Lake Baikal: Danau Tertua dan Terdalam di Dunia

By |Updated: November 10, 2016 0 Comment

Danau Baikal adalah sebuah danau tertua, alami yang terletak di selatan wilayah Siberia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, Rusia. Danau tertua ini memiliki beberapa nama disebut juga “Baygal nuur”(Nature Lake/Danau Alam) dan dijuluki “The Pearl of Siberia” atau “Mutiara Siberia”.

Danau Baikal adalah danau air tawar dengan volume terbesar di dunia, yang mengandung sekitar 20% air tawar yang terdapat di permukaan bumi. Danau Baikal merupakan danau air tawar terdalam di dunia dengan kedalaman sekitar 1.642 meter serta cahaya matahari bisa masuk hingga mencapai kedalaman 40 meter.

Danau Baikal

Image: Danau Baikal by Kyle Taylor, CC BY / Flickr

Danau Baikal

Image: Danau Baikal by Daniel Korzhonov, livejournal

Danau Baikal terbentuk dari celah lembah sejak jaman dahulu kala, dianggap sebagai danau tertua di dunia sekitar 25 juta tahun dan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1996.

Danau Baikal adalah salah satu danau terbesar di dunia dari luas permukaannya, memiliki bentuk yang khas dengan luas sekitar 31.722 km persegi. Ini merupakan rumah bagi lebih dari 1.700 spesies hewan dan tanaman, dua-pertiga dari yang dapat ditemukan di tempat lain di dunia, dimana suhu rata-rata bervariasi dari minimal musim dingin -19 derajat Celcius sampai maksimal musim panas 14 derajat Celcius.

Danau Baikal hampir sepenuhnya dikelilingi oleh pegunungan, yaitu Pegunungan Baikal dan Taiga, secara teknis Danau ini termasuk dari Taman Nasional. Berisi sekitar 27 pulau, yang terbesar adalah Olkhon dengan panjang sekitar 72 km dan Danau ini dialiri oleh sekitar 330 sungai-sungai.

Jika musim dingin tiba suhu udara sangat dingin rata-rata -19 sampai -21 derajat  Celcius, tetapi ditempat lain di Siberia bisa mencapai suhu -90 derajat Celcius. Danau ini secara keseluruhan membeku dari Januari sampai Juni hingga tertutupi oleh salju, tetapi suhu permukaannya pada bulan Agustus naik menjadi sekitar 10-12 derajat Celcius. Air Danau Baikal sangat jelas karena mengandung sedikit garam mineral.

danau baikal

Image: danau baikal membeku, by Daniel Korzhonov, livejournal

permukaan danau baikal

Image: permukaan danau baikal, by Daniel Korzhonov, livejournal

permukaan es danau baikal

Image: permukaan es danau baikal, by Daniel Korzhonov, livejournal

danau baikal musim salju

Image: danau baikal musim salju, by pavelblazek, CC BY-SA / Wikimedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *