5 Istana Terbesar, Terluas, dan Paling Indah di Dunia

By |Updated: November 10, 2016 3 Comments

Istana adalah tempat di mana kehidupan keluarga kerajaan berjalan, ditandai dengan elemen arsitektur yang indah seperti atap, dinding, lantai, pilar, dan taman yang di dekorasi dengan mewah.

Tinggal di istana akan menjadi seperti mimpi menjadi kenyataan karena dibantu dengan banyak pelayan, dapat melakukan apapun yang diinginkan tanpa ada yang mengganggu.

Istana terbesar, terluas, dan paling indah di dunia

Topik istana terbesar, terluas di dunia dapat menjadi sulit untuk dipastikan, banyak kelompok yang berbeda memiliki motivasi untuk menggunakan standar unik mereka sendiri untuk menentukan bahwa sebuah istana tertentu merupakan yang terluas di dunia. Namun secara umum area wilayah Forbidden City Tiongkok, dengan suatu daerah tertutup dari sekitar 720.000 meter persegi, dikenal sebagai kompleks istana terluas dunia.

1. Istana Forbidden City, 720.000 m2

Istana Forbidden City

Image: Forbidden City by Jacob Ehnmark, CC BY / Wikimedia

Forbidden City adalah istana kekaisaran dari Dinasti Ming ke akhir Dinasti Qing. Istana ini terletak di tengah-tengah Beijing, dan sekarang merupakan Museum Istana. Selama hampir 500 tahun, Istana merupakan rumah bagi kaisar dan rumah tangga mereka, serta pusat acara dan politik dari pemerintahan.

Dibangun pada tahun 1406-1420, kompleks terdiri dari 980 bangunan dan mencakup 720.000 m2. Kompleks istana adalah contoh arsitektur megah tradisional, dan telah mempengaruhi perkembangan budaya dan arsitektur di Asia Timur dan di tempat lain. Forbidden City dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1987, dan terdaftar oleh UNESCO sebagai koleksi terbesar struktur kayu kuno yang diawetkan di dunia.

Sejak 1925, Forbidden City telah menjadi Museum Istana, yang ekstensif dengan koleksi karya seni dan artefak dibangun atas koleksi kekaisaran Ming dan dinasti Qing.

Forbidden City

Image: Forbidden City by Jakub Halun, CC BY-SA / Wikimedia

2. Topkapi Palace, Turki, 700,000 m2

Topkapi Palace

Image: Topkapi Palace Istanbul Public Domain / Wikimedia

Istana Topkapi (Turki: Topkapi Sarayi) adalah sebuah istana yang besar di Istanbul, Turki, yang merupakan kediaman utama dari Sultan Ottoman selama kurang lebih 400 tahun (1465-1856) dari 624-tahun pemerintahan mereka.

Istana Topkapi adalah pusat administrasi dari Kerajaan yang membuatnya menjadi situs sejarah yang paling penting untuk dikunjungi di Istanbul. Ini adalah salah satu museum yang paling dikunjungi di Eropa dan tentu saja yang paling banyak dikunjungi di Turki dengan lebih dari 2,5 juta pengunjung per tahun.

Istana adalah pengaturan untuk acara-acara kenegaraan dan hiburan kerajaan. Istana ini sekarang berisi peninggalan suci penting dari dunia Muslim, termasuk jubah dan pedang Nabi Muhammad SAW. Istana Topkapi adalah salah satu monumen yang terkandung dalam “Historic Areas of Istanbul” (Area bersejarah Istanbul).

Kompleks istana terdiri dari empat halaman utama dan bangunan yang lebih kecil. Pada puncaknya, istana adalah rumah bagi sebanyak 4.000 orang, dan mencakup area yang luas dengan garis pantai yang panjang. Isinya masjid, rumah sakit, toko, dan lain-lain. Kompleks diperluas selama berabad-abad, dengan renovasi besar.

3. Istana Nurul Iman, Brunei, 200,000 m2

Istana Nurul Iman

Image: Istana Nurul Iman by Christian Trede, CC BY-SA / Wikimedia

Istana Nurul Iman adalah kediaman resmi Sultan Brunei dilengkapi taman yang indah, dan kursi dari pemerintah Brunei. Istana ini rindang, di tepi Sungai beberapa kilometer arah selatan dari Bandar Seri Begawan, ibukota Brunei. Setelah selesai dibangun, Istana Nurul Iman, menjadi istana tempat tinggal terluas di dunia (Menurut Guinness World Records) dan tempat tinggal keluarga tunggal terbesar yang pernah dibangun.

Istana berisi 1.788 kamar, yang meliputi 257 kamar mandi, ruang perjamuan yang dapat diperluas untuk menampung hingga 5.000 tamu, masjid menampung 1.500 orang. Istana juga mencakup garasi 110-mobil, 5 kolam renang. Secara total, Istana Nurul Iman mempunyai luas sekitar 200.000 m² dari pengukuran luas lantai.

istana nurul iman

Image: Istana Nurul Iman by Daryl & Laurel Fisher

Karena ukurannya yang sangat besar, Istana Nurul Iman mempunyai 564 chandelier (lampu gantung), 51.000 bola lampu, 44 tangga, dan 18 lift.

4. Royal Palace of Madrid, Spanyol, 134,999 m2

Royal Palace of Madrid

Image: Royal Palace of Madrid by DAVID HOLT, CC BY-SA / Flickr

Palacio Real de Madrid (harfiah: Royal Palace of Madrid) adalah kediaman resmi keluarga kerajaan Spanyol di kota Madrid, namun biasanya hanya digunakan untuk acara kenegaraan. Istana ini terletak di Calle de Bailén, di bagian barat pusat kota Madrid, sebelah Timur Sungai Manzanares, dan dapat diakses dari stasiun metro Ópera. Beberapa kamar di istana secara teratur terbuka untuk umum, kecuali selama fungsi negara.

Istana ini memiliki luas area sekitar 135.000 meter persegi dari luas lantai dan berisi sekitar 3.418 kamar. Ini adalah istana terbesar kedua di Eropa dari ukuran luas lantai setelah Louvre Palace. Interior istana terkenal dengan kekayaan seni dan penggunaan berbagai jenis bahan halus dalam konstruksi dan dekorasi kamarnya.

5. Palace of Versailles, Perancis, 90,833 m2

Palace of Versailles

Image: Palace of Versailles by Ivo Jansch, CC BY-SA / Flickr

Palace of Versailles adalah Puri Royal kerajaan dengan taman yang indah di Versailles di wilayah Île-de-France dari Perancis. Di Perancis itu merupakan Château de Versailles. Ketika château dibangun, Versailles adalah sebuah desa negara, bagaimanapun, itu adalah pinggiran kota kaya dari Paris, sekitar 20 kilometer barat daya ibukota Perancis. Republik Kelima telah antusias mempromosikan museum sebagai salah satu atraksi wisata utama Perancis, namun masih melayani fungsi politik.

Palace of Versailles

Image: Palace of Versailles by Ivo Jansch, CC BY-SA / Flickr

3 Komentar: 5 Istana Terbesar, Terluas, dan Paling Indah di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *