Robot ini menyelesaikan Kubus Rubik dalam waktu 1 Detik

By |Updated: November 10, 2016 5 Comments

Kubus Rubik (Rubik’s Cube) adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik.

Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika terselesaikan/terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna disetiap sisinya.

Speedcubing/speedsolving adalah teknik memecahkan Kubus Rubik dalam waktu sesingkat mungkin. Ada sejumlah kompetisi speedcubing diadakan di seluruh dunia. Kejuaraan dunia pertama diselenggarakan oleh Guinness Book of World Records diadakan di Munich pada tanggal 13 Maret 1981.

kubus rubik

Image: kubus rubik

Speedcubing adalah kegiatan populer di kalangan komunitas Kubus Rubik internasional. Anggota berkumpul mengadakan kompetisi, berusaha untuk mengembangkan metode pemecahan baru, dan berusaha untuk menyempurnakan teknik. Di sini, penyelesaiannya didefinisikan dengan melakukan serangkaian langkah yang mentransformasi teka-teki acak kembali ke posisi satu warna disetiap sisinya.

Untuk pertama kalinya ada robot yang telah mampu memecahkan teka-teki Kubus Rubik dalam satu detik. Robot dalam video dibawah ini memanfaatkan keajaiban komputerisasi untuk menganalisis Kubus Rubik secara acak dan kemudian menyelesaikannya dalam waktu sekitar satu detik.

Namun analisis awal kubus membutuhkan waktu lebih lama dari satu detik dan harus memindai semua sisi dari kubus sebelumnya. Kubus Rubik itu sendiri harus memiliki sebuah lekukan khusus di kotak tengah, pada masing-masing sisi sehingga mampu memegangnya.

Video: kubus rubik

Ada pula sebelumnya sebuah robot yang menangani beberapa fungsi sekaligus menganalisa dan memecahkan dalam satu gerakan, seperti CubeStormer II. Dibutuhkan sekitar 5 detik untuk CubeStormer II memindai kubus Rubik dan kemudian menyelesaikannya.

Video: robot kubus rubik

Meskipun Kubus Rubik mencapai puncak popularitasnya di tahun 1980-an, masa kini masih banyak dikenal dan digunakan. Banyak speedcubers terus berlatih dan memecahkan teka-teki lain dan bersaing untuk waktu tercepat dalam berbagai kategori.

Sejak tahun 2003, The World Cube Association, Badan Internasional Kubus Rubik, telah menyelenggarakan kompetisi dan terus mencatat rekor resmi dunia. Kubus Rubik tercatat sebagain mainan yang paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik termasuk imitasinya.

5 Komentar: Robot ini menyelesaikan Kubus Rubik dalam waktu 1 Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *