Cano Cristales: Sungai 5 Warna Paling Indah Di Dunia

By |Updated: November 10, 2016 0 Comment

Cano Cristales adalah sungai paling indah di Kolombia terletak di Serrania de la Macarena provinsi Meta. Sungai ini terletak di daerah terpencil, terisolasi, tidak mudah diakses melalui jalan darat. Sungai ini disebut juga “The Liquid Rainbow” dan bahkan disebut sebagai sungai yang paling indah di dunia karena warnanya yang cemerlang.

Sungai Cano Cristales juga dijuluki “sungai dari lima warna” (The River of Five Colors) karena warnanya termasuk kuning, hitam, hijau, biru dan khususnya warna merah sehingga mencerminkan berbagai macam nuansa di sekitarnya.

Untuk sebagian besar waktu dalam setahun, Sungai Cano Cristales di Kolombia tampak seperti sungai normal pada umumnya.

Tapi untuk jangka waktu singkat dalam setahun, antara musim hujan dan musim kemarau terjadi transformasi yang paling menakjubkan, spesies tanaman bunga yang indah disebut Macarenia clavigera berubah menjadi merah cerah dan populasinya bertambah banyak dalam air.

Cano Cristales

Image: Cano Cristales Oleh Mario Carvajal, Wikimedia CC-BY

Selama rentang singkat antara musim hujan dan kemarau, permukaan air turun sehingga cukup bagi sinar matahari untuk menghangatkan lumut dan ganggang di bagian bawah sungai, dan kehangatan ini mengarah ke pertumbuhan yang eksplosif dari pemekaran. Sebuah spesies unik tanaman yang melapisi dasar sungai disebut Macarenia clavigera berubah merah cemerlang.

Cano Cristales

Image: Sungai Cano Cristales Oleh Mario Carvajal, Wikimedia CC-BY

Sungai ini memiliki tanaman air dan karang, tetapi sungai itu sendiri nyaris tanpa ikan. Warna merah adalah karakteristik spesies tanaman endemik Macarenia clavigera (Podostemaceae). Tanaman merah menempel erat pada batu di tempat di mana sungai memiliki arus yang lebih cepat.

Wilayah ini termasuk hutan hujan hydrophytic, panas, hangat, dan dingin. Gunung disini adalah rumah bagi sekitar 420 spesies burung, 10 spesies amfibi, 43 jenis reptil, dan 8 primata.

Di hutan dari Macarenia, tanaman berjuang untuk menemukan unsur nutrisi dalam tanah, sementara populasi berbagai jamur membantu memecah batang-batang pohon yang tumbang. Lubang-lubang lingkaran kecil yang menjadi ciri dasar sungai, telah dibentuk oleh kerikil atau potongan mineral yang sangat padat.

Cano Cristales

Image: Sungai Cano Cristales Oleh Mario Carvajal, Wikimedia CC-BY

Cano Cristales

Image: Sungai Cano Cristales Oleh Eric Pheterson, Flickr CC-BY

Batuan dari Macarenia diperkirakan berumur sekitar 1,2 miliar tahun. Batuan tersebut merupakan perpanjangan di barat perbatasan Guiana dari Venezuela, Guyana, dan Brasil. Dan batuan tersebut dianggap di antara yang tertua di dunia. Macarenia meliputi tiga ekosistem yang kaya akan keanekaragaman flora dan fauna, yaitu Andes, Llanos Timur, dan hutan hujan Amazon. Oleh karena itu, sangat penting dalam biologi global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *