Gunung Indah dengan Puncak Datar Di Dunia

5 Gunung Indah dengan Puncak Datar Di Dunia

Update Terkahir: 16 Mei 2017
Aura Ilmu » Alam » 5 Gunung Indah dengan Puncak Datar Di Dunia
(No Ratings Yet)
Loading...

Pemandangan gunung indah dengan puncak datar adalah yang tampak seperti gunung Roraima, berada jauh dalam hutan Venezuela terhampar di wilayah pegunungan, disebut tepui. Pegunungan dengan puncak datar dianggap beberapa sebagai formasi fenomena geologi tertua di Dunia, diperikirakan berumur sekitar dua miliar tahun yang lalu.

Wilayah Gunung dengan puncak datar tersebut benar-benar terisolasi dari tanah, wilayah ini seperti “pulau-pulau di atas hutan hujan” memiliki sejumlah besar tanaman unik dan hewan yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia.

Daftar Isi:

Gunung Puncak Datar

Pemandangan gunung yang indah dengan puncak datar juga ada di bagian lain Bumi, di mana gunung-gunung tersebut terkadang disebut mesa, Tuya, butte, amba atau hanya gunung meja (Table Top Mountains).

Gunung Roraima, Venezuela, Brasil dan Guyana

Gunung Roraima adalah yang gunung tertinggi dari wilayah Pakaraima dengan puncak datar di dataran tinggi di Amerika Selatan. Gunung termasuk titik perbatasan tiga Negara yaitu Venezuela, Brasil dan Guyana.

Gunung Roraima terletak di perbatasan Guyana di sudut tenggara dari Canaima National Park Venezuela 30.000 km persegi yang membentuk puncak tertinggi Rentang Dataran Tinggi Guyana. Gunung dengan Puncak datar ini dianggap beberapa formasi geologi tertua di Bumi, berumur sekitar dua miliar tahun yang lalu.

Kukenan-tepui

Kukenan-tepui

Image: Kukenan Tepui by Eloy J. Briceño CC BY-SA / Wikimedia

Kukenan memiliki ketinggian sekitar 2.680 meter (8.793 kaki) dan panjang yang datar sekitar 3 km (1,9 mil). Gunung ini terletak di dekat Gunung Roraima tepui yang lebih terkenal. Kukenan lebih sulit untuk didaki, sehingga lebih jarang didaki daripada Gunung Roraima. Gunung ini terdapat Cuquenan Falls, termasuk air terjun yang tinggi di dunia, terletak di ujung selatan.

Gunung Conner, Australia

Gunung Conner

Image: Mt Conner by Menphrad CC BY-SA / Wikimedia

Gunung Conner, juga dikenal sebagai Attila dan Artilla, dan kadang-kadang disebut sebagai Gunung Connor, adalah gunung yang terletak di Australia sudut barat daya dari Northern Territory, sekitar 75 kilometer (47 mil) tenggara dari Lake Amadeus di perbatasan wilayah Curtin Springs. Mencapai ketinggian sekitar 859 meter (2.818 kaki) di atas permukaan laut dan 300 meter (984 kaki) di atas permukaan tanah.

Canyonlands National Park, Amerika

Canyonlands National Park

Image: Island in The Sky by Qfl247 CC BY-SA / Wikimedia

Canyonlands National Park adalah Taman National yang terletak di tenggara Utah dekat kota Moab dan mempunyai pemandangan warna-warni terkikis menjadi lembah yang tak terhitung jumlahnya, mesas dan Buttes oleh Sungai Colorado, Green River, dengan anak-anak sungainya masing-masing.

Taman ini dibagi menjadi empat wilayah, yaitu Island in the Sky (Pulau diatas), the needles, Maze, dan sungai itu sendiri. Sementara daerah-daerah berbagi suasana padang pasir primitif, masing-masing mempertahankan karakter sendiri.

Table Mountain (Gunung Meja), Afrika Selatan

Table Mountain (Afrika: Tafelberg) adalah sebuah gunung datar atasnya terbentuk menghadap ke kota Cape Town yang terkemuka di Afrika Selatan. Ini fitur utama dataran tinggi sekitar 3 kilometer (2 mil) dari sisi ke sisi, dikelilingi oleh tebing curam. Titik tertinggi di Table Mountain adalah 1.086 meter (3.563 kaki) di atas permukaan laut.

Gunung ini merupakan objek wisata yang signifikan, dengan banyak pengunjung menggunakan cableway atau hiking ke atas. Gunung merupakan bagian dari Table Mountain Taman National. Pemandangan dari puncak Table Mountain telah digambarkan sebagai salah satu pemandangan paling epik di Afrika.

8 Komentar: 5 Gunung Indah dengan Puncak Datar Di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *