Software untuk Memonitor Aktivitas Jaringan internet

By |Updated: November 10, 2016 0 Comment

Berikut adalah Software Aplikasi Firewall pribadi gratis untuk memonitor jaringan internet atau lalu lintas data yang sedang berjalan pada komputer dan laptop.

Perangkat lunak ini mencakup fitur keamanan jaringan yang sangat penting dan pemantauan yang memberitahu pengguna terhadap ancaman online dari internet, termasuk perubahan aplikasi, perubahan Proxy, perubahan DNS, perubahan host file, dan host yang mencurigakan.

Cara melihat atau memonitor jaringan data internet

Pada dasarnya sistem windows menangani berbagai lalu lintas atau jaringan data secara otomatis setiap terhubung dengan internet. Sedangkan Peramban (Browser) bukanlah satu-satunya aplikasi yang mengirimkan data secara online.

Jika merasa berat atau lambatnya kinerja komputer atau laptop, sebaiknya periksa aktivitas apa yang sebenarnya terjadi ketika terhubung dengan internet. Sistem windows itu sendiri memiliki fitur update otomatis yang berjalan di latar belakang tanpa disadari pengguna dan ini berlaku terhadap kebanyakan program, sedangkan hal ini salah satu yang menyebabkan lambatnya koneksi internet.

Untuk melihat lalu lintas jaringan internet pada Windows:

  • klik bersamaan Ctrl+Alt+Del(Delete) – Pilih “Start Task Manager” – “Networking” (Geser Cursor jika diperlukan).

Contoh: Lalu Lintas Data yang Sibuk tanpa satupun program berjalan (Curiga).

aktivitas data internet

Image: aktivitas data internet

Networking: Lalu Lintas Data Normal tanpa program yang berjalan.

networking

Image: jaringan network normal

Bagi banyak pengguna, keamanan jaringan adalah bagian yang sangat penting. GlassWire menampilkan aktivitas jaringan Internet yang mudah untuk memahami lalu lintas data, termasuk memberikan pemberitahuan (notifikasi) jika aplikasi baru mengakses internet.

Ini dapat membantu mengidentifikasi aplikasi atau program yang bermasalah atau berbahaya sebelum melakukan sesuatu yang terlalu berbahaya.

Software Aplikasi untuk Mengetahui Aktivitas Internet

grafik data internet

Image: aplikasi software

Website: Glasswire
Fitur Software: Glasswire (Freeware)
Download: Glasswire Setup
Rekomendasi: Memori RAM 2 Gb keatas agar tidak memberatkan

GlassWire adalah software gratis yang memberikan visualisasi aktivitas jaringan internet yang cukup lengkap termasuk grafik, jenis lalu lintas, aplikasi, lokasi geografis dan mudah dimengerti. Fitur grafik memungkinkan untuk melihat rincian tentang aplikasi atau lonjakan aktivitas jaringan.

Monitor Ancaman Internet (Virus, Spyware, Malware, Hacker)

Monitoring network

Image: Monitoring network

GlassWire mengungkapkan host yang dicurigai bisa menjadi ancaman, termasuk perubahan file sistem jaringan yang tak terduga, perubahan aplikasi yang tidak biasa, ARP spoofing, perubahan DNS, dan memberitahu masalah dalam bentuk notifikasi sehingga dapat segera diambil tindakan.

Jika melihat aktivitas yang tak terduga yang tidak diharapkan, maka dapat dengan segera memblokir aktivitas data tersebut dengan firewall yang gratis atau uninstall program yang tidak diperlukan.

Fitur Firewall Windows

fitur firewall

Image: fitur firewall

Fitur Firewall yang gratis dari GlassWire mengungkapkan ancaman yang terlewatkan atau tidak dideteksi oleh antivirus.

Firewall ini mengungkap semua aktivitas jaringan internet sehingga dapat dengan mudah melihat yang sebenarnya terjadi di latar belakang sistem, sehingga dapat melihat potensi ancaman dan dapat memblokir aktivitas tersebut jika perlu.

Untuk Memblokir aktivitas data internet tersebut cukup klik icon firewall sebelah kiri dari setiap lalu lintas datanya, maka aplikasi tersebut tidak akan bisa melakukan aktivitas internet.

Catatan: Host Process for Windows Services termasuk sistem yang harus berjalan jika menggunakan Internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *