planet, bintang, terbesar, galaksi, galaxy, bima sakti, video bima sakti, gugusan bima sakti, tata surya bima sakti, galaxy bima sakti, apa itu bima sakti, pengertian bima sakti, gambar galaxy bima sakti

Planet Bumi dan Bintang Terbesar Di Galaksi Bima Sakti (VIDEO)

By | Updated: Friday, May 26, 2017 28 Comments
Aura Ilmu » Science » Planet Bumi dan Bintang Terbesar Di Galaksi Bima Sakti (VIDEO)
(No Ratings Yet)
Loading...

Di Galaksi Bima Sakti atau Milky way Galaxy, Planet Bumi adalah tempat yang paling ideal untuk hidup, tapi berapa banyak yang benar-benar tahu tentang lingkungan galaksi bima sakti. Tentu, semua orang tahu beberapa fakta menarik tentang astronomi di sana-sini, tapi dapat dijamin bahwa cuma sedikit saja yang diketahui. Galaksi Bima Sakti tempat kita hidup di dalamnya adalah misteri besar bagi banyak manusia.

Galaksi adalah tempat yang luas, memiliki sistem gravitasi terikat yang terdiri dari bintang-bintang, sisa-sisa bintang, dan sistem antar bintang dari gas dan debu, dan dihipotesiskan, komponen penting tapi kurang dipahami disebut materi gelap.

Daftar Isi:

Apa yang bisa dilihat dari Bumi hanya sebagian kecil dari jumlah bintang di Galaksi Bima Sakti. Perkiraan terbaik menurut ilmu pengetahuan adalah bahwa di Galaksi Bima Sakti saja ada sekitar 200 – 400 miliar bintang-bintang. Matahari adalah salah satu bintang, seperti bola panas gas bercahaya di jantung sistem tata surya kita. Tanpa energi intens matahari dan panasnya, kehidupan di bumi akan sangat sulit. Ada miliaran bintang seperti matahari tersebar di seluruh galaksi Bima Sakti.

Terima kasih kepada Galileo Galilei yang menemukan teleskop pertamanya sehingga bisa melihat Galaksi Spektakuler tempat tinggal kita yang bernama “Milky way Galaxy”, atau di Indonesia dinamakan Galaksi Bima Sakti.

Lubang Hitam di Galaksi Bima Sakti

Bagian tengah Galaksi Bima Sakti sangat sulit untuk dilihat, meskipun memakai teleskop tercanggih sekalipun, karena awan gas dan debu raksasa menghalangi pandangan. Para ilmuwan berpikir, bahwa Bagian Tengah Galaksi mengandung sebuah “lubang hitam supermasif” (Supermassive Black Hole) yang menelan segala sesuatu yang melewati terlalu dekat dengannya, bahkan cahaya pun ditelannya.

Di dalam Galaksi Bima Sakti terdapat Sistem Tata Surya Antar Bintang, kemudian di dalam Sistem Antar Bintang ini terdapat “Solar System”, atau dikenal dengan nama Sistem Tata Surya, dan di dalam tata surya terdapat Bumi yang dikenal sebagai rumah manusia, salah satu makhluk paling cerdas di Galaksi 🙂

Sistem Tata Surya Di Galaksi Bima Sakti

ilustrasi tata surya

Image: Sistem Tata Surya

Perbandingan Planet Merkurius, Mars, Venus, Bumi (Planet Bumi Cukup besar disini – ini termasuk dalam tata surya).

merkurius,mars,venus,bumi

Image: Planet Merkurius, Mars, Venus, Bumi

Perbandingan Planet Bumi dengan Neptunus, Uranus, Saturnus, Jupiter (Bumi terlihat kecil, Jupiter yang lebih besar – ini pun termasuk dalam tata surya).

earth neptune uranus saturn jupiter

Image: Planet Bumi, Neptunus, Uranus, Saturnus, Jupiter

Perbandingan Planet Jupiter dengan Wolf 359, Matahari dan bintang Sirius (Maka Jupiter terlihat kecil, Bintang Sirius lebih besar).

Planet Jupiter, Wolf 359, Matahari, Sirius

Image: Planet Jupiter, Wolf 359, Matahari, Sirius

Perbandingan Sirius dengan Pollux, Arcturus, Aldebaran.

Bintang Sirius, Pollux, Arcturus, Aldebaran

Image: Bintang Sirius, Pollux, Arcturus, Aldebaran

Perbandingan Aldebaran dengan Rigel, Antares, Betelgeuse.

Bintang Aldebaran, Rigel, Antares, Betelgeuse

Image: Bintang Aldebaran, Rigel, Antares, Betelgeuse

Perbandingan Betelgeuse dengan Mu Cephei, VV Cephei A, VY Canis Majoris.

Bintang Betelgeuse, Mu Cephei, VV Cephei A, VY Canis Majoris

Image: Bintang Betelgeuse, Mu Cephei, VV Cephei A, VY Canis Majoris

Foto (Gambar) Credit: Star-size by Dave Jarvis CC BY-SA

Bintang VY Canis Majoris termasuk “Hyper Giant Star”… kelilingnya konon kira-kira hampir 3 Milyar kilometer, Kalo dibandingkan dengan Matahari.. Matahari gak keliatan, biar keliatan harus diperbesar pake “Kaca Pembesar”. Jika Pesawat terbang dengan kecepatan 900 km/jam mengelilingi Bintang ini, maka membutuhkan waktu 1100 tahun hanya untuk 1 kali putaran.

Bintang VY Canis Majoris

Image: Bintang VY Canis Majoris

Credit: General Public License/Mysid/Wikimedia

Tapi jika bintang VY Canis Majoris ini dikira besar, itu belum sebanding dengan bintang2 lain di galaxy yg lain. VY Canis Majoris hanya seperti titik di dalam Galaksi Bima Sakti atau Milkyway Galaxy, itu pun harus diperbesar pake “Kaca Pembesar”.

Tambahan: NML Cygni atau V1489 Cygni adalah “red hypergiant star” salah satu yang termasuk Bintang Terbesar Yang Dikenali, dan mungkin saja masih ada yang lebih besar lagi yang belum ditemukan.

Video Galaksi Bima Sakti

Lihat Video Salah Satu Yang Termasuk Bintang Terbesar Di Galaksi Bima Sakti
Mudah-mudahan Video ini dapat menggugah Hati, Terima Kasih kepada yang telah meng-upload. Jika tidak muncul, halaman direfresh atau tekan F5, jika internet lambat “setting change quality” 240p.

Video: Bintang-bintang Terbesar Di Galaksi Bima Sakti

Luas Galaksi Bima Sakti

Luas Galaksi Bima Sakti adalah Ukuran dari diameter kira-kira 100.000-120.000 tahun cahaya, terdiri dari kira-kira sebanyak 200-400 milliar bintang-bintang, Sedangkan jarak Matahari ke Pusat Galaksi Bima Sakti kira-kira 26.000-28.000 tahun cahaya. Matahari (dan planet dalam tata surya) membutuhkan waktu sekitar 200 juta tahun untuk satu kali putaran mengelilingi Galaksi.

1 tahun cahaya = 9,4 x 1.000.000.000.000 km = atau dibulatkan.
sekitar 10.000.000.000.000 km (ini hanya perjalanan satu tahun cahaya).

Ilustrai Galaksi Bima Sakti,Milky Way Galaxy

Image: Ilustrai Galaksi Bima Sakti (Milky Way Galaxy)

Galaksi Terbesar di Alam Semesta

Galaksi terbesar yang pernah diamati oleh astronom yaitu “Galaksi IC 1101” adalah Galaksi Terbesar Di Ruang Angkasa. Galaksi ini disebut “supergiant elleptical Galaxy”, mempunyai diameter kira-kira 6 juta tahun cahaya, yang didalamnya terdiri dari unsur-unsur kebanyakan materi gelap dan bintang2 sebanyak kira-kira 100 trilliun bintang. Adalah lebih besar 50 kali lipat dari Galaksi Bima Sakti (Milky way Galaxy) dan 2000 kali lebih massive.

Tapi janganlah mengira Galaksi IC 1101 sudah besar ukurannya, bahwa Galaksi ini hanyalah seperti sebuah titik dari milliaran atau triliunan Galaxy (atau tidak dapat dipetakan jumlahnya oleh astronom) di seluruh Alam Semesta.

Galaksi Bima Sakti di Alam Semesta

Ada spekulasi bahwa semesta Galaksi Bima Sakti kita hanya satu dari triliunan tak terhitung jumlahnya dalam “multiverse” yang lebih besar. Ilmuwan belum mengetahui dimana “tengah” atau “ujung” dari seluruh alam semesta, belum ada titik acuan tertentu yang dapat digunakan untuk lokasi keseluruhan alam semesta.

Sekarang perhatikan bahwa setidaknya ada 10 triliun sistem planet yang ada di Galaksi Bima Sakti ini. Perhatikan “setidaknya” terdapat 10.000.000.000.000 dan Bumi adalah “1” diantaranya.

Tambahkan kemungkinan ada berbagai dimensi, atau bahkan tak terbatas, yang berarti suatu kehidupan bisa ada di planet seperti Bumi tanpa kita sadari, dan sifat perjalanan waktu dan interaksi dengan gaya gravitasi seperti lubang hitam yang misterius, dan konsep melebihi kemampuan pikiran manusia untuk memahami. Disinilah makhluk yang paling sempurna sebaiknya menyadari tujuannya diciptakan.

28 Komentar: Planet Bumi dan Bintang Terbesar Di Galaksi Bima Sakti (VIDEO)

  1. Anonim

    waahhh.. Subhannallah…
    manusia seperti butiran pasir di lautan, sangat kecil jika di bandingkan dengan alam semesta
    bagaimna bisa sombong??

    Reply
  2. Anonim

    Mantab kw segala pemeluk makhluk subbhanaullah engkau yg maha pengash lg maha penyayang.

    Reply
  3. sony oriza

    subhanallah, bisa byangkan matahar yg segede itu aja bagaikan titik pensil, apa lagi kita? Allah hu'akbar, sebagai penciptanya allah swt. Psti lbih bsar dari ciptaannya, …..

    Reply
  4. Anonim

    INI SEMUA ADALAH PEKERJAAN ALLAH ALLAHUAKBAR ALLAHUKABAR
    SIAPA LAGI BISA BIKIN INI
    ALLAH HUAKBARRRRRRRRRRR~~~~~~~~~

    Reply
  5. Anonim

    @ Joni Aristiawan >> Dalam Kitab Suci Al Qur an:

    "Segala sesuatu dilangit dan bumi senantiasa bertasbih kepada Alloh"

    "Hai sekalian jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan" (Ar-Rohman ayat 33)

    Reply
  6. Andys

    wah gan terimakasih banyak ilmunya luar biasa sangat berharga sekali, allah maha besar, , ,

    Reply
  7. Anonim

    @ singgih prasetyo >> sekitar 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi

    Reply
  8. singgih prasetyo

    Jarak antara galaxy milkyway dengan galaxy andromeda itu berapa tahun cahaya ?

    Reply
  9. Anonim

    @ Anne Van Lisse >> Semua bintang diatas ada di Galaksi Bima Sakti.. Tapi itu belum semua teramati, soalnya bintang2 di Galaksi Bima Sakti ada sekitar 200-400 Milyar

    Reply
  10. Anne Van Lisse

    apakah bintan-bintang besar seperti nml cygni, vy canis major, antares, dll yg disebutkan di atas masih termasuk dalam galaksi bima sakti?

    Reply
  11. Anonim

    Galaxy jumlahnya diperkirakan miliaran… Galaxy terdekat yaitu Galaxy Andromeda

    Reply
  12. Anonim

    Ya sama juga Bintang, biasanya nama bintang berdasarkan temuan para astronom, namun selain bintang banyak juga materi lain yang belum diketahui

    Reply
  13. Anonim

    lalu bintang yang berada di luar galaxy itu disebut apa?

    Reply
  14. Sains Alam

    Dari berbagai sumber yang saya baca, Albert Enstein dulu pernah mengatakan bahwa "the universe maybe curved". Sejak saat itu perdebatan mengenai bentuk alam semesta mulai terjadi, tetapi belum lama ini ternyata sudah dikonfirmasi bahwa "the universe is flat". Tidak ada batas dalam alam semesta dan masih bisa melanjutkan perluasan sampai waktu tak terkira. Pada tahun 26 April 2000, BBC news UK meliput berita berjudul "Universe "proven flat".
    Jadi tidak ada "ujung" atau "tengah". Universe keeps on expanding because it does not have anything else to do.

    Reply
  15. Aries Budiman

    Subhanallah dgn semua kebesaranNya.. mksh buat admin sungguh menambah wawasan.. Manusia hanya sebuah atom di alam semesta bahkan lebih kecil dr atom.. Maha suci Allah..

    Reply
  16. Anonim

    Sebenarnya diatas sudah ditulis "termasuk bintang terbesar" karena penulis berpikir mungkin masih ada bintang yang lebih besar belum ditemukan…

    Terima kasih atas informasinya… Artikelnya sudah di Update, dan untuk video, itu hanya contoh ilustrasi…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *