mentimun, timun

Khasiat dan Manfaat Mentimun

Aura Ilmu » Kesehatan » Khasiat dan Manfaat Mentimun

Mentimun atau Timun adalah salah satu sayuran tertua yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diyakini berasal dari India utara. Sekarang mentimun termasuk yang paling banyak tumbuh dari tanaman sayuran di dunia setelah tomat, bawang dan kubis. Sayuran ini tumbuh di seluruh dunia di daerah beriklim.

Mentimun (Cucumis sativus), sayuran yang termasuk jenis labu, Cucurbitaceae, yang meliputi labu, melon, dan squashes. Ada dua jenis mentimun: mentimun yang diiris dan mentimun yang dibuat acar atau diawetkan. Untuk variasi pengawetan cenderung lebih kecil, lebih tebal, dan memiliki kulit yang bergelombang dengan hitam putus-putus seperti duri.

mentimun, timun

Image: mentimun, timun

Manfaat Mentimun

Mentimun sering dianggap sebagai makanan sehat karena rendah kalori dan lemak. Mentimun juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang membuat mentimun jadi pilihan yang sehat untuk dimasak dan dikonsumsi langsung. Berikut adalah manfaat mentimun bagi kesehatan.

1. Mentimun dapat menjaga tubuh terhidrasi

Mentimun memiliki kadar air 96% yang lebih bernutrisi daripada air biasa, yang membantu dalam menjaga tubuh terhidrasi dan mengatur suhu tubuh. Hal ini juga membantu dalam membilas racun dari tubuh.

2. Mentimun dapat digunakan untuk perawatan kulit

Kandungan air yang tinggi, vitamin A, B, C dan adanya mineral tertentu seperti magnesium, kalium, silica dan membuat mentimun merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun dapat digunakan untuk mengencangkan kulit.

Asam ascorbic dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di bawah mata. Kulit mentimun juga dapat membawa bantuan ke kulit yang disebabkan oleh sengatan matahari atau keadaan kulit yang kasar karena kena angin.

3. Mentimun berfungsi melawan kanker

Mentimun yang diketahui mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol – tiga unsur ini yang memiliki sejarah yang kuat dari penelitian sehubungan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, dan kanker ovarium.

4. Mentimun dapat mengontrol tekanan darah

Jus mentimun mengandung banyak kalium, magnesium, dan serat yang bekerja secara efektif untuk mengatur tekanan darah. Hal ini membuat mentimun yang baik untuk mengobati tekanan darah dan baik tekanan darah rendah ataupun tekanan darah tinggi.

5. Mentimun bermanfaat untuk gigi dan gusi

Jus mentimun juga bermanfaat untuk orang yang bermasalah terhadap gigi dan gusi, terutama dalam kasus-kasus penyakit pada gusi. Mentimun merupakan sumber serat makanan yang baik dan serat ini memelihara gigi dan gusi.

6. Mentimun dapat membantu pencernaan

Gangguan pencernaan seperti mag, mulas, gastritis dan bahkan dapat disembuhkan oleh konsumsi sehari-hari jus mentimun segar. Kandungan air yang tinggi dan serat makanan dalam mentimun sangat efektif dalam mengusir racun dari sistem pencernaan dan karenanya membantu pencernaan. Konsumsi harian mentimun dapat dianggap sebagai obat untuk sembelit kronis.

7. Mentimun dapat meningkatkan kesehatan

Mentimun merupakan sumber yang sangat baik dari silica, yang dikenal untuk membantu mempromosikan kesehatan dengan memperkuat ikatan jaringan.

8. Mentimun dapat mengobati penyakit dari cacing pita

Biji mentimun digunakan sebagai obat alami untuk mengobati cacing pita. Biji mentimun dicampur dengan air juga efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan.

9. Mentimun dapat digunakan untuk perawatan kuku

Isi silica tinggi dari mentimun juga membantu mencegah pemecahan dan memanjakan kuku dari jari tangan dan kaki.

10. Mentimun dapat meringankan sakit asam urat dan rematik

Mentimun kaya akan vitamin A, B1, B6, C & D, Folat, Kalsium, Magnesium, dan Kalium, bila dicampur dengan jus wortel, mereka bisa meredakan encok dan nyeri artritis dengan cara menurunkan kadar asam urat.

11. Mentimun dapat menyembuhkan diabetes

Jus mentimun telah ditemukan untuk menjadi bermanfaat bagi pasien diabetes. Sayuran ini mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.

12. Mentimun dapat mengurangi kolesterol

Para peneliti menemukan bahwa beberapa senyawa yang disebut sterols dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

13. Mentimun dapat merangsang pertumbuhan rambut

Mentimun mengandung silicon dan sulfur, dengan demikian konsumsi asupan rutin mentimun dapat membantu mempromosikan pertumbuhan rambut sehat. Untuk hasil terbaik, campurkan jus mentimun dengan jus wortel, selada atau bayam.

14. Mentimun dapat Bertindak sebagai diuretic

Kandungan air mentimun bertindak sebagai diuretic, ini mendorong penghapusan produk limbah dari tubuh melalui buang air kecil. Asupan mentimun yang teratur membantu untuk melarutkan kandung kemih atau batu ginjal.

15. Mentimun dapat membantu menurunkan berat badan

Karena rendah kalori dan kandungan air yang tinggi, mentimun adalah diet yang ideal untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

Ketika membeli mentimun, pilih yang berisi (agak keras-tidak lembek) dan warna hijau gelap. Jangan memilih yang terlalu matang atau berwarna kuning karena cenderung mengandung lebih banyak serat larut dan biji terlalu matang. Mentimun yang ditanam secara organik mendapatkan rasa yang kaya dan nutrisi yang tinggi.

4 Komentar: Khasiat dan Manfaat Mentimun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *