Makanan Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

By |Updated: November 8, 2016 0 Comment

Kita semua tahu makan makanan yang kaya nutrisi bisa baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tapi ada yang mengatakan mengkonsumsi makanan tersebut saat sedang sakit bisa lebih baik. Ada beberapa tips gaya hidup eksklusif, dengan memilih makanan bergizi.

Ada beberapa perubahan pola makan yang dapat meningkatkan Sistem Kekebalan tubuh. Berikut adalah Makanan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

anti biotik alami

Image: anti biotik alami

makanan untuk sistem kekebalan tubuh

1. Sup Ayam

Tidak ada yang mengalahkan sup ayam untuk menangkis pilek. Bukan hanya tidak memberikan cairan yang dibutuhkan untuk membantu melawan virus, itu adalah stimulan lendir kuat sehingga membantu hidung tersumbat serta mengencerkan lendir. Ini juga diduga memiliki efek anti-inflamasi ringan yang dapat membantu meringankan gejala flu.

2. Bawang Merah dan Bawang Putih

Jika Anda ingin meningkatkan kekuatan penyembuhan dari sup ayam Anda – atau hidangan lainnya – tambahkan banyak bawang merah dan bawang putih. Ketika dikombinasikan, penyembuh beraroma ini mengandung antiseptik banyak dan meningkatkan kekebalan senyawa. Sebagai plus tambahan, bawang putih membantu untuk membuka sinuses tersumbat.

3. Mushrooms/Jamur

Mushrooms/Jamur meningkatkan produksi cytokines, yang merupakan sel-sel yang membantu melawan infeksi. Makanan tersebut juga mengandung polysaccharides yang merupakan senyawa yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Yang dingin dan paling ampuh melawan flu.

Dengan banyaknya manfaat yang dimiliki oleh jamur pangan, terutama Jamur Tiram dan juga Jamur Shitake, maka mengkonsumsinya bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan Anda.

4. Buah jeruk

Buah jeruk mengandung dosis besar dan kuat dari Vitamin C. Studi telah menemukan bahwa vitamin antioksidan ini dapat mengurangi gejala flu sebesar 23 persen, dan semua yang dibutuhkan adalah hanya satu untuk delapan gram (1.000 sampai 8.000 miligram). Selain jeruk, makanan lain yang memiliki jumlah tinggi vitamin C termasuk pepaya, ubi jalar, tomat, brokoli, kubis dan paprika merah.

5. Yoghurt

Penelitian telah menunjukkan manfaat yoghurt, bahwa makan/minum secangkir yoghurt rendah lemak setiap hari dapat mengurangi kerentanan Anda untuk pilek sebesar 25 persen. Bakteri menguntungkan adalah Lactobacillus reuteri yang ditemukan untuk memblokir replikasi dari virus yang menyerang tubuh ketika kita sakit. Tidak semua merek memiliki bakteri tertentu, jadi periksa label dan pastikan organik.

6. Suplemen Lain

Sementara yoghurt merupakan sumber probiotik, beberapa memiliki lebih dari yang lain dan kita benar-benar bisa mendapatkan keuntungan dengan mengambil suplemen tambahan, yaitu vitamin D dan Omega 3 asam lemak.

7. Teh Hangat

Teh panas menenangkan dan bisa sebagai obat, membantu mengencerkan lendir dan memastikan hidrasi yang tepat. Untuk manfaat kesehatan tambahan, teh hijau atau teh hitam,  keduanya dipenuhi dengan flavonoids, yang merupakan antioksidan potensial.

8. Jahe

Jahe datang membantu ketika kita sedang sakit dalam beberapa cara ampuh. Selain menenangkan tenggorokan gatal, memiliki bahan yang disebut sesquiterpenes  yang menargetkan rhinoviruses (yang merupakan keluarga yang paling umum dari virus dingin) serta zat yang membantu menekan batuk.

Jahe juga peredam sakit dan demam secara alami serta sebagai obat penenang ringan sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dan dapat beristirahat lebih mudah. Tambahkan beberapa sendok makan jahe, parut dengan teh, atau membuat teh jahe untuk membuat minuman yang kuat.

9. Madu

Madu memiliki sifat obat yang banyak dan cara alami untuk menenangkan sakit tenggorokan. Ini juga memiliki sifat antioksidan dan antimikroba untuk membantu melawan infeksi dari virus, bakteri, dan jamur. Lewati madu umum yang Anda temukan memiliki tingkat antioksidan rendah. Carilah madu, yang memiliki kadar antioksidan tinggi.

(Sebuah catatan peringatan:. Jangan Pernah memberikan madu kepada anak-anak di bawah satu tahun karena sistem kekebalan tubuh mereka belum cukup dikembangkan yang dibawa dalam spora madu).

10. Black Pepper/Merica/Lada Hitam

Ini ironis bahwa lada hitam – rempah-rempah paling dikenal dapat membuat Anda bersin – namun dapat menangkal pilek. Merica hitam yang tinggi piperine, suatu senyawa yang dikenal untuk anti-demam dan penghilang rasa sakit berkualitas.

11. Bumbu-bumbuan

Membuat resep lebih beraroma dengan bawang putih, thyme, rosemary, sage, dan oregano, maka akan tingkatkan tambahan kekebalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *