Gugusan Galaksi Terbesar dan Paling Banyak Di Ruang Angkasa

By |Updated: November 9, 2016 1 Comment

Gugusan galaksi terbesar (Galaxy Cluster) Abell 1689 di konstelasi Virgo yang jauhnya sekitar 2,2 miliar tahun cahaya. Ini adalah salah satu yang dikenal sebagai gugusan dengan jumlah galaksi paling banyak dan bertindak seperti lensa gravitasi, mendistorsi gambaran galaksi-galaksi yang berada di balik itu. Abell 1689 memiliki sistem busur gravitasi terbesar yang pernah ditemukan.

Sistem gravitasi besar yang alami ini telah digunakan untuk mempelajari materi gelap dan efek gambaran gravitasi.

Ini gambar terbaru dari Teleskop Hubble (sep 2013) adalah salah satu yang terbaik yang pernah dilihat dari gugusan galaksi Abell 1689, dan menunjukkan fenomena lensa gravitasi dengan kejelasan yang belum pernah dilihat sebelumnya.

galaxy cluster abell 1689

Image: galaxy cluster abell 1689, General Public License/NASA, ESA, the Hubble Heritage Team (STScI/AURA), J. Blakeslee (NRC Herzberg Astrophysics Program, Dominion Astrophysical Observatory), and H. Ford (JHU)

Gugusan ini bertindak seperti sebuah lensa kosmik, pembesar cahaya dari objek di belakangnya, sehingga memungkinkan bagi para astronom untuk mengeksplorasi wilayah yang sangat jauh dari ruang angkasa.

Terkumpul dengan banyaknya galaksi, Abell 1689 telah ditemukan sebagai kumpulan dari populasi yang sangat besar dari Globular Cluster. Globular Cluster adalah koleksi padat dari ratusan bahkan ribuan bintang yang mengorbit Inti Galaksi sebagai satelitnya – beberapa termasuk bintang tertua di alam semesta.

galaxy cluster abell 1689

Image: globular clusters abell 1689, NASA, ESA, and Z. Levay (STScI/AURA)

Gambar ini diwarnai dengan gumpalan bersinar emas, bintang terang, jauh dan galaksi spiral halus. Materi dari beberapa galaksi ini tersebar, memberi kesan bahwa galaksi menetes ke ruang sekitarnya.

Sementara galaksi kita yaitu Galaksi Bima Sakti, hanya rumah bagi sekitar 150 rumpun bintang, Hubble telah memperlihatkan sekitar 10.000 Globular Cluster dalam Abell 1689. Dari pencitraan gambar ini, astronom memperkirakan bahwa Gugusan galaksi ini mungkin bisa berisi lebih dari 160.000 globulars secara keseluruhan – jumlah yang belum pernah diamati sebelumnya.

Komentar pada: Gugusan Galaksi Terbesar dan Paling Banyak Di Ruang Angkasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *