Super Komputer Tercanggih dan Tercepat di Dunia

By |Updated: November 10, 2016 0 Comment

Komputer tercanggih (super-komputer) adalah sebuah sistem komputer paling canggih dengan kapasitas pengolahan data kontemporer, terutama kecepatan kalkulasi paling cepat dalam hitungan nanodetik.

Dua kali dalam setahun proyek TOP500 memperbaharui peringkat 500 sistem komputer yang paling cepat di seluruh dunia. Dimulai sejak tahun 1993 – Daftar memberikan data-data yang dapat diandalkan untuk mendeteksi tren komputasi dengan kinerja tertinggi dan paling inovatif.

Namanya The Tianhe-2 atau Milky Way-2, merupakan super-komputer dengan peringkat nomor satu. Sistem komputer ini memiliki rangking terdepan selama 4 kali berturut-turut per Nopember 2014.

The Tianhe-2, begitu mutakhir dibangun oleh sebuah tim sebanyak 1.300 ilmuwan dan insinyur dari National University of Defense Technology (NUDT) – Tiongkok.

Super komputer tercepat di dunia

tianhe

Image: tianhe

Dengan menggunakan operating system Kylin Linux, kecanggihannya mampu melakukan sekitar 33.860 Triliun kalkulasi per detik. Satu jam kalkulasi dari komputer ini setara dengan 1.000 tahun hitungan rumit oleh 1,3 milyar orang. Kecepatannya hampir 2 kali lebih cepat dari super-komputer tercepat kedua di dunia, Titan.

Dari 16.000 node komputer, masing-masing memakai 2 “Processor Intel” Ivy Bridge Xeon dan 3 chip Xeon Phi, ini merupakan instalasi processor – Ivy Bridge dan Xeon Phi chip – terbesar di dunia, dapat menghitung total 3.120.000 teknologi core.

Masing-masing node komputer memiliki 88 gigabyte memory, seluruhnya sekitar 1,024,000 gigabyte. Total CPU ditambah coprocessor memori adalah 1.375 TiB.

Menurut NUDT, Tianhe-2 dikembangkan untuk aplikasi simulasi, analisis dan sistem keamanan pemerintahan. Komputer ini seharga sekitar 390 juta dolar yang menempati ruangan sekitar 7.750 meter persegi terletak di Guangzhou.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *