Ilustrasi Planet 9 di Tata Surya

Planet 9: Planet Paling Misterius di Tata Surya

Update Terakhir: 1 April 2017
Aura Ilmu » Science » Planet 9: Planet Paling Misterius di Tata Surya
(No Ratings Yet)
Loading...

Planet 9 adalah Planet misterius di Solar System atau Tata surya, mungkin memiliki planet kesembilan setelah semua yang telah ditemukan, mulai dari (1)Merkurius, (2)Venus, (3)Bumi, (4)Mars, (5)Jupiter, (6)Saturnus, (7)Neptunus, (8)Uranus, dengan catatan “pluto” masih dipertimbangkan sebagai planet kerdil.

Planet 9 ini diperkirakan berukuran besar, 5.000 kali lipat lebih besar dari Pluto dan terletak miliaran mil jauhnya, menurut para ilmuwan (Brown dan Batygin) yang disajikan sebagai bukti “good evidence” untuk hipotesis yang lama dari keberadaan “Planet X”.

Planet Raksasa ini kemungkinan mengandung gas, dianggap hampir sebesar planet terdekat Neptunus, sangat mungkin dilengkapi dengan “cincin planet” dan juga bulan. Dari Jaraknya yang jauh, mungkin cukup mengejutkan bahwa planet ini diperkirakan mengelilingi matahari sekitar 10.000 – 20.000 tahun sekali, oleh karena itu sulit di deteksi.

Ilustrasi Planet 9 di Tata Surya

Image: Ilustrasi Planet 9 di Tata Surya

Para peneliti dari Institut California ini lebih menyebutnya Planet 9 (planet nine), versus mitos atau sejarah dari keberadaan Planet X. Dimana menurut kabar, bahwa keberadaan yang dekat dari Planet X dapat berpengaruh besar terhadap Bumi.

Lihat juga: Penampakan Planet di Tata Surya jika dekat dengan Bumi.

Planet 9, dimana planet ini dinamakan oleh peneliti dari “California Institute of Technology”, belum benar-benar terlihat. Namun, mereka mendasarkan prediksi pada pemodelan komputer dan kalkulasi matematika dan mengantisipasi kehadirannya (jika benar) melalui teleskop dalam kurun waktu sampai lima tahun mendatang.

Seperti dilansir news.yahoo.com dan news.nationalgeographic.com.

Peneliti tersebut memberikan perhitungan terhadap kenyataan, bahwa enam objek dalam Sabuk Kuiper yang dingin atau bisa disebut “Twilight Zone” di ujung tata surya, tampaknya memiliki orbit yang “berubah posisi”, “bereaksi” terhadap sesuatu yang besar dan ini dapat dipengaruhi oleh hanya satu hal, yaitu kemungkinan besar sebuah planet yang nyata, berada di sekitar Sabuk Kuiper yang misterius.

Orbit Planet 9

Image: Orbit Planet 9 oleh CALIFORNIA INSTITUTE OF TECHNOLOGY

Para peneliti ini melaporkan penelitian mereka hari Rabu 20 Januari 2016 pada “Astronomical Journal”, karena mereka ingin khususnya ilmuwan di dunia untuk membantu mereka mencari keberadaannya.

Para ilmuwan dari institut tersebut merasa yakin terhadap prediksi tentang planet 9, yang pada awalnya tampak luar biasa bahkan bagi mereka.

“Untuk pertama kalinya dalam lebih dari 150 tahun, ada bukti yang baik bahwa sensus planet dari tata surya belum lengkap”, kata seorang peneliti, mengacu penemuan Neptunus sebagai Planet 8.

Para peneliti percaya planet 9 itu ukurannya besar, sekitar 10 kali lebih “massive” dari Bumi dan tidak seperti Pluto, Planet 9 mendominasi lingkungan kosmiknya.

Tergantung di mana Planet 9 ini berada dalam orbitnya, sebuah teleskop ruang angkasa mungkin diperlukan untuk mengkonfirmasi kehadirannya. Bisa jadi dengan teleskop rumahan pun dapat melihatnya, jika planet ini relatif dekat dengan bumi dalam orbitnya yang mengelilingi matahari. Planet 9 diperkirakan 20-100 miliar mil jauhnya.

VIDEO

Video: Keberadaan Planet 9
Siapa tahu mungkin bahkan masih ada Planet 10 di tata surya jauh melampaui Planet 9, tetapi tidak ada data yang cukup saat ini untuk menebak.

Planet nyata yang terakhir ditemukan di tata surya adalah Neptunus pada tahun 1846. Kemudian penemuan Pluto pada tahun 1930.

2 Komentar: Planet 9: Planet Paling Misterius di Tata Surya

    1. Fantastis Post author

      Planet 9 masih misterius… baru cuma ada indikasi atau tanda2 keberadaanya

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *