Tujuh Gedung Tertinggi di Dunia

By |Updated: November 10, 2016 5 Comments

Gedung tertinggi adalah Burj Khalifa menurut CTBUH, badan terkemuka ini bergerak dalam bidang gedung tinggi, diakui sebagai sumber informasi tentang bangunan paling tinggi secara internasional di dunia, menetapkan standar bangunan yang diukur.

Badan tersebut saat ini menempatkan Burj Khalifa di Asia sebagai gedung tertinggi dengan ketinggian 828 meter. CTBUH (Sky scraper center) hanya mengakui bangunan yang telah selesai dibangun. Yang menarik bahwa 7 Gedung Tertinggi Di Dunia paling banyak dibangun di Asia.

Bangunan pencakar langit tertinggi di dunia

Bangunan Tertinggi Di Dunia (skyscraper) yang masih dalam tahap perencanaan juga di Asia adalah Kingdom Tower 1000 meter (Saudi Arabia), tapi mungkin selesai tahun 2020.

Ini adalah daftar 7 Bangunan Gedung pencakar langit tertinggi di dunia, di ukur berdasarkan peringkat struktural ketinggian, titik tertinggi pada bangunan, mencakup bangunan yang selesai, memiliki lantai terus menerus yang dapat digunakan (occupiable).

Gedung tertinggi di dunia

1. Burj Khalifa, 828 m, Uni Emirat Arab

Burj Khalifa

Image: Burj Khalifa atau Burj Dubai by Leandro Neumann Ciuffo CC BY / Wikimedia

Burj Khalifa (bahasa Arab, “Burj Khalifah”; Inggris “Khalifa Tower”, dikenal sebagai Burj Dubai sebelumnya) adalah gedung tertinggi di dunia, bangunan pencakar langit yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab, dan struktur buatan manusia tertinggi di dunia, pada 829,8 meter. Dalam sebuah langkah mengejutkan pada acara pembukaannya, menara ini dinamai Burj Khalifa, dikatakan untuk menghormati Presiden UEA, Khalifa bin Zayed Al Nahyan atas dukungan pentingnya.

Burj Khalifa diperkirakan dapat menampung hingga 35.000 orang pada satu waktu. Dengan total 57 lift dan 8 eskalator yang dipasang. Lift memiliki kapasitas 12 sampai 14 orang per kabin, tercepat naik dan turun sampai dengan 10 m/detik (33 kaki/detik). Double-deck lift dilengkapi dengan fitur hiburan seperti layar LCD untuk melayani pengunjung selama perjalanan mereka ke dek observasi. Bangunan itu memiliki 2.909 anak tangga dari lantai dasar ke lantai-160, dari total lantai 163.

2. Shanghai Tower, 632 m, China

shanghai tower

Image: shanghai tower, oleh Baycrest CC-BY-SA/Wikimedia

Shanghai Tower (secara harfiah Menara Shanghai) adalah gedung yang memiliki ketinggian sekitar 632 meter, termasuk pencakar langit yang terletak di Lujiazui, Pudong, Shanghai. Pada 2016, ini adalah bangunan kedua tertinggi di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai.

Dirancang oleh Gensler dan dimiliki oleh pemerintah kota Shanghai, ini merupakan pencakar langit tertinggi dari kelompok tiga bangunan super-tinggi yang berdekatan di Pudong, dua lainnya adalah Jin Mao Tower dan Shanghai World Financial Center. konstruksi berjenjang, yang dirancang untuk efisiensi energi yang tinggi, memberikan sembilan zona terpisah dibagi antara kantor, ritel dan penggunaan rekreasi.

3. Abraj Al-Bait Towers, 601 m, Saudi Arabia

Abraj Al-Bait Towers

Image: Abraj Al-Bait Towers

The Abraj Al-Bait Towers, juga dikenal sebagai Menara Mecca Royal Hotel Clock, adalah sebuah kompleks bangunan di Mekkah, Arab Saudi. Menara ini merupakan bagian dari Proyek Raja Abdul Aziz yang berusaha untuk memodernisasi Kota Suci dalam melayani para peziarah. Kompleks ini memegang beberapa rekor dunia, yaitu menara jam tertinggi di dunia, wajah jam terbesar di dunia dan bangunan dengan luas lantai terbesar di dunia.

Menara hotel Kompleks ini menjadi gedung tertinggi kedua di dunia pada tahun 2012, melebihi Taipei 101 di Taiwan dan hanya dilampaui oleh Dubai Burj Khalifa. Kompleks bangunan terletak dekat dari masjid terbesar di dunia dan tempat paling suci Islam, Masjid al-Haram. Struktur telah melampaui Dubai International Airport dengan memiliki luas lantai terbesar dari setiap struktur di dunia dengan 1.500.000 m persegi (16.150.000 kaki persegi ) dari floorspace, dengan memiliki total 120 Lantai.

4. One World Trade Center, 541 m, New York

One World Trade Center

Image: One World Trade Center by John D. Morris CC BY-SA / Wikimedia

One World Trade Center, juga dikenal sebagai 1 World Trade Center, One WTC atau 1 WTC, bangunan juga dikenal dengan nama Freedom Tower. Gedung ini mengacu pada bangunan utama kompleks dari World Trade Center yang baru terletak di Manhattan, kota New York City dan merupakan salah satu gedung pencakar langit tertinggi di bumi bagian barat.

Tinggi bangunan terdiri dari sekitar 104 lantai standar, namun menara memiliki 94 lantai. Gedung tinggi ini dibuka pada November 2014. Jika dilihat dari permukaan jalan di dekat ke gedung, One World Trade Center (Freedom Tower) tampak terlihat seperti piramida sebagaimana yang terlihat dalam gambar bangunan.

5. CTF Finance Centre, 530 m, China

ctf finance centre

Image: ctf-finance-centre, oleh Kevin Ho CC-BY-SA/Wikimedia

CTF Finance Centre sebelumnya bernama CTF Guangzhou juga bernama Chow Tai Fook atau Guangzhou East Tower adalah sebuah pencakar langit super-tinggi di Guangzhou, Cina. Gedung ini adalah bangunan kedua dari dua gedung pencakar langit Guangzhou Twin Towers dibangun yang menghadap ke Sungai Pearl di Guangzhou. Bangunan ini selesai pada tahun 2016 dengan ketinggian sekitar 530 meter dengan jumlah 111 lantai. Gedung tinggi ini digunakan sebagai pusat konferensi, hotel, observatorium, mal dan gedung perkantoran. Rosewood Hotels & Resorts menjalankan menara komponen hotel, yang terdiri dari 251 kamar dan 355 residences menduduki top 16 lantai dan podium menara.

6. Taipei 101, 508 m, Taiwan

Taipei 101

Image: Taipei 101 by Pellden CC BY-SA / Wikimedia

Taipei 101 sebelumnya dikenal sebagai Taipei World Financial Center, adalah sebuah pencakar langit landmark yang terletak di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Bangunan mempunyai peringkat resmi sebagai tertinggi di dunia dari tahun 2004 sampai pembukaan Burj Khalifa di Dubai pada tahun 2010.

Pada bulan Juli 2011, bangunan dianugerahi sertifikasi LEED Platinum, penghargaan tertinggi dalam sistem penilaian lingkungan, Kepemimpinan Energi dan Desain (LEED) dan menjadi green building tertinggi dan terbesar di dunia. Taipei 101 terdiri dari 101 lantai di atas tanah dan 5 lantai di bawah tanah. Bangunan ini secara arsitektur dibuat sebagai simbol dari evolusi teknologi dan tradisi Asia.

7. Shanghai World Financial Center, 492 m

Shanghai World Financial Center

Image: Shanghai World by FASTILY CC BY / Wikimedia

The Shanghai World Financial Center (SWFC) adalah sebuah pencakar langit yang terletak di distrik Pudong Shanghai. Ini adalah sebuah pencakar langit penggunaan campuran, yang terdiri dari kantor, hotel, ruang konferensi, deck observasi, dan lantai dasar pusat perbelanjaan. Park Hyatt Shanghai adalah komponen Hotel, memiliki 174 kamar dan suite. Dihuni dari lantai 79 ke lantai 93, ini adalah hotel tertinggi kedua di dunia, dengan jumlah Lantai 101.

5 Komentar: Tujuh Gedung Tertinggi di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *