Stadion Sepakbola Terapung Terbesar Di Dunia

By |Updated: November 8, 2016 2 Comments

Stadion Sepakbola atau Platform Terapung di Teluk Marina (The Float at Marina Bay) dikenal juga dengan nama Stadion/Pentas Terapung di Teluk Marina merupakan Platform Stadion sepakbola terapung yang terbesar di dunia. Platform ini terletak di perairan Waduk Marina, di Teluk Marina, Singapura.

Platform terapung di Teluk Marina seluruhnya terbuat dari baja. Platform tersebut mempunyai ukuran panjang sekitar 120 meter dan lebar 83 meter, yaitu 5% lebih besar dari lapangan sepak bola di Stadion Nasional.

Stadion Sepakbola Terapung Terbesar Di Dunia

Platform ini dapat menahan beban sampai dengan 1.070 ton, setara dengan berat total 9.000 orang, 200 ton perlengkapan pentas dan tiga kendaraan militer seberat 30 ton. Galeri di stadium memiliki kapasitas tempat duduk mencapai 30.000 orang.

Banyak pertimbangan yang diperhitungkan selama tahap desain untuk pembangunan platform terapung. Platform tersebut dibuat bukan hanya dari sisi ukuran dan menahan beban, tapi juga memastikan struktur yang dapat dikonfigurasi ulang untuk memenuhi persyaratan dari acara yang berbeda.

Hasilnya, Platform terbuat dari platform-platform yang lebih kecil, masing-masing terdiri dari ratusan bagian. Bagian-bagian ini memiliki konektor (sambungan) yang memakai sistem interlock yang unik seperti puzzle. Konektor yang dirancang untuk menjadi ringan namun kuat. Konfigurasi untuk merakit ulang Platform biasanya memakan waktu satu bulan.

Enam tiang dipasang tetap ke dasar laut bertindak sebagai dasar struktur. Tiga jalur, menghubungkan Platform mengambang ke darat, memiliki sendi terintegrasi khusus untuk menjaga tetap stabil.

singapore flyer view

Image: Marina bay view by chensiyuan CC BY-SA

Stadion terapung ini dapat menjadi tempat berbagai acara di perairan Teluk Marina. Acara tersebut termasuk olahraga, konser, pameran, dan pertunjukan seni budaya. Parade Hari Nasional juga diadakan setiap tahun di Stadium, dimaksudkan untuk menjadi tempat sementara sampai Singapore Sports Hub di Kallang selesai pada tahun 2014.

Platform terapung juga sangat estetis, menyenangkan agar sesuai dengan latar belakang pemandangan dari hotel di Marina Center. Platform ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur inovatif banyak, seperti sistem drainase internal, struktur dan kabel penangkal petir.

2 Komentar: Stadion Sepakbola Terapung Terbesar Di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *