Fungsi-fungsi Tombol Pintasan (Shortcut) Keyboard

By |Updated: November 10, 2016 0 Comment

Tombol Pintasan (Shortcut) Keyboard adalah satu tombol fungsi atau kombinasi dari dua tombol atau lebih, ketika tombol tersebut ditekan, maka dapat difungsikan sebagai pintasan cepat yang biasanya menggunakan mouse atau perangkat penunjuk lainnya.

Arti istilah maupun fungsi tombol pintasan keyboard bervariasi tergantung pada produsen software. Tombol Pintas ini biasanya disebut juga “Shortcut keyboard”, dapat membuat lebih mudah untuk berinteraksi dengan berbagai program atau software windows, menghemat waktu dan usaha saat menggunakannya.

Menggunakan tombol pintas atau “shortcut” keyboard dapat sangat meningkatkan produktivitas dan membantu tetap fokus. Misalnya, menyoroti teks, kalimat, atau paragraf dengan menekan Ctrl + C pada keyboard bisa jauh lebih cepat daripada menggunakan mouse, namun bisa juga menggunakan kombinasi dari keduanya (keyboard + mouse).

Tombol Pintasan

Image: Tombol Pintasan

Berikut adalah fungsi tombol pintas (shortcut) keyboard yang paling banyak digunakan pada windows.

Tombol Ctrl + C atau Ctrl + Insert

Kombinasi kedua tombol ini, Ctrl + C atau Ctrl + Insert berfungsi untuk menyalin (“copy”) pada teks yang disoroti atau yang dipilih, kemudian dapat disalin di tempat yang lain dengan menekan tombol Ctrl + V.

Fungsi ini dapat juga dengan menekan tombol Ctrl + X yang mempunyai fungsi yang sedikit berbeda yaitu memindahkan teks yang disoroti atau dipilih.

Tombol Ctrl + V atau Shift + Insert

Tombol Ctrl + V atau Shift + Insert berfungsi untuk menyisipkan (“paste”) teks atau objek yang telah disalin sebelumnya dari tombol Ctrl + C atau Ctrl + Insert.

Tombol Ctrl + Z dan Ctrl + Y

Tombol Ctrl + Z berfungi untuk membatalkan suatu perubahan (“undo”) atau mengembalikan ke kondisi satu langkah sebelumnya dan bisa terus menerus sampai batas tertentu.

Sedangkan Ctrl + Y memiliki fungsi kebalikannya, yaitu maju pada kondisi satu langkah ke depan (“redo”).

Tombol Ctrl + F

Tombol Ctrl + F berfungi sebagai pencarian suatu kata atau kalimat dengan cepat pada suatu halaman dan bisa digunakan pada berbagai program pada umumnya, termasuk peramban atau browser internet.

Tombol Alt + Tab atau Alt + Shift + Tab

Tombol Alt + Tab berfungsi untuk membuka dan memilih program yang sedang dijalankan dengan cepat.

Caranya, tekanlah tombol Alt terlebih dahulu dan jangan dilepaskan, kemudian ikuti dengan menekan tombol Tab satu kali, atau berulang-ulang beberapa kali. Untuk memilih program dapat juga dengan menggunakan tombol panah atau mouse.

Fungsi ini bisa juga menggunakan tombol Alt + Shift + Tab yang sedikit berbeda alias “serupa tapi tak sama”.

Tombol Windows + Tab (Icon windows +Tab)

Ini pun “serupa tapi tak sama” namun terlihat lebih keren 🙂 …dikit

Tombol Windows + Tab berfungsi hampir sama dengan Alt + Tab dan cara menggunakannya pun hampir sama. Tekan tombol windows dan jangan dilepaskan, kemudian tekan tombol Tab sekali atau berulang-ulang, maka dapat membuka dan memilih program dalam tampilan layar penuh dari windows.

Tombol Ctrl + O

Tombol Ctrl + O berfungsi untuk membuka dan memilih file atau dokumen dalam suatu program yang sedang digunakan dan berlaku umumnya pada setiap program, termasuk peramban atau browser Internet.

Tombol Ctrl + Back space atau Ctrl + Delete

Tombol Ctrl + Backspace atau Ctrl + Delete berfungi untuk menghapus kata atau karakter, sedangkan fungsi ini dapat juga digunakan dengan menekan tombol tersebut bersamaan selama beberapa saat.

Ctrl + panah kiri atau kanan

Tombol Ctrl + panah kiri atau kanan berfungsi untuk berpindah pada suatu kata atau karakter dan fungsi ini juga dapat dilakukan dengan menekan tombol tersebut bersamaan selama beberapa saat.

Tombol Ctrl + Shift + panah (kiri, kanan, bawah, atas)

Tombol Ctrl + Shift + panah berfungsi untuk menyoroti suatu kata atau kalimat baik itu ke kiri, kanan, bawah atau atas.

Tombol Ctrl + S

Tombol Ctrl + S berfungsi tombol pintasan untuk menyimpan (“save”) suatu dokumen atau file yang sedang digunakan dan umumnya berlaku hampir di setiap program windows.

Tombol Ctrl + Home atau Ctrl + End

Tombol Ctrl + Home berfungsi untuk memindahkan tampilan ke awal dokumen atau halaman, sedangkan Ctrl + End merupakan kebalikannya, akan memindahkan tampilan ke akhir dokumen atau halaman, dan tombol tersebut bekerja pula pada hampir setiap program.

Tombol Page Up, Page Down dan Space bar

Tombol Page Up berfungsi sebagai loncatan tampilan halaman ke atas, sedangkan Tombol Page Down sebagai loncatan tampilan halaman ke bawah.

Tombol Spacebar berfungsi sama dan dapat digunakan pada peramban atau browser internet dan tombol ini dapat juga di kombinasikan dengan menekan tombol Shift + Spacebar.

Tombol Ctrl + P

Tombol Ctrl + P berfungsi untuk membuka fasilitas print halaman atau “print preview” pada peramban atau browser internet yang sedang digunakan.

Demikian berbagai macam Fungsi Tombol Pintasan (Shortcut) Keyboard pada Windows. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *