5 Lift Yang Paling Unik Di Dunia

By |Updated: November 10, 2016 3 Comments

Lift disebut juga elevator adalah jenis alat transportasi vertikal yang efisien menggerakkan orang atau barang antara lantai bertingkat atau deck dari sebuah bangunan, kapal atau struktur lainnya. Lift umumnya didukung oleh motor listrik yang menggerakan kabel traksi atau sistem penyeimbang seperti hoist, atau memompa cairan hidrolik untuk menaikkan piston silinder.

Lift memiliki fungsi yang sederhana, mengambil penumpang dari satu lantai ke lantai lain dengan aman. Tapi itu tidak berarti bahwa lift dibuat dengan beberapa model saja.

Lift Paling Unik di Dunia

Menara lift untuk transportasi perkotaan dan desain modern dapat menarik perhatian besar, karena keunikannya, lift terlihat tidak biasa dan memiliki pengalaman transportasi yang berbeda. Berikut dapat dilihat lebih dekat lift paling unik di seluruh dunia.

1. Falkirk Wheel, Skotlandia

Falkirk Wheel

Image: Falkirk by Sean Mack CC BY-SA / Wikimedia

Falkirk Wheel adalah lift untuk mengangkat perahu dengan berputar, terletak di Skotlandia. Ini menghubungkan Forth dan Clyde Canal dengan Union Canal.

Roda memiliki diameter keseluruhan 35 meter dan terdiri dari dua lengan lawan yang memperpanjang 15 meter di luar poros tengah dan mengambil bentuk Celtic, berkepala dua kapak. Dua set senjata ini berbentuk kapak yang melekat sekitar 35 meter terpisah dengan poros berdiameter 3,5 meter . Dua “caissons” berisi air, masing-masing dengan kapasitas 80.000 galon yang dipasang antara ujung lengan.

Falkirk

Image: Falkirk by Lowattboy / Public / Wikimedia

2. AquaDom Berlin, Jerman

AquaDom Berlin

Image: Aquadom by Dellex CC BY-SA / Wikimedia

The AquaDom di Berlin, Jerman, memiliki tinggi 25 meter dari kaca akuarium silinder akrilik dengan built-in lift transparan. Fasilitas ini terletak di Radisson Blu Hotel di Berlin-Mitte. Kompleks Dom Aquarée juga berisi sebuah hotel, kantor, restoran, dan akuarium Sea Life Centre.

Aquadom adalah akuarium silinder akrilik terbesar di dunia, dengan diameter sekitar 11 meter, dan dibangun di atas ketinggian pondasi 9 meter. Dipenuhi dengan 1.000.000 liter air, mengandung lebih dari 1.500 ikan dari 50 spesies. Memberi makan ikan dan pembersihan tangki ikan dilakukan setiap hari oleh 3-4 penyelam. Ikan membutuhkan 8 kg makanan ikan.

3. Globen Skyview, Swedia

Globen Skyview

Image: Globen Skyview – kallerna CC BY-SA / Wikimedia

Globen Skyview adalah gondola lift dibangun di sisi selatan Ericsson Globe, Stockholm, Swedia. Globe Ericsson saat ini adalah bangunan setengah bola terbesar di dunia dan memerlukan waktu dua setengah tahun untuk membangun. Berbentuk seperti bola putih besar, memiliki diameter 110 meter dan tinggi bagian dalam 85 meter.

Lift mempunyai panjang sekitar 100 meter, dan terdiri dari dua kabin bola, yang memberikan para pengunjung naik, menghibur sampai ke puncak Globe, yang berjarak sekitar 130 meter di atas permukaan laut. Proyek ini dimulai pada tahun 2004 dan dibuka pada bulan Februari 2010. 160.000 orang naik selama tahun pertama operasi. Selama musim panas dan pada akhir pekan semua wisata di daerah tersebut.

Globen Skyview

Image: Globen Skyview by kallerna CC BY-SA / Wikimedia

4. Hammetschwand Lift, Swiss

Hammetschwand Lift

Image: Hammetschwand Lift – Leiju CC BY-SA / Wikimedia

Hammetschwand Lift adalah eksterior lift tertinggi Eropa dan terletak di Swiss. Ini menghubungkan jalur batu spektakuler dengan daerah Hammetschwand yang terletak di dataran tinggi Bürgenstock menghadap Danau Lucerne. Lift dibangun dan dibuka oleh Grup Schindler. Ini adalah alat transportasi penumpang dengan ketinggian 153 meter sampai ke puncak Hammetschwand dalam waktu kurang dari satu menit.

5. Gateway Arch Lift, Amerika

Gateway Arch Lift

Image: St Louis Gateway Arch Lift – Bev Sykes CC BY / Wikimedia

Gateway Arch adalah salah satu fasilitas dari St Louis, Missouri. Untuk pergi ke puncak Arch, penumpang dalam kelompok sekitar lima orang, masuk ke sebuah kompartemen berbentuk telur yang mememuat lima kursi dan lantai datar. Delapan kompartemen terkait untuk membentuk kereta.

Ini kompartemen individual mempertahankan tingkat yang sesuai secara berkala berputar setiap 5 derajat, yang memungkinkan mereka untuk mempertahankan orientasi yang benar sementara seluruh kereta mengikuti trek melengkung sampai satu kaki dari lengkungan.

Observation Deck

Image: Observation Deck – Daniel schwen CC BY-SA / Wikimedia

Perjalanan ke puncak Arch selama empat menit, dan perjalanan kembali memakan waktu tiga menit. Pintu memiliki panel kaca, yang memungkinkan penumpang untuk melihat tangga interior dan struktur Arch selama perjalanan.

3 Komentar: 5 Lift Yang Paling Unik Di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *