Tempat Panas Paling Ekstrim di Dunia

By |Updated: November 10, 2016 6 Comments

Tempat Paling Panas, Ada banyak di bumi ini memiliki suhu yang terpanas, sebagian dari daratan di dunia terdapat bagian yang gersang, seperti gurun kering di mana hanya ada sedikit kehidupan atau sedikit kesempatan untuk bertahan. Sebuah contoh tempat yang panas adalah gurun pasir Lut. Gurun pasir ini merupakan salah satu tempat terpanas di dunia.

Ada sebagian orang “pencari panas” di dunia ini yang cukup berani berangkat ke tempat di musim panas hanya untuk mendapatkan pengalaman ekstrim. Namun titik terpanas di Bumi dapat berubah dari tahun ke tahun.

Tempat yang Panas Paling Ekstrim di Dunia

Menurut para ahli, bertahan di tempat panas yang ekstrim jauh lebih sulit daripada bertahan di tempat dingin yang ekstrim. Sementara tubuh dapat menyesuaikan diri dengan suhu yang sangat rendah dengan mensyaratkan lebih banyak kalori, tetapi dehidrasi dan stroke di tempat panas adalah masalah yang sangat serius.

1. Gurun pasir Lut, Iran

Gurun pasir Lut

Image: Kavir e Lut by ninara, License CC BY-SA

Gurun pasir Lut (Gurun Pasir Kekosongan) dikenal sebagai Gurun Lut, adalah gurun garam besar di tenggara Kerman Iran dan termasuk 25 padang pasir terbesar di dunia. Permukaan pasir telah diukur pada suhu setinggi 70,7° C (159° F), dan itu adalah salah satu tempat terkering di dunia.

Pengukuran MODIS (Moderate-Resolution Imaging Spectroradiometer) yang terpasang pada satelit NASA “Aqua” 2003-2005 bersaksi bahwa permukaan tanah terpanas di bumi terletak di Gurun Lut dan suhu permukaan tanah sampai ke 70,7 ° C (159,3 ° F) , meskipun suhu udara diatas lebih dingin.

2. Death Valley, California

Nama dari tempat ini seperti mengatakan itu semua. Terletak di tenggara California, Death Valley adalah salah satu tempat terpanas, terkering dan terendah di Amerika Utara. Suhu terpanas tercatat di Death Valley adalah sekitar 56,7° Celcius (134,06° Fahrenheit). Meskipun Death Valley sangat panas pada siang hari, pada malam hari sering suhu turun di bawah titik beku. Di tempat ini pun terdapat fenomena langka yaitu Batu yang Berjalan Sendiri.

3. Al ‘Aziziyah, Libya

Sementara itu di tempat lain di Al ‘Aziziyah, Libya, adalah salah satu tempat terpanas di dunia karena angin berpasir terbakar disebut Ghibli, yang sering muncul tanpa peringatan dan dapat menaikkan suhu sampai 20° C hanya dalam beberapa jam.

Al ‘Aziziyah, yang terletak di Barat laut Libya, adalah salah satu tempat terpanas yang banyak dihuni di Bumi. Pada tahun 1922, suhu tinggi 57,8° C (136,04° F) tercatat di Al ‘Aziziyah. Namun, perhitungan tersebut dikabarkan diambil orang yang belum terlatih, tapi daerah ini masih dianggap salah satu yang terpanas di dunia.

4. Kebili, Tunisia

Kebili

Image: Kebili Tunisia by SQFP License CC BY

Kebili juga merupakan kota oasis yang terletak di pusat kota Tunisia, Afrika. Daerah ini dianggap menjadi salah satu tempat terpanas di Bumi dengan hari terpanas yang pernah tercatat sebesar 55° Celcius.

5. Timbuktu, Mali

Timbuktu terletak di Afrika Barat di Mali. Ini adalah salah satu tempat paling terkenal di Afrika. Suhu dapat mencapai setinggi 54,5° Celsius (130° Fahrenheit). Timbuktu adalah pusat beasiswa kunci penting selama penyebaran Islam di Afrika. Ada tiga masjid terkemuka Djinguereber, Sidi Yahya, dan Sankore di Timbuktu dan salah satu koleksi terbesar di dunia dari naskah kuno.

6 Komentar: Tempat Panas Paling Ekstrim di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *