Apa Khasiat dan Manfaat Kentang?

By |Updated: November 10, 2016 0 Comment

Kentang (Solanum tuberosum) adalah sumber makanan yang bermanfaat dan cukup populer. Di beberapa negara, jenis umbi-umbian ini bahkan dapat menjadi makanan pokok yang penting.

Sayangnya, banyak orang makan kentang dalam bentuk kentang goreng berminyak dan bahkan kentang panggang yang biasanya dicampur dengan lemak seperti keju, mentega, potongan daging atau krim yang membuat kentang kehilangan manfaat dari nutrisinya.

Tapi menjauhkan dari penggorengan dan lemak ekstra berlebih, kentang sangat sehat, rendah kalori dan makanan serat tinggi yang menawarkan perlindungan yang signifikan terhadap beberapa penyakit untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menurut perhitungan kalori, kentang memiliki banyak nilai gizi yang merupakan sumber penting bagi tubuh manusia.

Kentang

Image: Kentang

Khasiat Manfaat Kentang

1. Menambah Berat Badan

Kentang kaya akan karbohidrat dan protein yang sedikit. Hal ini membuat diet yang ideal bagi mereka yang kurus dan ingin menambah berat badan. Vitamin yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C dan B kompleks juga penting untuk penyerapan yang tepat dari karbohidrat ini.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Karena kentang kaya karbohidrat, sehingga mudah untuk dicerna dan memperlancar pencernaan. Hal ini membuat diet yang baik bagi pasien, bayi dan mereka yang sulit untuk mencerna makanan tetapi membutuhkan energi.

3. Untuk Perawatan Kulit

Vitamin-C, B-kompleks dan mineral seperti kalium, fosfor magnesium, dan seng adalah sumber yang baik untuk perawatan kulit. Pulp yang diperoleh dari kentang mentah, dicampur dengan madu, juga dapat diterapkan sebagai tapal/pasta untuk membersihkan keriput dan noda kulit lainnya akibat penuaan.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Fungsi otak yang tepat sangat tergantung pada pasokan oksigen, kadar glukosa, magnesium, beberapa vitamin B kompleks dan beberapa hormon, seperti asam amino dan asam lemak seperti omega-3 asam lemak. Kentang memenuhi hampir semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Selain itu, mengandung zat tertentu lainnya seperti zinc dan phosphorus yang baik untuk otak juga.

5. Anti Peradangan

Gizi yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B dan potasium adalah sumber yang baik untuk meredakan peradangan, baik internal maupun eksternal seperti radang usus dan sistem pencernaan. Karena itu lembut dan mudah dicerna kemudian membuat kentang sebagai diet yang baik bagi mereka yang memiliki luka di mulut.

6. Mengurangi Reumatik

Beberapa nutrisi seperti vitamin, kalsium dan magnesium dalam kentang dapat membantu mengurangi rematik.

Selain beberapa manfaat kesehatan kentang yang disebutkan di atas, kentang juga baik untuk jantung, pemulihan energi saat diare dan penyakit lainnya. Selama Anda tidak mengkonsumsi berlebihan, sebagian dari French fries juga memiliki manfaat kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *