai lebih dari 45 meter membuatnya menjadi lokasi yang ideal untuk ekspedisi.

Namun menjelajahi Gua Orda tidaklah cukup mudah, suhu air berkisar antara -3 derajat Celcius sampai -20 derajat Celcius. Bahkan sesuatu yang sangat kecil seperti gelembung udara dapat berpengaruh terhadap atap gua.

Ada sebuah mitos lokal bercerita tentang “Lady of the Orda Cave”, perempuan yang cantik dan menawan di Gua Orda. Legenda mengatakan bahwa perempuan itu mengawasi setiap penyelam yang masuk ke dalam Gua.

orda caveorda cave

Image: Gua Orda – Viktor Lyagushkin, ordacave.ru.

(1 votes, average: 4.00 out of 5)
loadingstarsLoading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *