cara mengatasi kesulitan, susah, tidur, insomnia

Tips Cara untuk Mengatasi Kesulitan Tidur

Update Terkahir: 15 Mei 2017
Aura Ilmu » Kesehatan » Tips Cara untuk Mengatasi Kesulitan Tidur
(No Ratings Yet)
Loading...

Tidur Orang dewasa membutuhkan rata-rata antara 7-8 jam per malam. Namun, ada yang masih sulit untuk tidur/insomnia mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia. Masalah kesehatan yang berhubungan dengan insomnia dan kurang tidur dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seperti, menurunnya sistem kekebalan tubuh, penuaan dini, mempengaruhi berat badan dan lain-lain.

Sebenarnya manfaat kesehatan dari istirahat malam yang baik (tidur yang cukup) tak terhitung jumlahnya, seperti membantu membuat merasa bahagia, ketajaman pikiran, sistem kekebalan tubuh yang kuat, berat badan ideal, kulit tampak muda dan menurunkan resiko tekanan darah tinggi serta penyakit jantung.

mengatasi kesulitan, susah, tidur, insomnia

Image: mengatasi kesulitan, susah, tidur, insomnia

Daftar Isi:

Tips Mengatasi Kesulitan Tidur

Menambahkan makanan dan minuman yang tepat dapat membantu untuk meningkatkan peluang mendapatkan manfaat kesehatan yang banyak.

Berikut adalah daftar makanan dan minuman untuk mengatasi kesulitan tidur:

1. Oatmeal (Bubur gandum)

Oatmeal (bubur gandum) adalah camilan baik sebelum tidur, karena sangat kaya akan karbohidrat. Dari faktanya, oatmeal dapat dipertimbangkan sebagai solusi win-win. Oatmeal tidak hanya merangsang produksi alami serotonin (neurotransmitter yang meningkatkan suasana hati dan membuat merasa bahagia), tetapi juga mencerna makanan lebih lambat yang akan membuat merasa kenyang sepanjang malam.

Salah satu alasan dari kurang tidur malam adalah bangun di tengah malam untuk mencari makanan ke dapur dan kembali ke tempat tidur, namun ini tidak akan terjadi jika mengkonsumsi semangkuk oatmeal secukupnya sebelum tidur, agar merasa kenyang.

2. Pisang

Pisang telah digunakan sebagai perangsang tidur yang alami selama berabad-abad, karena seperti kacang-kacangan dan oatmeal, pisang juga meningkatkan kadar serotonin dan melatonin. Selain itu, pisang adalah buah lezat yang juga dikenal bertindak sebagai relaksan otot alami (relaksasi otot), sehingga membantu bersantai dan bersiap-siap untuk tidur dengan cara alami, cepat dan efisien.

3. Susu hangat ditambah Madu

Ini adalah minuman yang baik untuk dikonsumsi sebelum tidur. Susu hangat mengandung amino-acid disebut tryptophan (selain kalsium yang sangat bermanfaat juga) sedangkan madu membantu melemaskan otot-otot dan menenangkan pikiran. Ini adalah minuman lezat dan bergizi yang bertindak sebagai obat tidur alami.

4. Kentang

Kentang goreng atau panggang termasuk makanan lezat, tidak hanya lezat, tapi kentang adalah sumber besar dari tryptophan (hormon yang merangsang tidur), dan kentang juga memiliki efek menenangkan keseluruhan yang bermanfaat bagi tubuh dan pikiran.

5. Teh

Berbicara tentang minuman sebelum tidur, susu dan madu mungkin kombinasi lezat tetapi beberapa jenis teh memiliki efek penenang ringan yang sangat cocok untuk menghilangkan stres yang membuat kesulitan tidur. Peppermint, teh herbal atau teh chamomile adalah tiga dari jenis yang paling populer yang dikenal untuk efek merangsang tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *