Delapan Jembatan Tertinggi di Dunia

By |Updated: November 10, 2016 0 Comment

Jembatan tertinggi atau Jembatan paling tinggi, diukur dari ketinggian dek atau dari jalan yang digunakan. Ukuran tinggi jembatan tidak diukur dari titik paling atas dari puncak jembatan, melainkan jarak vertikal maksimum dari dek jembatan sampai ke dasar atau tanah atau permukaan air di bawahnya.

Jembatan-jembatan yang tinggi di dunia kebanyakan dibangun di atas lembah dan ngarai. Anda mungkin tidak mengira bahwa peringkat jembatan tertinggi di seluruh Dunia didominasi oleh jembatan yang ada China. China mendominasi 10 peringkat teratas jembatan tertinggi, bahkan dari 70 jembatan tertinggi di dunia, China memiliki sekitar 41 jembatan yang tinggi.

Jembatan Tertinggi di Dunia

Sebagai contoh adalah Jembatan Sungai Sidu di Provinsi Hubei China adalah jembatan suspension tertinggi di dunia yang membentang di atas jurang dengan sungai dibawahnya. Namun jika jembatan diukur secara struktural, maka Jembatan Millau adalah yang tertinggi. The Millau Viaduct adalah jembatan yang membentang di Lembah Sungai Tarn di Perancis selatan, adalah sebuah jembatan tertinggi di dunia secara struktural, termasuk jembatan yang paling menakjubkan di dunia.

1. Jembatan Sungai Sidu, China (The Sidu River Bridge)

Sidu River Bridge

Image: siduhe bridge, Wikimedia

Jembatan Sungai Sidu (Jembatan Siduhe) adalah jembatan suspension (gantung) dengan panjang sekitar 1.222 meter dan tinggi sekitar 496 meter yang melintasi lembah Sungai Sidu dekat Yesanguan di Badong Provinsi Hubei Republik Rakyat China. Bagian pertama dari kabel suspensi yang dipasang, dikenal sebagai pilot cable atau percontohan, adalah yang pertama kalinya ditempatkan menggunakan roket. Jembatan ini dirancang oleh konsultan CCSHCC dan dibangun dengan biaya 720 juta yuan (sekitar US $ 100 juta). Jembatan ini dibuka untuk lalu lintas pada tanggal 15 November 2009.

2. Jembatan Baluarte, Meksiko

Baluarte

Image: jembatan baluarte bicentennial, oleh Ana M, Pinterest

Jembatan Baluarte termasuk jembatan yang terhitung baru resminya Baluarte Bicentennial Bridge adalah jembatan cable-stayed di Meksiko. Jembatan ini terletak antara kota dari Concordia dan Pueblo Nuevo, sepanjang jalan raya Durango-Mazatlan.

Jembatan ini memiliki panjang total sekitar 1.124 meter dengan rentang kabel tetap sepanjang 520 meter. Dengan ketinngian dari dek sekitar 403 meter di atas lembah di bawahnya, Jembatan Baluarte adalah jembatan cable-stayed tertinggi di dunia. Pembangunan jembatan dimulai pada tahun 2008 dan diresmikan pada Januari 2012.

3. Jembatan Pipeline di Lembah Sungai Hegigio, Papua New Guinea (Hegigio Gorge Pipeline Bridge)

Jembatan Hegigio adalah jembatan Pipeline, dengan ketinggian sekitar 393 meter. Ini adalah Jembatan tertinggi sejak tahun 2005 sampai 2009 dan tetap menjadi Jembatan Pipeline tertinggi di dunia sampai sekarang 2014. Jembatan Hegigio adalah Jembatan suspension yang membentang sepanjang sekitar 470 meter di atas Sungai Hegigio. Jembatan ini digunakan untuk keperluan jalur transportasi Minyak Bumi.

4. Jembatan Sungai Baling, China (Baling River Bridge)

Baling River Bridge

Image: balinghe bridge, Wikimedia

Jembatan Sungai Baling adalah jembatan suspension di Guanling Provinsi Guizhou, China. Jembatan membentang di atas Lembah Sungai Baling dan dibuka untuk lalu lintas umum pada tahun 2009. Jembatan adalah bagian dari jalan raya jalur cepat antara Kunming dan Guiyang dan mengurangi waktu tempuh dengan jembatan ini dari satu jam menjadi empat menit.

Panjang suspensi sekitar 1.088 meter, dan jembatan memiliki panjang total sekitar 2.237 meter. jembatan memiliki ketinggian sekitar 375 meter di atas sungai.

5. Jembatan Sungai Beipanjiang 2003, China

Beipanjiang

Image: beipanjiang bridge, Wikimedia

Ada 2 jembatan tinggi di atas sungai ini, pertama yang telah dibangun dan di buka tahun 2003 dan kedua tahun 2009 yang disebutkan dibawah artikel ini. Jembatan Beipanjiang tahun 2003 memiliki ketinggian sekitar 366 meter adalah jembatan suspension jalan raya Guanxing dekat kota Xingbei Provinsi Guizhou, China. Jembatan memiliki panjang sekitar 388 meter. Ini adalah jembatan tertinggi di dunia antar tahun 2003 sampai 2005.

6. Jembatan Aizhai, China

Aizhai

Image: aizhai bridge, Wikimedia

Jembatan Aizhai adalah jembatan suspension dekat Jishou, Hunan, China. Jembatan ini dibangun sebagai bagian dari tol dari barat daya China Chongqing ke Changsha.

Dengan rentang utama sekitar 1.146 meter dan ketinggian dek sekitar 350 meter. Per tahun 2013, ini adalah jembatan tertinggi keenam di dunia dan jembatan suspension ke15 terpanjang di dunia. Jembatan ini adalah tertinggi dan terpanjang di dunia dari jembatan yang menghubungkan terowongan ke terowongan. Jembatan berisi sekitar 1.888 lampu untuk meningkatkan visibilitas di malam hari.

7. Liuchonghe Bridge, China

Jembatan ini melintasi Sungai Liuchong. Jembatan Liuchonghe adalah jembatan cable-stayed dekat Zhijin, Guizhou, China. Dengan ketinggian dari dek sekitar 336 meter, jembatan merupakan salah satu dari 10 tertinggi di dunia. Jembatan ini merupakan bagian dari jalur tol antara Zhijin dan Qianxi di Provinsi Guizhou yang dibuka pada tahun 2013.

8. Jembatan Sungai Beipanjiang 2009, China

Beipanjiang

Image: beipanjiang bridge, Wikimedia

Jembatan Beipanjiang yang dibuka tahun 2009 adalah jembatan suspension dekat Guanling, di perbatasan dari Anshun, Guizhou, China. Jembatan ini memiliki panjang utama sekitar 636 meter dan merupakan bagian dari jalur Shanghai-Kunming Expressway menyeberangi Sungai Beipan. Jembatan berdiri di ketinggian 318 meter di atas sungai, menempatkannya di antara jembatan menakjubkan dan tertinggi di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *