masuk gua al jinn

Majlis Al jinn: Gua Terbesar di Oman

Update Terkahir: 10 November 2016
Aura Ilmu » Dunia » Majlis Al jinn: Gua Terbesar di Oman
(No Ratings Yet)
Loading...

Gua Majlis al-Jinn atau Majelis al-Jinn atau lokal menyebutnya Khoshilat Maqandeli adalah ruang gua terbesar di Oman dan Jazirah Arab, salah satu terbesar di dunia selain dari yang ada di Vietnam, Laos, China, Malaysia, Meksiko, Spanyol dan Rumania. Ruang gua ini bisa memuat piramida Giza di Mesir.

Gua ini merupakan salah satu keajaiban alam di Oman, yaitu ruang bawah tanah raksasa Majlis al Jinn. Berada diketinggian sekitar 1.380 meter diatas permukaan laut, terletak di dataran tinggi terpencil, di Kesultanan Oman, 100 km selatan-timur dari Muscat.

masuk gua al jinn

Image: masuk gua al jinn, Stefan Glowacz/Chris Sharma, Image Capture/Youtube

Suhu di dalam gua cukup dingin rata-rata 17 – 18 derajat Celcius. Satu ruang yang besar dengan luas lantai sekitar 58.000 meter persegi dan volume sekitar 4.000.000 meter kubik. Tinggi langit-langit diperkirakan seperti 30-35 lantai gedung tinggi dan saking besarnya pernah dilakukan olahraga ekstrim disini yaitu Base Jump.

Gua ini memiliki tiga lubang pintu masuk di langit-langit dengan tinggi sekitar 40 meter, masing-masing ada namanya tersendiri yaitu Khoshilat Maqandeli, Khoshilat Beya Al Hiyool (The Asterisk – ┬ápintu masuk menyerupai bentuk bintang) dan Khoshilat Minqod (Cheryls Drop).

Material dalam gua diperkirakan berumur sekitar 40-50 juta tahun yang lalu. Gua ini cukup misterius, oleh karena itu beberapa ahli menganggap bahwa gua ini terbentuk beberapa juta tahun yang lalu.

Majlis al-Jinn sangat istimewa karena pencahayaan alami yang indah masuk ke dalam gua. Cahaya masuk melalui langit-langit dari lubang tempat masuk meningkatkan efek misteri dan keindahan yang unik. Efek pencahayaan terjadi sama pada malam hari ketika masuknya cahaya bulan yang bisa menjadikan pengalaman yang tak terlupakan.

Kebanyakan orang lokal telah mengetahui keberadaan gua ini sejak zaman dahulu kala. Masyarakat setempat percaya bahwa di dalam gua tersebut terdapat jin. Oleh karena itu gua ini punya nama unik dan misterius yaitu Majlis al-Jinn atau “ruang pertemuan para jin”.

base jumps

Image: base jumps, by John Falchetto, Capture/Vimeo

majlis al jinn cave

Image: majlis al jinn cave, Stefan Glowacz/Chris Sharma, Capture/Youtube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *