Apa Khasiat dan Manfaat Tomat?

By |Updated: November 10, 2016 6 Comments

Tomat atau tomat sayur atau buah tomat adalah sejenis sayuran yang dikenal memiliki kandungan manfaat diantaranya sebagai lalapan, pelengkap rasa, dan bisa menjadi pelengkap hidangan utama.

Tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat seperti struktur buah. Karena tidak semanis buah-buahan lainnya dan yang paling sering disajikan sebagai pelengkap hidangan utama, oleh karena itu kebanyakan orang berpikir bahwa tomat termasuk sayuran.

Kandungan Tomat

Variasi genetik alami dalam tomat telah memberikan sejumlah kandungan yang menghasilkan “lycopene, carotene, anthocyanin dan anti oksidan” lainnya. Varietas tomat tersedia dengan dua kali lipat “vitamin C” yang normal (Doublerich), 40 kali normal vitamin A, tingkat tinggi “anthocyanin” (yang membuat tomat berwarna biru), dan dua sampai empat kali jumlah normal lycopene.

buah, tomat, sayur

Image: buah tomat atau tomat sayur

Khasiat dan Manfaat Tomat

1. Tomat dapat melawan sel kanker

Tomat dikemas dengan “lycopene, carotenoid pigment” yang membuat warna merah sebagai manfaat dari tomat. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat tinggi lycopene dalam tomat bekerja untuk mengurangi resiko kanker khususnya “kanker payudara, kanker prostat, kanker leher rahim, kanker colorectal, kanker mulut, dan kanker perut”.

2. Tomat dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh

Tomat merupakan sumber yang baik dari “vitamin A dan vitamin C” yang bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas berbahaya dalam darah.

3. Tomat rendah kolesterol

Asupan tomat yang tinggi secara signifikan memiliki manfaat untuk mengurangi tingkat “kolesterol LDL” (kolesterol jahat). Penelitian juga menunjukkan kemampuan sirkulasi meningkat untuk melawan oksidasi kolesterol LDL.

4. Tomat dapat mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi

Tomat merupakan sumber yang sangat baik dari “vitamin B dan potasium” yang efektif bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, dengan memasukkan tomat dalam makanan harian, dapat secara efektif mencegah stroke dan serangan jantung.

5. Tomat dapat mengurangi resiko penyakit jantung

Selain mencegah kanker, “lycopene” dalam tomat juga memberikan manfaat “kardiovaskular”. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 7-10 porsi makanan yang kaya akan lycopene, seperti tomat setiap minggu memiliki resiko 29% lebih rendah terhadap penyakit jantung bila dibandingkan dengan wanita yang makan tomat kurang dari 1,5 porsi setiap minggu.

6. Tomat dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh merokok

Tomat mengandung “chlorogenic dan coumaric acid” yang bermanfaat melindungi tubuh dari “carcinogens” (zat yang menyebabkan kanker, yang biasanya berasal dari asap tembakau).

7. Tomat dapat melindungi terhadap penyakit liver

Tomat kaya akan “chlorine dan sulfur”, yang menjaga fungsi liver dengan benar. Hal ini juga melindungi liver dari kemacetan dan juga dapat membantu dalam melarutkan batu empedu.

8. Tomat dapat melindungi kulit terhadap UV-induced erythema

Reguler asupan tomat mempunyai manfaat melindungi kulit dari “erythema”, suatu kondisi kulit yang ditandai dengan kemerahan yang disebabkan oleh “radiasi UV”. Sebuah studi yang dilakukan menemukan bahwa orang yang menambahkan lima sendok makan tomat ke dalam makanan sehari-hari mereka memiliki perlindungan 33% lebih terhadap sengatan matahari.

9. Tomat dapat melindungi terhadap infeksi

Tomat, bermanfaat sebagai anti-septik alami, tomat dapat membantu melindungi tubuh terhadap berbagai infeksi.

10. Tomat dapat memurnikan darah

Isi kandungan dari tomat telah diakui bermanfaat untuk sifat memurnikan darah.

11. Tomat dapat membersihkan racun dari tubuh

Kehadiran anti oksidan dalam tomat diketahui dapat membersihkan racun dari tubuh.

12. Tomat dapat memperkuat tulang

Tomat mengandung jumlah tinggi “vitamin K” yang bermanfaat menjaga kekuatan dan kesehatan tulang.

13. Tomat dapat memperbaiki/memelihara penglihatan

Tomat mengandung “vitamin A”, yang membantu untuk memperbaiki penglihatan dan mencegah masalah penglihatan yang berhubungan dengan degenerasi macular dan kebutaan malam.

14. Tomat dapat menjaga rambut sehat

“Vitamin A” pada tomat juga membantu menjaga rambut berkilau dan kuat.

15. Tomat dapat memperbaiki tekstur kulit

Tomat bisa menjadi “facial wajah” yang baik bagi kulit. Kupas tomat kemudian gosok dengan lembut pada daerah penuh dengan “komedo”. Ini akan mengembalikan cahaya alami kulit dan juga mengurangi bintik-bintik gelap.

6 Komentar: Apa Khasiat dan Manfaat Tomat?

  1. Metty Howay

    TRima kasih Tuk Informasi yg Sangat memberi Manfaat bagi Saya dan keluarga, Kiranya Informasi Ini Dikembangkan mendalam Guna kesehatan Banyak Orang. Hormat Saya…MH.

    Reply
  2. Obest

    Buah tomat memang kaya akan vitamin selain itu harganya juga terjangkau bagi semua kalangan .

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *