Apa Khasiat dan Manfaat Buah Pisang?

By |Updated: November 10, 2016 1 Comment

Pisang adalah salah satu buah-buahan yang memiliki berbagai manfaat. Pisang, buah tahunan di zona tropis, tempat yang lembab, paling dicintai, diduga berasal dari Asia Tenggara. Sekarang pisang merupakan salah satu tanaman buah yang paling banyak di budi dayakan di daerah tropis dan sub tropis.

Ada berbagai jenis pisang di seluruh dunia, mulai dalam warna kuning, hijau, sampai kecoklatan, ukuran pisang 4 sampai 9 inci dan berat 70 sampai 150 g, dan yang paling umum adalah kuning besar, berkulit mulus, disebut pisang “Cavendish”.

Manfaat Buah Pisang

Buah Pisang merupakan buah-buahan yang ekonomis dan banyak manfaat, yang mudah ditemukan hampir di setiap supermarket di seluruh dunia. Selain dari murah dan lezat, buah ini juga menyediakan banyak nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, magnesium, dan kalium, yang dapat membantu mencegah penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat.

buah pisang

Image: buah pisang

Selain itu, pisang juga kaya kandungan serat dan gula alami, seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa, membuatnya menjadi sumber energi dan buah yang mudah dicerna.

1. Pisang dapat mencegah alergi

Pisang sangat bermanfaat bagi mereka yang alergi terhadap makanan tertentu. Tidak seperti makanan protein lainnya, yang mengandung asam amino yang orang-orang tidak bisa mentolerir dan dapat menyebabkan alergi. Pisang mengandung asam amino, yang dalam banyak kasus tidak menyebabkan alergi.

2. Pisang dapat menyembuhkan anemia

Memiliki kandungan zat besi tinggi, buah pisang bermanfaat dalam pengobatan anemia. Pisang membantu merangsang produksi hemoglobin dalam darah.

3. Pisang dapat meningkatkan energi

Fruktosa, glukosa, dan sukrosa yang terkandung dalam pisang akan memberikan jumlah yang instan dan energi yang berkelanjutan. Ini adalah alasan mengapa atlet sering makan pisang.

4. Pisang dapat menyembuhkan sembelit dan diare

Pisang bisa menjadi obat yang baik untuk sembelit dan diare, karena pisang dapat membantu menormalkan fungsi usus. Pisang juga memiliki kemampuan untuk mengubah bakteri berbahaya dalam usus menjadi basil acidophilic menguntungkan.

5. Pisang dapat mengobati penyakit disentri

Pisang yang ditumbuk bersama dengan sedikit garam merupakan obat yang sangat baik untuk disentri. Pisang masak juga berguna dalam pengobatan disentri pada anak-anak, tetapi mereka harus dihaluskan sebelum menerapkannya.

6. Pisang dapat mengobati sakit perut/maag

Campuran susu, pisang dengan madu bisa menjadi obat yang baik untuk sakit perut. Pisang menenangkan perut Anda, bersama dengan susu, membantu rehydrates sistem anda. Madu juga menghibur perut dan mengontrol gula darah dan kadar kalium kembali normal.

7. Pisang dapat membantu untuk berhenti merokok

Kandungan Nutrisi dalam pisang termasuk vitamin seperti A1, B6, B12, C, magnesium, dan potassium membantu mengeluarkan nikotin dari tubuh.

8. Pisang dapat meningkatkan mood/suasana hati

Pisang mengandung Tryptophan, asam amino esensial yang bertanggung jawab untuk produksi Serotonin. Serotonin adalah hormon yang dikenal untuk mengatasi depresi dan meningkatkan suasana hati.

9. Pisang dapat memperlancar gangguan usus

Pisang digunakan sebagai makanan untuk mengatur pencernaan karena mudah dicerna. Pisang jua merupakan satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam kasus maag kronis. Pisang masak sangat berguna untuk mengobati radang usus besar. Menjadi lembut, halus, dan mudah dicerna, mereka membantu keluar dari gejala akut dan mendukung proses penyembuhan.

10. Pisang dapat meningkatkan fungsi otak dan menjaga kewaspadaan

Kalium yang ditemukan dalam pisang merupakan sumber baik yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan menjaga kewaspadaan. Jadi tambahkan pisang untuk sarapan sebelum memulai hari.

11. Pisang dapat mengobati gangguan ginjal

Memiliki protein rendah dan garam ditambah kandungan karbohidrat yang tinggi, pisang efektif terhadap gangguan ginjal. Pisang berguna dalam uremia, kondisi racun dari darah, kemacetan ginjal dan disfungsi. Dalam kasus tersebut, diet pisang hanya harus diambil selama 3 sampai 4 hari dengan mengkonsumsi 8 sampai 9 pisang sehari. Diet ini cocok untuk semua masalah ginjal, termasuk nephritis.

12. Pisang dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke

Pisang merupakan sumber yang sangat baik dari potasium yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh dan cairan dalam sel tubuh dan membantu dalam mengendalikan tekanan darah, sehingga mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan rutin pisang dapat mengurangi risiko stroke sebesar 40%.

13. Pisang dapat mengobati gangguan kemih/saluran kencing

Juice dari batang pisang dikenal sebagai obat untuk gangguan kemih. Hal ini meningkatkan fungsi ginjal dan hati, sehingga mengurangi kondisi ketidaknyamanan dan rasa sakit di dalamnya. Telah ditemukan sangat membantu untuk menghilangkan batu di ginjal dan prostat.

Pisang perlu diperlakukan dengan hati-hati karena lunak, idealnya menyimpan buah ini dalam suhu ruangan yang normal. Jika menyimpan pisang di lemari es itu akan berubah menjadi hitam. Tapi itu masih bisa dimakan.

Untuk mematangkan pisang lebih cepat, Anda dapat memasukkannya ke dalam kantong kertas atau membungkus dengan koran. Pisang yang matang, akan terasa lebih manis karena sari pati dalam buah akan berubah menjadi gula. Anda dapat menambahkan pisang ke dalam sereal, salad, yoghurt, atau jus.

Komentar pada: Apa Khasiat dan Manfaat Buah Pisang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *